5 Jenis Kertas Fotocopy dan Ukurannya Terbaru di 2023

ukuran kertas fotocopy berwarna putih di atas meja cokelat BPS distributor ATK jakarta

Jika ingin melakukan fotocopy, pastikan Anda menyesuaikannya dengan kebutuhan dokumen. Karena faktanya, terdapat berbagai jenis kertas fotocopy yang dapat menjadi pilihan Anda.

Supaya tidak salah dalam melakukan fotocopy terhadap dokumen penting Anda, maka ada baiknya Anda mengetahui dengan baik tentang berbagai jenis kertas. Ukuran kertas juga perlu diperhatikan.

Jenis-Jenis Kertas Fotocopy dan Ukurannya

Berikut merupakan jenis-jenis yang dapat Anda gunakan untuk keperluan fotocopy, mulai dari fotocopy dokumen hingga gambar.

1. Kertas HVS dan HVS Berwarna

Jenis kertas fotocopy yang paling umum yaitu kertas HVS. Kertas ini juga memiliki jenis yang berwarna, sehingga dapat Anda gunakan jika diperlukan. Terdapat berbagai ukuran untuk kertas HVS.

  • Ukuran Kertas HVS Plano

HVS Plano merupakan kertas HVS yang masih utuh dan belum dipotong. Ukurannya masih lebar dan luas. Terdapat berbagai ukuran yakni 65 x 91 cm, 65 x 100 cm, dan 79 x 109 cm.

  • Ukuran Kertas HVS Q4

Ukuran ini sering juga disebut kuarto atau letter. Ukurannya hampir sama dengan A4, tapi memiliki lebar yang lebih panjang. Terdapat 2 jenis ukuran yang hampir sama, yaitu 21,6 x 27,5 cm dan 21,6 x 27,9 cm.

  • Ukuran Kertas HVS F4

Selanjutnya, ada ukuran HVS F4 atau yang sering disebut folio. Ukurannya yakni 21,6 x 33 cm. PT BPS menyediakan tiga merek terbaik kertas HVS F4, yaitu kertas HVS F4 SIDU, kertas HVS F4 Paper Blue, dan kertas HVC F4 Paper One.

  • Ukuran Kertas HVS A4

Di Indonesia, kertas ukuran HVS A4 merupakan jenis yang paling banyak digunakan. Ukurannya yakni 21 x 29,7 cm. PT BPS menyediakan beragam kertas merek kertas fotocopy terbaik yaitu kertas fotocopy SIDU A4, kertas Paper Blue A4. kertas Paper One A4.

  • Ukuran Kertas HVS A3

A3 adalah ukuran yang terbilang cukup besar, yakni 29,7 x 42 cm. Biasanya, digunakan untuk berbagai dokumen yang berukuran besar.

Karena ukurannya yang besar, dapat digunakan untuk tulisan panjang atau berbagai gambar. Kertas ini juga sering digunakan untuk mencetak atau fotocopy peta.

  • Ukuran Kertas HVS B5

Ukuran ini cukup kecil, yaitu 17,6 x 25 cm. Biasanya, digunakan untuk catatan, majalah, amplop, dan buku lainnya. Kertas ini dapat digunakan untuk fotocopy dokumen yang terbilang kecil.

  • Ukuran Kertas HVS A5

A5 adalah ukuran paling kecil dari kertas HVS. Ukurannya adalah 14,8 x 21 cm. Biasanya digunakan untuk buku saku, undangan, amplop, pamflet, brosur, dan sejenisnya.

2. Kertas Buffalo

Kertas buffalo mempunyai tekstur yang sedikit kasar, namun memiliki tingkat gramasi yang cukup tebal. Terdapat berbagai pilihan ketebalan, mulai dari 150 sampai 250 gram. Untuk ukurannya, tersedia dalam berbagai ukuran yakni A3, A4, dan F4. Ada juga yang menawarkan jenis ukuran yang lebih besar.

Kertas ini memiliki berbagai pilihan warna, misalnya merah, putih, biru, ungu, merah muda, dan hijau. Ukuran dan warna yang dipakai dapat menyesuaikan dengan keperluan dokumen yang akan disalin.

3. Kertas Brief Card/BC

Kertas Brief Card atau BC disebut juga dengan kertas manila. Jenis kertas fotocopy ini ini terbuat dari bahan yang terbilang ringan namun kuat, yakni dari serat manila. 

Bisanya, kertas BC mempunyai tekstur yang halus pada satu sisi dan kasar di bagian sisi lainnya. Kertas ini memiliki berbagai pilihan warna, sehingga dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. 

Biasanya, memiliki ukuran 61 x 68 cm, dengan pilihan berat yakni 250 gr, 220 gr, serta 160 gr. Di beberapa tempat, terdapat pula ukuran 65 x 100 cm. Jika memerlukan ukuran lebih kecil, kertas ini mudah dipotong sesuai keperluan.

Kertas ini sering digunakan untuk fotocopy dokumen yang membutuhkan kertas tebal, misalnya sertifikat atau piagam perhargaan.

4. Kertas Concorde

Jenis kertas fotocopy selanjutnya yakni kertas concorde yang memiliki berbagai pilihan warna. Seratnya terbilang halus sehingga dapat disebut sebagai salah satu jenis kertas mewah. 

Tersedia dua ukuran ketebalan yakni 250 gsm dan 120 gsm. Ukuran yang ditawarkan biasanya F4 (21,6 x 33) atau A4 (21 x 29,7 cm). Namun, ada juga yang menyediakan ukuran lebih besar.

Kertas ini sangat bagus untuk menyalin gambar berwarna. Kelemahan dari kertas ini yakni cenderung kaku karena ketebalannya.

5. Kertas Buram

Sesuai dengan namanya, kertas ini memiliki warna yang buram. Kertas ini mempunyai dasar yang sama jika dibandingkan dengan kertas HVS, namun lebih tipis.

Kertas buram merupakan hasil dari proses daur ulang, sehingga harganya cenderung lebih murah dibanding jenis-jenis sebelumnya. Biasanya, kertas ini berukuran A4 (21 x 29,7 cm) atau F4 (21,6 x 33).

Ini banyak digunakan untuk fotocopy kebutuhan sekolah. Namun, kurang cocok untuk fotocopy dokumen yang memiliki berbagai warna, karena kualitasnya kurang bagus untuk mempertahankan warna.

Baca Juga: 

PT BPS Solusi Kebutuhan Kertas Fotocopy

Untuk berbagai kebutuhan kertas fotocopy, PT Bangkit Perkasa (BPS) dapat menjadi solusi untuk Anda. Berbagai jenis dan ukuran kertas fotocopy dapat Anda temukan bersama PT BPS, distributor alat tulis kantor yang siap menerima pengiriman ke seluruh Indonesia.

Selain berbagai jenis kertas fotocopy, terdapat berbagai produk lainnya yang dapat dilihat selengkapnya melalui laman produk BPS.

Selain itu, untuk pembelian atau kerja sama, Anda dapat langsung menghubungi kami.

Bagikan Artikel:
Artikel Terkait