Macam-macam Ukuran Buku Gambar yang Umum Digunakan

macam macam ukuran buku gambar pt bps distributor alat tulis seindonesia

Macam-macam ukuran buku gambar yang ada di pasaran pada dasarnya disediakan sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Umumnya, setiap jenjang pendidikan memerlukan buku gambaran sebagai satu media pembelajaran. 

Buku gambar tak hanya ditujukan untuk anak TK sebagai media corat-coret. Para seniman, arsitek, pelukis hingga konten kreator juga membutuhkan buku gambar. 

Macam-macam Ukuran Buku Gambar Beserta Kegunaannya

Ukuran buku gambar umumnya cukup beragam. Anda bisa menemukan buku gambar dengan ukuran super besar hingga ukuran paling kecil. Berikut adalah beberapa jenis ukuran buku gambar yang paling banyak digunakan.

1. Ukuran A1

Di antara jenis buku gambar lainnya, A1 menjadi buku gambar dengan ukuran yang paling besar. Detail ukurannya adalah 59,4 x 84,1 cm atau 23,39 x 33,11 inchi. Kebanyakan profesi yang sering menggunakan ukuran A1 ialah para arsitek. Mereka menggunakannya untuk membuat sketsa proyek bangunan. 

Para arsitek menggunakan buku gambar ukuran A1 agar bisa melihat detail sketsa konstruksi bangunan secara lebih detail. Karena ukurannya super besar, harga buku gambar A1 di pasaran pun cukup mahal. 

Buku gambar A1 ini juga sangat sulit ditemukan di berbagai toko ATK. Pasalnya, kertas ukuran A1 lebih sering dijual dalam bentuk per lembar dan bukan dalam bentuk buku gambar. 

2. Ukuran A3

Salah satu dari macam-macam ukuran buku gambar yang wajib Anda ketahui selanjutnya adalah ukuran A3. Detail ukuran dari buku gambar A3 ini ialah sekitar 29,7 x 42 cm. Selain ukuran standar tersebut, ukuran A3 juga memiliki ukuran A3+ dengan detail 32 x 48 cm.

Pelajar SMA adalah kalangan yang paling banyak menggunakan buku gambar A3. Hal ini dikarenakan mata pelajaran seni rupa dua dimensi banyak diaplikasikan di bangku SMA. Buku gambar A3 memang sangat membantu pelajar SMA untuk menciptakan perspektif dari sejumlah titik. 

Berbeda dengan buku gambar ukuran A1, buku gambar ukuran A3 dijual dalam bentuk buku. Satu buku gambar berisikan 10 lembar kertas ukuran A3. Harga buku gambar A3 juga relatif terjangkau yaitu sekitar Rp.10.000.

Untuk buku gambar A3 dengan ketebalan 50 lembar umumnya dibandrol dengan harga Rp.40.000. Rekomendasi merek buku gambar ukuran A3 terbaik di antaranya ialah Kiky, Drawing Book dan Sketchbook. 

3. Ukuran A4

Di antara macam-macam ukuran buku gambar lainnya, buku gambar ukuran A4 adalah jenis buku gambar yang paling banyak dipakai oleh anak TK maupun SD. Adapun ukuran dari buku gambar A4 ini ialah sekitar 21 x 29,7 cm. 

Ukurannya yang tidak terlalu besar sangat cocok dipakai oleh anak sekolah jenjang TK dan juga SD. Dengan menggunakan buku gambar ukuran A4, para siswa akan lebih leluasa menggambar berbagai hal yang mereka inginkan. 

Buku gambar ini sangat cocok untuk anak yang sedang belajar membuat pola gambar simpel seperti bunga, binatang, pemandangan ataupun rumah.

Buku gambar ukuran A4 ini termasuk mudah ditemukan. Anda bisa mendapatkannya di toko ATK ataupun membelinya lewat online shop. Harga untuk 1 buku gambar ukuran A4 sendiri cukup murah yaitu sekitar Rp.5000. 

4. Ukuran F4

Jika dilihat secara lebih dekat, ukuran buku gambar F4 hampir sama dengan ukuran buku gambar A4. Akan tetapi, dari segi ukuran panjangnya, kertas F4 ternyata lebih panjang dan agak sedikit lebar dari kertas A4. Ketebalan dan kualitas dari kertas F4 dan A4 juga hampir sama sehingga harganya pun juga sama. 

Sayangnya, buku gambar ukuran F4 cenderung lebih sulit ditemukan dibandingkan buku gambar ukuran A4. Pasalnya, produsen buku gambar lebih banyak memproduksi ukuran A4 dibandingkan F4. 

Kemudian, dari segi fungsinya, buku gambar F4 juga memiliki fungsi yang hampir sama dengan buku gambar A4. Ukurannya yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil sangat cocok dipakai oleh anak-anak di jenjang sekolah dasar. 

5. Ukuran B5

Buku gambar ukuran B5 menjadi buku gambar paling kecil di antara macam-macam ukuran buku gambar lainnya. Ukurannya sangat minimalis yaitu sekitar 18 x 25 cm. Jika diperhatikan, buku gambar B5 ini lebih mirip dengan ukuran buku tulis. 

Karena memiliki bentuk dan ukuran yang sangat imut, ukuran B5 sangat ideal diberikan kepada batita maupun balita yang sedang aktif membuat coretan. 

Buku gambar ukuran B5 memiliki ukuran yang sangat bersahabat untuk si kecil dalam mengasah kemampuan kognitifnya lewat coretan-coretan. Ukurannya yang kecil dan tak terlalu berat akan memudahkan sang buah hati untuk lebih leluasa berekspresi di atas buku gambar. 

Baca Juga: Cara Membuat Hiasan Dinding Kamar dari Lakban

BPS Distributor ATK dan Buku Gambar Terlengkap

Jika sedang berencana membuka toko ATK dan membutuhkan macam-macam ukuran buku gambar, cobalah mengecek beberapa referensi buku gambar terbaik dan berkualitas di sini. Segala keperluan alat tulis yang Anda butuhkan tersaji lengkap di dalamnya.

Bagikan Artikel: