Jenis Jenis Map Kantor beserta Fungsinya

jenis jenis map kantor Bangkit Perkasa Sukses distributor atk dan lakban di indonesia

Alat tulis kantor memiliki fungsi krusial karena keberadaanya akan sangat membantu alur pekerjaan. Salah satunya alat tersebut adalah map. Jenis jenis map pada dasarnya sangat banyak dan dipisahkan berdasar bahan, bentuk hingga kegunaannya.

Map atau yang juga dikenal sebagai stofmap merupakan alat kantor yang fungsinya menyimpan lembaran kertas dengan tujuan agar terlindungi dan lebih teratur. 

Adanya map juga membantu Anda menemukan berkas-berkas dengan mudah. Biasanya map terbuat dari bahan kertas atau bahkan plastik. Jika Anda membutuhkan map, distributor ATK Bangkit Perkasa merupakan pilihan tepat.

Kami menerima pembelian map dalam jumlah besar (bulk buying) untuk kebutuhan kantor, bisnis, maupun industri. Tersedia pengiriman ke seluruh Indonesia. Kunjungi laman produk map kami untuk melihat ragam map yang tersedia.

Meskipun umumnya map digunakan untuk merapikan dokumen, map punya banyak jenis yang berbeda fungsi yaitu:

1. Map Folio

Jenis pertama ada map folio. Banyak orang sering menggunakan map folio dibandingkan dengan jenis yang lainnya. Jenis yang satu ini biasanya dibuat dari kertas karton yang memiliki ukuran cukup tebal.

Dengan bentuk persegi panjang, map ini bisa menampung lembaran kertas folio bahkan lebih besar. Map ini dibuat khusus supaya Anda sebagai pengguna bisa mengeluarkan atau mengambil berkas dengan lebih mudah.

Pada map folio terdapat daun penutup di setiap sisi yang ada di bagian dalamnya. Fungsi dari daun penutup ini adalah penahan atau penopang dari lembar-lembar dokumen yang ada di dalam map. 

Mendapatkan map folio dalam jumlah banyak khususnya untuk kebutuhan kantor mungkin agak sulit. Kekhawatiran ini bisa Anda kurangi sebab ada Bangkit Perkasa yang menyediakan produk map folio berkualitas. 

2. Map Amplop

Dari berbagai jenis jenis map, map amplop menjadi yang paling sering digunakan untuk mengirimkan dokumen maupun berkas melalui pos. Seringkali para pencari kerja atau job seeker juga menjadikan map amplop untuk melamar pekerjaan. 

Identik dengan warna coklat dan berbentuk persegi panjang menjadikan map ini mudah dikenali jenisnya. Anda juga akan menjumpai garis spiral dengan warna merah dipadukan biru di setiap tepi map amplop.

Tidak hanya itu, pada bagian paling atas map amplop terdapat semacam tali pengikat. Tentu gunanya untuk pengaman agar semua surat tidak jatuh atau keluar berserakan. Apalagi jika Anda akan mengirim dokumen melalui pos, tentu tali ini sangat penting. 

Untuk ketebalannya sendiri, map amplop termasuk dalam jenis jenis map yang memiliki bahan lebih tipis. Hal ini karena saat pengiriman berat map bisa lebih ringan jika didalamnya terdapat berkas yang cukup banyak. 

3. Map Snelhecter

Selanjutnya ada map snelhecter, yang namanya mungkin tidak terlalu familiar di telinga. Map ini mirip dengan sampul buku dan mungkin Anda baru mengenalnya ketika melihat bentuknya. 

Ketika dibuka, Anda akan melihat semacam penjepit yang akan mengikat dokumen di tengah map. Saat ingin menggunakan map ini, Anda harus melubangi dokumen yang akan disimpan lebih dahulu pada bagian sampingnya. 

Untuk melubangi kertas atau dokumen ini, Anda bisa menggunakan hole puncher atau pelubang kertas yang praktis digunakan. Karena terbuat dari plastik, Anda bisa menggunakannya dalam jangka waktu lama.

