Manfaat dan Fungsi Binder Clip untuk Kebutuhan Sekolah

fungsi binder clip - Bangkit Perkasa

Ternyata fungsi binder clip tidak hanya untuk merapikan dokumen. Selain berguna bagi kebutuhan sekolah dan kantor, alat ini juga bisa dimanfaatkan untuk keperluan lainnya. 

Anda bisa menggunakan penjepit kertas yang terbuat dari besi ini untuk merapikan kabel, sebagai pembatas buku, dan lain sebagainya. Sebenarnya, apa saja fungsi dan kegunaan dari binder clip ini? Berikut informasinya.  

Mengenal Fungsi Binder Clip untuk Berbagai Keperluan

Siapa yang menyangka jika salah satu peralatan yang biasanya digunakan di sekolah dan kantor ini memiliki banyak fungsi. Ukurannya lebih besar jika dibandingkan dengan paper clip

Perbedaan paper clip dan binder clip juga bisa dilihat berdasarkan bahan material, bentuk, dan kegunaanya. Dilansir dari berbagai sumber, berikut fungsi dan manfaat binder clip untuk berbagai keperluan. 

  •  Merapikan Kabel

Fungsi pertama adalah untuk mengikat kabel yang terlihat berantakan di sekitar ruang belajar atau ruang kerja Anda. Caranya adalah dengan mengaitkan karet gelang pada klip kemudian melingkarkan karet tersebut ke kabel yang hendak dirapikan. 

Jika dirasa sudah cukup kencang, kaitkan karet gelang dengan binder clip. Selain tampilan meja menjadi lebih rapi, dengan cara ini kabel juga lebih awet karena tidak akan menggumpal bersama dengan kabel-kabel lainnya. 

Terutama bagi Anda yang pada mejanya memiliki beberapa alat elektronik seperti kipas kecil, gadget, laptop, kabel mouse, dan lain sebagainya.   

  • Menggulung Kabel Headset dan Charger

Jika Anda kerap menggunakan headset untuk mendengarkan musik melalui ponsel, ada baiknya untuk menyediakan binder clip di dalam tas. 

Sebab, selain untuk merapikan kabel, sebuah binder clip juga berguna untuk menggulung kabel headset. Cara ini berguna jika tidak memiliki dompet khusus untuk menyimpan headset

Selain itu, dengan menggunakan binder clip juga akan memudahkan Anda saat akan mencari, mengambil, atau menyimpan kembali headset ke dalam tas atau ke dalam laci meja. 

Hal ini berlaku juga pada kabel charger, bila perlu gunakan binder clip dengan warna yang berbeda untuk memudahkan Anda saat akan mencarinya di dalam tas.  

  • Menandai Ujung Selotip

Fungsi binder clip yang ketiga adalah sebagai penanda ujung selotip atau solasi, khususnya yang berwarna bening. Anda mungkin pernah merasakan bagaimana sulitnya mencari bagian ujung selotip bening yang terlanjur menempel. 

Agar tidak kesulitan dalam mencari ujung selotip, sebaiknya siapkan sebuah binder clip atau paper clip sebagai alat untuk menandai ujung selotip, tergantung dari ukuran selotip itu sendiri.  

  • Pembatas Buku

Tidak hanya berfungsi untuk menyatukan beberapa kertas menjadi satu, binder clip juga berguna sebagai pembatas buku. Caranya mirip dengan saat digunakan untuk menjepit kertas. 

Anda bisa menyelipkan binder clip kecil atau paper clip pada halaman buku yang ingin ditandai. Agar terkesan lebih menarik, tambahkan hiasan pada badan binder seperti selotip hias, stiker, kertas, atau hiasan lainnya.  

  • Penutup Kamera Laptop

Anda juga bisa memanfaatkan binder clip agar terhindar dari peretasan kamera laptop yang santer terdengar akhir-akhir ini. 

Caranya bisa dengan menutup bagian kamera laptop menempelkan selotip jika tidak dibutuhkan dan membukanya kembali saat akan digunakan kembali. 

Cara lainnya adalah dengan memanfaatkan binder clip kecil atau paper clip yang dibengkokkan sehingga bentuknya menyerupai kursi. 

Kemudian, sebagian binder tersebut ditempel dengan selotip hitam (bisa menggunakan selotip warna) dan pasangkan di laptop.  

  • Penyangga Ponsel

Bagi yang suka menonton film melalui ponsel tapi malas memegangnya, bisa memanfaatkan alat ATK ini sebagai penyangga ponsel yang keren. 

Fungsi binder clip yang satu ini bisa diterapkan dengan cara menggunakan dua buah binder yang berukuran sama yang dibentuk sedemikian rupa sehingga menyerupai stand ponsel. 

Pastikan kedua binder clip tersebut memiliki sudut yang sama agar aman untuk digunakan sebagai penyangga ponsel. 

