Jenis-Jenis Kertas Thermal dan Fungsinya yang Dapat Anda Pilih untuk Kebutuhan Bisnis

jenis jenis kertas thermal Bangkit Perkasa Sukses distributorl ATK

Kertas thermal adalah salah satu jenis kertas yang umum digunakan dalam dunia bisnis, misalnya ketika akan mencetak struk. Ternyata, ada beberapa pilihan jenis kertas thermal yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Jika Anda memerlukan kertas thermal berkualitas untuk kebutuhan bisnis, Bangkit Perkasa merupakan pilihan tepat.

Sebagai distributor ATK terlengkap yang menerima pengiriman ke seluruh Indonesia untuk pembelian dalam jumlah besar bulk buying. Kami memastikan produk terjamin aman sampai ke tangan pelanggan. Kunjungi laman produk Bangkit Perkasa kami untuk melihat ragam produk yang tersedia.

Apa saja jenis dari kertas thermal yang umum digunakan pada berbagai kegiatan bisnis? Jangan lewatkan pembahasan dalam artikel ini untuk informasi lebih lengkapnya! Temukan juga berbagai tips memilih kertas!

Berbagai Jenis Kertas Thermal dan Fungsinya

Kertas thermal merupakan kertas yang dapat menghasilkan cetakan dengan adanya dukungan dari energi thermal atau panas. Untuk mendukung proses cetakan tersebut, maka dibutuhkan printer khusus yang sering disebut dengan printer thermal.

Jika melihat dari jenisnya secara umum, maka ada empat jenis dari kertas thermal yang bisa Anda temui di pasaran.

1. Kertas Thermal Coated dengan 1 Lapisan

Ini adalah jenis kertas thermal yang hanya memiliki satu lapisan. Jika melihat dari segi kualitas cetakannya, maka kertas ini terbilang cukup baik.

Kertas thermal coated banyak dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan mencetak struk pada mesin kasir. Selain itu, umum juga dipakai untuk keperluan pencetakan di mesin ATM dan berbagai alat pembayaran dalam bentuk elektronik.

2. Kertas Thermal Unggul dengan 2 Lapisan

Kedua, ada kertas thermal unggul yang didukung dengan 2 buah lapisan. Kualitas hasil cetakan dari kertas ini cenderung lebih baik dibandingkan jenis pertama tadi.

Jenis kertas thermal ini juga umum dipakai untuk keperluan mencetak bukti pembayaran atau struk. Mesin kasir dan metode pembayaran yang cukup canggih, umumnya memanfaatkan kertas jenis kedua ini karena kualitas cetakannya bagus.

3. Kertas Thermal Berwarna dengan 3 Lapisan

Jenis yang selanjutnya yaitu kertas thermal berwarna yang didukung dengan tiga lapisan. Lapisan pertama dan kedua dari kertas ini meliputi lapisan yang juga ada pada kedua jenis kertas thermal sebelumnya. Lalu, ditambahkan dengan lapisan ketiga yang dapat berfungsi untuk memberikan cetakan warna.

Jadi, jika memakai kertas jenis ini, struk atau bukti transaksi pun dapat dicetak dengan berwarna. Hal ini menjadi penting untuk jenis transaksi yang cenderung membutuhkan dukungan warna untuk membedakan berbagai hal.

4. Kertas Thermal Stiker atau Adhesive

Berikutnya, ada kertas thermal stiker atau adhesive yang dilengkapi dengan bahan perekat yang serupa dengan bahan untuk membuat stiker. Dengan menggunakan kertas ini, maka hasil cetakan pun dapat ditempelkan ke berbagai media. Sebagai info tambahan, kertas ini populer disebut juga sebagai kertas thermal A4.

Dalam penerapannya, kertas thermal stiker atau adhesive sering digunakan untuk mencetak barcode, label, serta berbagai tanda lainnya. Kertas ini umum diaplikasikan untuk bisnis minuman, makanan, farmasi, dan sejenisnya.

Penggunaan kertas jenis ini tentu saja dapat memberikan berbagai keuntungan dan kemudahan bagi pebisnis. Selain itu, untuk berbagai keperluan sehari-hari, kertas ini pun dapat dimanfaatkan untuk mencetak berbagai tanda.

Selain jenis-jenis di atas, kertas thermal juga bisa dilihat berdasarkan jenis bahannya. Berikut merupakan penjelasan lebih lanjut jika melihat dari bahan pembuatan kertas thermal:

5. Register Roll Papergo

Jenis pertama ada register roll papergo, atau jenis kertas yang dibuat dari bahan premium yang terbilang ramah lingkungan. Bahan tersebut yaitu kertas eco-friendly dan 100% bahan virgin pulp.

Dalam pemakaiannya, kertas ini dapat menghasilkan warna ketika mendapatkan energi panas, seperti prinsip printer dan kertas thermal pada umumnya. Anda dapat menggunakan kertas ini untuk berbagai keperluan mencetak struk.