4. Map Folder

Map folder memiliki bentuk yang berbeda dan bisa dikatakan paling unik dibanding jenis jenis map yang lain. Ini karena map folder dibuat dengan bahan plastik transparan, jadi Anda bisa melihat isi map dengan mudah.

Anda bisa menemukan map folder yang tidak berwarna atau bening, tapi ada juga yang berwarna warni. Anda dapat menyimpan berkas dengan aman serta bebas dari kebasahan karena map folder tahan dari air.

Meskipun tidak memiliki penutup maupun penjepit di bagian dalamnya, map folder ini akan melindungi dokumen dengan aman. Ada lipatan dengan kancing di sisi atas untuk menutup map. 

6. Map Odner

Jika membutuhkan map untuk kantor, ada map odner yang bisa jadi pilihan. Mirip dengan map snelhecter, jenis ini bahkan berukuran lebih besar dibanding jenis jenis map yang lain. Banyak juga yang menyebutnya sebagai map snelhecter versi besar. 

Bagian punggung map odner ukurannya sendiri bisa mencapai 5 sampai 10 cm. Setiap sisi map odner terbuat dari bahan plastik padat yang keras. Maka dari itu, map ini terlihat kaku dan bentuknya bersiku. 

Banyak yang menyebut map odner ini sebagai map arsip. Sama halnya dengan snelhecter, Anda harus melubangi dokumen jika ingin menyimpan di map odner. Namun map ini tidak menggunakan pengikat, hanya ada penjepit besi yang tebal. 

Biasanya dokumen yang disimpan dalam map ini berjumlah banyak. Ini karena tujuan map ini untuk mengarsipkan berbagai dokumen dalam satu kategori. Warnanya yang beragam tak hanya menjadikan map ini cantik tapi berfungsi penting.

7. Map Kantong (Zipper Bag)

Pilihan map lainnya adalah map kantong atau zipper bag. Jika Anda biasa menggunakan binder, pastinya tak akan asing dengan map kantong ini. Teknologi yang berkembang memunculkan map ini sebagai solusi ketika ingin menyimpan dokumen di binder.

Berbeda dengan jenis jenis map lain yang kebanyakan lebih kaku dan keras, map kantong dibuat lebih elastis. Jadi, Anda tak hanya bisa menyimpan dokumen tapi barang barang lainnya. 

Ada bagian resleting atau zipper di atasnya. Bentuk map ini adalah persegi panjang dengan bahan plastik bening atau bahkan bercorak. Karena bagian tengahnya menggelembung dengan resleting, maka map ini disebut zipper bag

Baca Juga: 8 Cara Merawat Alat Tulis Kantor agar Tak Mudah Rusak

8. Map Gantung (Hanging Folder)

Sesuai namanya, stofmap gantung atau hanging folder digunakan dengan digantung pada besi. Anda harus memasangnya pada dinding atau bidang datar vertikal lainnya. Dengan begitu, Anda bisa meletakkan berkas atau dokumen di map tersebut. 

Tak hanya perkantoran, biasanya map gantung juga digunakan untuk menyimpan file di rumah. Maka dari itu, jenis map yang satu ini tak cocok jika digunakan untuk kebutuhan yang mengharuskan Anda berpindah-pindah. 

Kebutuhan kantor akan map tidak bisa diremehkan, sebab fungsinya untuk menyimpan dokumen-dokumen yang sangat penting. Tak hanya satu, tapi jenis jenis map yang ada memiliki kegunaan penting bagi kantor Anda.

Jika berencana membeli map dalam jumlah banyak untuk kantor, percayakan pada Bangkit Perkasa. Sebagai distributor terlengkap di Indonesia, Bangkit Perkasa menyediakan map atau stofmap dengan layanan pengiriman ke seluruh Indonesia untuk kebutuhan toko, perusahaan maupun industri.

Kunjungi laman map kami untuk melihat jenis jenis map yang tersedia guna memenuhi kebutuhan Anda. Pelajari berbagai informasi terkini terkait penggunaan alat tulis lainnya melalui laman blog Bangkit Perkasa. Hubungi kami untuk pemesanan maupun kerja sama lainnya melalui laman kontak kami.

Bagikan Artikel:
Artikel Terkait