  • Pengganti Dompet

Meskipun termasuk barang penting, namun ada kalanya merasa malas untuk membawa dompet yang tebal sedangkan kantong saku terlalu kecil untuk menyimpan dompet. 

Jangan cemas, Anda tetap bisa membawa KTP, kartu penting, dan uang dengan memanfaatkan binder clip. Caranya adalah dengan menjepitkan semua yang dibutuhkan pada clip tersebut. 

  • Gantungan Kunci

Fungsi binder clip yang berikutnya adalah sebagai gantungan kunci dengan cara mengaitkannya pada kunci yang kerap dibutuhkan, misalnya saja kunci mobil. Cara ini bisa diterapkan bagi Anda yang sering meletakkan kunci di sembarang tempat. 

  • Menggantung Foto dan Barang Lainnya

Jika memiliki binder clip berukuran jumbo, alat ini bisa dimanfaatkan untuk menggantung berbagai barang sekaligus menambah kesan estetik pada meja belajar atau meja kerja. 

Caranya dengan membuat gantungan dari binder dan meletakkannya di sisi atau permukaan meja yang memungkinkan sebagai tempat untuk meletakkan binder tersebut. 

Beberapa item yang bisa Anda letakkan pada gantungan binder diantaranya adalah foto tanpa frame, gantungan pen, earphone, dan lain sebagainya. 

  •  Merapikan Kardus

Binder clip yang terbuat dari besi juga bisa dimanfaatkan untuk menyiasati tumpukan kardus agar terlihat lebih kuat, rapi, dan menarik. Caranya adalah dengan menjepitkan dua binder diantara dua tumpukan kardus tersebut. 

  •  Menjadi Tripod

Jangan bingung saat ingin foto dengan teman tapi tidak memiliki tripod. Anda bisa tetap melakukannya dengan memanfaatkan binder yang dibentuk sedemikian rupa sehingga mirip dengan tripod dan memasang timer atau smile sensor. 

Agar tripod terlihat kokoh dan kuat, gunakan binder clip dari produsen ternama, salah satunya adalah binder clip dari kenko.

  •  Menandai Gelas

Mempunyai gelas yang sama memang asyik, sayangnya gelas Anda berisiko tertukar dengan milik teman. 

Tenang, Anda bisa menandai gelas tersebut dengan memasang binder clip berwarna sebagai tanda yang membedakannya dengan milik teman-teman yang lain.   

  •  Mengatasi Resleting yang Rusak

Fungsi binder clip lainnya adalah sebagai pengganti pegangan resleting baju/celana yang patah atau rusak. 

Anda bisa menggunakan binder clip kecil atau paper clip dengan cara memasukkan ke bagian yang terbuka lalu tutup kembali bagian yang terbuka tersebut dengan selotip. 

Cara ini akan membantu untuk membuka atau menutup resleting sebelum menggantinya dengan pegangan resleting yang baru. 

  •  Mengeluarkan Pasta Gigi

Sebuah binder clip juga bisa dimanfaatkan untuk menghemat pasta gigi yang tersisa sedikit. Caranya dengan menggulung kemasannya guna mendorong sisa pasta gigi hingga ke ujung lalu menjepit gulungan kemasan dengan menggunakan binder clip. 

  •  Penutup Mata Pisau Cukur

Pisau cukur merek tertentu ada yang dilengkapi dengan penutup mata pisau ada pula yang tidak. Itu sebabnya Anda harus berhati-hati jika menyimpan pisau cukup di dalam tas. 

Selain bisa melukai jari, mata pisau cukur juga bisa membuat tas Anda sobek. Agar jari dan tas tetap aman, jepitkan bagian mata pisau cukur ke binder clip. 

  •  Mengaitkan Tali Bra yang Lepas

Satu lagi fungsi dari binder clip yang bisa jadi solusi saat hendak menyembunyikan tali bra dengan cara menggabungkan kedua tali belakang bra. Agar lebih mudah sebaiknya gabungkan kedua tali bra tersebut sebelum Anda menggunakannya.

Itulah berbagai fungsi binder clip yang bisa jadi solusi saat kondisi mendesak. Anda bisa menyiapkan binder clip dan paper clip dengan berbagai warna dan ukuran sebagai stok. 

Jika ingin membeli dalam jumlah banyak, langsung saja hubungi Distributor ATK Bangkit Perkasa yang menyediakan binder dengan berbagai ukuran. Kenali lebih jauh mengenai ATK yang dijual PT BPS dengan mengunjungi laman produk untuk informasi lengkap ATK dari Distributor PT BPS. 

Anda juga dapat mempelajari informasi dan tips terkini seputar ATK dan penggunaannya melalui laman blog. Untuk melakukan konsultasi lebih lanjut dan pemesanan produk, hubungi tim PT BPS, melalui laman hubungi kami.

Bagikan Artikel:
Artikel Terkait