6. Kertas dari Actadic Phosphonic dan Fluoran Leuco

Jenis kertas thermal selanjutnya yaitu kertas yang terbuat dari berbagai bahan pewarna dalam bentuk padat, misalnya actadic phosphonic dan fluoran leuco.

Namun, untuk beberapa jenis produk, ada juga yang didukung oleh bahan konsentrat BPA atau bisphenol A. Bahan tersebut dapat memiliki potensi untuk membahayakan kesehatan, sehingga perlu perlu diperhatikan penggunaannya.

Jika melihat dari segi warnanya, maka kertas jenis ini menghasilkan cetakan yang lebih jelas dan terang. Namun, mengingat adanya kandungan BPA tadi, maka perlu diingat risiko bahayanya.

Sebaiknya, jangan disimpan atau dipegang untuk waktu yang lama, supaya risiko dapat diminimalisir. Peganglah kertas tersebut seperlunya ketika sedang melakukan pekerjaan. Lalu, sebisa mungkin, jauhkan juga dari jangkauan bayi dan anak-anak supaya tidak tersentuh apalagi termakan.

Anda juga dapat memilih produk kertas yang BPA-free jika ingin merasa lebih aman untuk menggunakanya.

Tips Memilih Kertas Thermal

Kertas thermal banyak digunakan dalam berbagai keperluan bisnis, terutama dalam mencetak struk. Dalam praktiknya, ada berbagai jenis kertas yang dapat dipilih, seperti yang sudah dijelaskan pada bagian sebelumnya.

Sebelum memutuskan untuk memilih dan membeli kertas thermal, ada beberapa tips yang dapat Anda ikuti, yaitu sebagai berikut:

1. Pilih Jenis yang Sesuai

Sebelumnya, telah dijelaskan berbagai jenis dari kertas thermal. Anda juga pastinya sudah mengetahui perbedaan dari berbagai kertas tersebut. Maka dari itu sebaiknya tentukan jenis kertas yang paling sesuai untuk kebutuhan Anda!

Pastikan tidak salah pilih, terlebih jika akan membeli kertas dalam jumlah yang cukup banyak untuk keperluan bisnis Anda.

2. Pilih yang Berkualitas Baik

Tips selanjutnya yaitu tentang kualitas, pilihlah produk yang terpercaya dan berkualitas baik.

Kertas thermal yang memiliki kualitas buruk dapat memiliki berbagai risiko masalah pada hasil cetakannya, misalnya terdapat garis putus-putus yang mengganggu. Dalam berbagai kebutuhan bisnis, masalah seperti itu dapat mengganggu atau bahkan bisa memberikan kerugian terhadap bisnis.

Selain itu, kertas yang kurang baik kualitasnya juga dapat berpengaruh terhadap pengurangan usia pakai dari printer thermal. Jika ingin menjaga kondisi printer, maka pemilihan kertas pun tidak bisa diabaikan.

Produk dari Bangkit Perkasa dapat menjadi pilihan tepat bagi Anda! Kebutuhan kertas thermal dengan jenis dan ukuran apapun dapat ditemukan di sini. Anda dapat bertanya langsung mengenai detail produk.

3. Jangan Salah Pilih Ukuran

Tips selanjutnya, jangan lupa untuk memperhatikan ukuran kertas yang dibutuhkan, sehingga tidak salah ketika akan membelinya. Ada berbagai variasi ukuran yang dapat Anda pilih, dapat disesuaikan dengan kebutuhan pencetakan dan jenis printer yang akan digunakan.

Penting untuk diketahui bahwa kertas thermal perlu didukung oleh printer yang dapat mencetak ukuran tersebut. Jika ukurannya tidak sesuai yang bisa dicetak oleh printer, maka Anda tidak akan bisa mencetak kertas tersebut.

Baca Juga: Ukuran Kertas Continuous Form, Kegunaan, dan Cara Kerjanya untuk Bisnis Anda

4. Perhatikan Ketebalan Kertas

Selain tentang ukuran lebar dan panjang kertas, perhatikan juga tentang ketebalan dari kertas thermal yang akan dipilih. Ketebalan ini dapat berbeda-beda, tergantung dari produk dan merek dari kertas tersebut.

Pastikan bahwa ketebalan yang akan dipilih telah sesuai dengan kapasitas dari printer thermal Anda. Jika kertasnya terlalu tebal, maka mungkin saja printer tidak mampu untuk memprosesnya.

Jika bicara soal kertas thermal, ternyata memang ada berbagai jenis yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan percetakan. Tips yang sudah dijelaskan pun dapat menjadi referensi yang bagus untuk Anda ketika akan membeli kertas thermal.

Selalu pastikan bahwa Anda membeli dan menggunakan jenis kertas thermal dari produk yang berkualitas, sehingga hasil cetakan struk memuaskan! Produk dari Bangkit Perkasa dapat menjadi pilihan tepat. Anda dapat memilih kertas thermal dengan berbagai jenis dan ukuran.  Untuk pemesanan, pertanyaan, atau informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami!

Bagikan Artikel:
Artikel Terkait