Mudah! Ini Cara Menyampul Buku dengan Sampul Plastik

Simak cara menyampul buku dengan sampul plastik dengan mudah. Dapatkan sampul buku berkualitas untuk kebutuhan kantor hanya di distributor ATK Bangkit Perkasa

Buku merupakan salah satu barang yang mudah kotor bahkan rusak, sehingga perlu dijaga dengan baik. Salah satu cara untuk menjaga buku yaitu dengan memberikan sampul. Penting untuk mengetahui cara menyampul buku dengan sampul plastik.

Cara untuk menyampul buku tidaklah sulit, Anda bisa melakukannya dengan cepat di rumah. Simak artikel ini hingga tuntas untuk mengetahui langkah demi langkahnya!

Cara Menyampul Buku dengan Sampul Plastik

Bagi sebagian orang, menyampul buku merupakan hal yang susah biasa dilakukan sehingga terbilang mudah. Namun tenang saja, jika baru pertama melakukannya, Anda tetap bisa melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Mempersiapkan Alat dan Bahan

Hal pertama yang perlu dilakukan yaitu menyiapkan alat dan bahan yaitu gulungan plastik mika atau sampul buku khusus, cutter atau gunting, serta selotip.

2. Membuka dan Menghamparkan Sampul Plastik

Jika alat dan bahan sudah siap, maka Anda bisa memulai langkah berikutnya. Buka dan hamparkan sampul plastik hingga lurus, pastikan tidak bergelombang dan tidak terhalang oleh benda lain di bawahnya.

Hamparkan dengan menyesuaikan ukuran buku yang akan disampul, sehingga nantinya Anda tidak kesulitan saat menggulungnya kembali.

3. Meletakkan Buku di Atas Sampul Plastik

Selanjutnya, letakkan buku di atas sampul plastik yang dihamparkan dengan rata. Potonglah plastik mika sesuai dengan ukuran buku dengan dilebihkan 2 atau 3 sentimeter dari bagian tepinya.

4. Melipat Tepi Sampul Plastik Samping, Atas, dan Bawah ke Arah Dalam

Langkah berikutnya, lipat semua sisi tepi dari sampul plastik, yaitu sisi samping, atas, dan bawah. Lipatkah ke arah dalam untuk semua sisi tersebut, lakukan dengan rapi supaya hasil akhirnya bagus dan tidak cepat rusak.

Jika sudah dilipat, maka Anda bisa merekatkannya dengan selotip untuk setiap sisinya. Usahakan juga supaya melipatnya tidak terlalu ketat, jangan sampai membuat cover buku jadi terlipat atau berpotensi rusak.

5. Memotong Tepi Sampul Plastik Atas dan Bawah

Jika sudah dilipat dan direkatkan dengan rapi, selanjutnya adalah memotong tepi sampul bagian atas dan bawah. Potonglah secara menyerong dari arah kanan ke kiri di bagian tepi buku,

Pastikan memotongnya tidak terlalu dekat ataupun terlalu jauh dari bagian jilid buku. Dengan begitu, tepi sampul akan mudah dilipat dan fungsi sampul dapat dimanfaatkan secara optimal.

6. Memotong Sisa Tepi Sampul Plastik

Cara menyampul buku dengan sampul plastik selanjutnya, perhatikan bagian sisa tepi. Jika masih ada bagian tapi dari sampul plastik yang tertinggal, maka Anda bisa memotongnya supaya rapi.

Dalam melakukan langkah ini, pastikan Anda berhati-hati, supaya hasilnya rapi dan tepat. Sampul plastik yang baru dipasang pun bisa menutupi seluruh tepi buku dengan optimal.

Lakukan langkah ini secara berulang untuk setiap sudutnya, dengan begitu sampul buku akan menjadi lebih rapi dan enak dipandang.

7. Memotong Sisa Plastik di Dekat Jilid Buku

Terakhir, Anda perlu memotong sisa plastik yang berada di dekat jilid buku. Langkah penutup ini mirip dengan langkah sebelumnya, hanya lokasinya saja yang berbeda. Kali ini, Anda perlu memotong dan merapikan bagian di dekat jilid buku.

Lakukan pemotongan ini dengan rapi dan berhati-hati. Pastikan Anda memotongnya dengan menyesuaikan dengan bentuk dari setiap sudut buku.

Itulah penjelasan lengkap tentang kiat menyampul buku menggunakan sampul plastik. Anda bisa dengan mudah mengikuti tutorial di atas untuk melindungi berbagai buku.

Pastikan Anda melakukannya dengan tepat, sehingga buku Anda juga bisa terlihat lebih rapi. Dengan begitu, membacanya dapat terasa lebih menyenangkan. Anda juga bisa merasa lebih aman karena buku lebih terlindungi.

Setelah memahami cara menyampul buku dengan sampul plastik, maka saatnya mulai merapikan buku-buku Anda di rumah. Untuk menemukan sampul plastik berkualitas, Anda bisa mengunjungi laman produk dari Bangkit Perkasa.com, hubungi kontak untuk kerjasama maupun pembelian!

Bagikan Artikel:
Artikel Terkait