8 Cara Merawat Buku agar Tidak Menguning ala Distributor ATK Bangkit Perkasa

cara merawat buku agar tidak menguning Bangkit Perkasa Sukses distributor ATK Jakarta

Buku merupakan salah satu benda yang penting untuk dirawat, supaya tetap berada dalam kondisi baik. Ada berbagai cara merawat buku supaya tidak menguning ataupun berjamur.

Tentunya, berbagai cara ini perlu Anda perhatikan dengan teliti. Dengan begitu, koleksi buku Anda akan lebih tahan lama dan tetap berada dalam kondisi yang baik!

8 Cara Merawat Buku agar Tidak Menguning

Ada banyak hal yang penting untuk diperhatikan jika ingin koleksi buku tetap terjaga dengan baik. Berbagai tata letak juga menjadi faktor penting dalam merawat buku, sehingga tidak bisa diabaikan. Berikut adalah 8 cara untuk merawat buku supaya bisa menghindari risiko menguning atau berjamur.

1. Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung

Meski paparan sinar matahari memiliki dampak positif untuk menghambat pertumbuhan jamur, namun juga memiliki dampak yang kurang baik untuk buku.

Sinar matahari dapat mempercepat terjadinya proses oksidasi pada buku-buku Anda, sehingga dapat menyebabkan buku jadi menguning. Paparan matahari juga bisa membuat warna sampul buku memudar dan tidak lagi tampak seperti baru

Karena alasan tersebut, maka sebaiknya Anda menghindari paparan sinar matahari secara langsung untuk tempat meletakkan buku.

2. Hindari Ruangan Ber-AC

Selanjutnya, ada baiknya juga menghindari ruangan ber-AC untuk tempat menyimpan buku. Tempat yang ideal untuk menyimpan buku yaitu di ruangan yang sejuk, namun tidak lembab. Ruangan tersebut bisa membuat buku Anda lebih awet dan tidak cepat menguning.

3. Pastikan Sirkulasi Udara Lancar

Buku yang diletakkan di ruangan lembab, maka akan berisiko mengalami pertumbuhan jamur atau warnanya bisa berubah menjadi kuning. Sebagai cara merawat buku yang baik, pastikan bahwa buku-buku Anda diletakkan di tempat dengan sirkulasi udara yang baik.

4. Hindari Rak Kayu

Penggunaan rak kayu untuk meletakkan buku mungkin merupakan hal yang umum bagi sebagian orang. Namun, perlu dipahami juga bahwa hal tersebut bisa berisiko untuk buku-buku Anda.

Buku yang diletakkan di rak atau lemari kayu, bisa mengalami proses off-gassing dan berpotensi untuk jadi menguning. Jika ingin lebih aman, maka Anda bisa memakai rak buku yang terbuat dari PVC atau besi.

5. Gunakan Alas pada Rak Buku

Cara merawat buku ini masih terkait dengan pembahasan sebelumnya tentang risiko penggunaan rak kayu. Untuk mengurangi risiko off-gassing, Anda bisa menggunakan alas untuk membatasi buku dan rak.

Meski rak kayu memiliki risiko, namun bukan berarti tidak bisa dipakai. Anda bisa memanfaatkan alas pembatas jika tetap ingin menggunakan nya, sehingga buku tidak bersentuhan langsung dengan kayu.

6. Hindari Meletakkan Buku Terlalu Rapat

Cara selanjutnya yang sebaiknya Anda perhatikan yaitu dengan menghindari penataan buku yang terlalu rapat. Hal tersebut dapat membatasi sirkulasi udara, sehingga bisa menyebabkan berbagai risiko untuk buku, misalnya berjamur dan menguning.

Meski cara ini mungkin sulit untuk orang yang memiliki banyak koleksi buku, namun tetap sebaiknya diperhatikan. Jika koleksi buku sudah terlalu menumpuk, maka Anda mungkin perlu membeli rak baru atau meletakkannya di tempat lain supaya tidak terlalu padat.

Anda bisa juga menyeling penataan buku dengan berbagai alat tulis lainnya. Untuk memenuhi kebutuhan alat tulis, Anda bisa melengkapinya melalui produk dari Bangkit Perkasa.com, hubungi kontak untuk informasi lebih lanjut!

7. Bersihkan Rak Buku secara Rutin

Pastinya, menjaga kebersihan adalah hal penting yang tidak boleh dilupakan, termasuk membersihkan rak buku. Bersihkan rak buku secara rutin, minimal seminggu sekali.

Dengan menerapkan cara merawat buku ini, maka Anda bisa membersihkan buku dari debu dan mengontrol kondisi berbagai buku tersebut.

8. Pisahkan Buku yang Berjamur atau Menguning

Dalam satu lemari, rak, atau tempat meletakkan berbagai buku, mungkin saja ada sebagian buku yang sudah mulai berjamur atau menguning. Jika terjadi hal tersebut, maka sebaiknya Anda memisahkan buku-buku itu dengan buku lainnya yang masih bagus.

Jika Anda meletakkan buku yang masih bagus di dekat buku yang sudah menguning, maka ada kemungkinan buku bagusnya akan tertular.

Buku yang menguning, telah mengalami proses off-grassing dan bisa membuat buku di sekitarnya lebih cepat mengalami efek serupa. Selanjutnya, pertumbuhan jamur pun juga bisa menular ke buku-buku di sekitarnya sehingga potensi rusaknya menjadi semakin besar.

Berbagai hal di atas bisa Anda lakukan untuk menjaga supaya buku Anda lebih awet. Namun, ada hal penting lain yang sebaiknya Anda perhatikan, yaitu memilih buku tulis yang berkualitas. Dengan buku tulis yang kualitasnya terpercaya, maka potensi kerusakannya akan lebih sedikit.

Anda bisa memilih untuk menggunakan buku tulis atau buku gambar. Dengan begitu, maka risiko kerusakannya juga akan lebih kecil. Selain itu, penting juga untuk menyampul buku. Baik itu buku tulis maupun buku bacaan.

Baca Juga: Perlengkapan Kuliah yang Wajib Mahasiswa Baru Miliki

Jadi, selain cara merawat buku, memilih buku pun menjadi hal yang penting. Bangkit Perkasa.com siap membantu Anda jika membutuhkan berbagai jenis buku, mulai dari buku tulis, buku tulis hardcover, hingga buku gambar. Berbagai alat tulis, lakban dan sampul juga bisa Anda temukan, kunjungi halaman produk atau kontak untuk informasi lengkapnya!

Bagikan Artikel:
Artikel Terkait