Kenali 7 Jenis Amplop dan Fungsinya

Jenis Amplop dan Fungsinya BPS distributor alat tulis kantor

Dalam berbagai bidang seperti bisnis, pendidikan, dan kehidupan sehari-hari, mengetahui jenis amplop dan fungsinya memiliki peranan yang cukup signifikan. Amplop tidak hanya digunakan untuk mengirim surat, tetapi juga berbagai dokumen penting lainnya.

Amplop juga membantu menjaga kerahasiaan isi surat atau dokumen yang dikirimkan. Dengan amplop, surat atau dokumen akan lebih aman dan terlindungi dari kerusakan atau kehilangan selama proses pengiriman.

Selain itu, pemilihan amplop yang tepat juga dapat memberikan kesan profesional dan terorganisir pada bisnis atau instansi yang menggunakan surat atau dokumen sebagai media komunikasi.

7 Jenis Amplop dan Fungsinya

Dengan mengetahui kegunaan dan karakteristik masing-masing jenis amplop dan fungsinya, Anda akan lebih mudah menentukan amplop yang paling sesuai dengan kebutuhan.

  • Amplop Jendela

Amplop Jendela atau Window Envelope memiliki jendela transparan kecil di bagian depan. Jendela transparan ini memungkinkan alamat penerima yang tercetak pada surat atau dokumen yang dikirimkan dapat terlihat secara jelas.

Amplop ini cocok digunakan untuk mengirimkan surat tagihan atau surat yang memerlukan identifikasi penerima dengan cepat.  Selain itu, penggunaan amplop jendela juga dapat memberikan kesan lebih profesional dan terorganisir.

  • Amplop Katalog

Amplop katalog memiliki ukuran yang besar sekitar 23 cm x 31 cm atau 25 cm x 35 cm, serta dirancang khusus untuk mengirimkan katalog produk, resume, surat asuransi, majalah, dan laporan yang berukuran besar.

Biasanya, amplop ini dipakai oleh perusahaan untuk mengirimkan sesuatu kepada mitra bisnisnya. Amplop katalog terbuat dari bahan kertas atau karton yang lebih tebal untuk melindungi isi amplop dari kerusakan.

  • Amplop Kotak/Square

Selanjutnya dari jenis amplop dan fungsinya adalah amplop kotak atau square envelope yang berbentuk persegi atau persegi panjang dengan sisi yang seimbang. Amplop ini sering digunakan untuk mengirim undangan, kartu ucapan, atau dokumen berukuran kecil.

Amplop kotak dapat ditemukan dalam berbagai macam warna dan bahan, seperti kertas atau karton. Pemilihan ukuran amplop dengan tepat sangat penting untuk memastikan isi surat tetap terjaga dan tidak melengkung selama proses pengiriman.

  • Amplop CD

Amplop CD dirancang khusus untuk menyimpan dan mengirimkan cakram optik seperti CD, DVD, atau Blu-ray dengan ukuran standar 12,7 cm x 12,7 cm. Amplop ini biasanya terbuat dari kertas tebal atau bahan plastik.

Terdapat lapisan busa atau gelembung udara untuk melindungi CD dari goresan dan kerusakan selama proses pengiriman. Amplop CD juga lebih hemat ruang dan mudah untuk disimpan atau dikirimkan dalam jumlah banyak.

  • Amplop Saku

Amplop Saku atau Pocket Envelope memiliki bukaan di salah satu sisinya, sehingga memudahkan pengguna untuk mengeluarkan dan memasukkan dokumen. Amplop ini sering digunakan untuk menyimpan dokumen kecil, foto, tanda terima, kupon, atau cek perjalanan.

Amplop saku biasanya terbuat dari bahan kertas atau plastik yang tipis dan ringan dengan ukuran sekitar 9 cm x 16 cm, sehingga biaya pengiriman lebih hemat dan efisien. Beberapa jenis amplop saku juga dilengkapi dengan perekat yang memudahkan pengguna untuk menutup amplop dengan rapat dan aman.

  • Amplop Pendek/Announcement

Jenis amplop dan fungsinya yang keenam merupakan amplop pendek atau announcement envelope. Amplop ering digunakan untuk mengirimkan kartu ucapan, undangan, atau pengumuman. Amplop ini memiliki desain yang lebih elegan dan menarik, sehingga cocok untuk acara-acara khusus.

Amplop pendek biasanya terbuat dari bahan kertas yang tipis dan dilengkapi dengan perekat atau strip yang memudahkan pengguna untuk menutup amplop dengan rapat dan aman, dengan ukuran sekitar 11,4 cm x 16,5 cm atau 10,5 cm x 15,2 cm.

  • Amplop Panjang

Amplop panjang atau banker envelope biasanya digunakan untuk mengirimkan dokumen atau surat yang berukuran besar seperti cek, uang kertas, kontrak, atau dokumen hukum.

Terbuat dari bahan kertas atau karton yang lebih tebal dan kokoh, amplop ini mampu melindungi isi surat atau dokumen dari potensi kerusakan. Ukuran amplop panjang bervariasi, namun umumnya memiliki ukuran sekitar 22,9 cm x 10,2 cm.

Sedang Mencari Amplop? Paperline Solusinya!

Setelah mengetahui berbagai jenis amplop dan fungsinya, Anda mungkin ingin membeli amplop yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Paperline menawarkan berbagai pilihan amplop berkualitas tinggi dengan banyak variasi ukuran dan jenis.

Sebagai produsen alat tulis ternama, Paperline menjamin kualitas amplop yang mereka tawarkan, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan kualitas produk yang Anda beli. Dapatkan amplop Paperline asli yang memiliki kualitas terbaik dengan membeli dari distributor resmi yang terpercaya, seperti PT Bangkit Perkasa Sukses (BPS).

PT BPS merupakan salah satu distributor resmi Paperline yang menjamin kualitas dan keaslian produk dengan harga grosir. Dengan membeli amplop Paperline dari PT BPS, Anda akan mendapatkan produk yang berkualitas.

Baca Juga: Cara Mengemas Produk yang Menarik Minat Pembelian

Selain itu, PT BPS juga menawarkan layanan pengiriman yang cepat dan handal, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan proses pengiriman barang yang Anda beli. Untuk memesan, Anda bisa menghubungi kami di sini atau kunjungi halaman produk kami di sini.

Baca informasi lainnya seputar alat tulis kantor dan lakban di sini. PT Bangkit Perkasa Sukses merupakan distributor alat tulis kantor (ATK) dan lakban yang hadir dengan produk berkualitas tinggi dan terjamin. Membutuhkan informasi lebih lanjut tentang PT Bangkit Perkasa Sukses (BPS)? Hubungi kami di sini.

Bagikan Artikel: