Begini Cara Menggunakan Masking Tape untuk Mengecat

Cara Menggunakan Masking Tape untuk Mengecat BPS distributor alat tulis kantor dan lakban berkualitas

Mengecat tembok perlu kehati-hatian agar cat tidak belepotan atau menetes. Namun hal paling sulit adalah memastikan supaya cat tidak mengenai  lantai yang dekat dengan tembok di bagian bawah serta plafon di bagian atas. Solusinya, Anda dapat memakai masking tape untuk mengecat dengan rapi tanpa belepotan.

Masking tape adalah salah satu jenis lakban atau selotip yang terbuat dari kertas. Masking tape mudah dilepas dan tidak meninggalkan residu seperti lakban lain. Karena daya rekatnya yang lebih rendah. Lakban kertas ini memang dibuat untuk membantu proses pengecatan jadi lebih rapi. 

Cara Menggunakan Masking Tape untuk Mengecat 

Sebelum mulai mengecat dinding, sebaiknya tutupi beberapa area dengan masking tape.  Supaya Anda bisa lebih leluasa mengaplikasikan cat. Tanpa khawatir cat jadi belepotan kemana-mana. Berikut ini cara menggunakan masking tape saat mengecat tembok:

  • Gunakan Masking Tape Berkualitas

Pilihlah masking tape yang berkualitas. Anda bisa menggunakan masking tape dari Nachi yang mudah dilepas dan sama sekali tidak meninggalkan bebas. Tersedia  dalam tiga ukuran berbeda yaitu 12 mm, 24 mm, dan 48 mm. Pilih sesuai kebutuhan.

  • Bersihkan Permukaan yang akan Ditempel Lakban

Sebelum mengaplikasikan masking tape, bersihkan dulu permukaan yang akan dipasangkan lakban kertas. Karena debu dan kotoran akan membuat masking tape sulit untuk menempel. Bersihkan permukaan dengan lap basah lalu keringkan.

  • Aplikasikan Masking Tape dengan Dispenser

Pasang masking tape untuk mengecat menggunakan dispenser. Supaya proses pemasangan lakban kertas bisa lebih rapi, lurus, dan terpasang dengan cepat. Sangat disarankan untuk memakai dispenser lakban. Karena pemasangan dengan cara manual cukup memakan waktu dan hasil akhirnya bisa berantakan. 

  • Tekan Masking Tape

Setelah masking tape terpasang, tekan lakban kertas  dengan kencang untuk memastikan lakban menempel dengan sempurna. Khususnya tekan bagian sisi yang dekat dengan dinding. Untuk memastikan tidak terdapat celah yang bisa membuat cat merembes ke bawah lakban.

  • Pasang Plastik Pelindung Tambahan 

Tambahkan plastik pelindung untuk menutupi bagian lantai yang lebih luas. Rekatkan dengan selotip bening. Selain memakai plastik, Anda juga bisa menggunakan kraft paper atau koran bekas yang tersedia. Selanjutnya Anda bisa mulai mengecat tembok dengan lebih leluasa. 

  • Buka Masking Tape secara Perlahan  

Setelah selesai mengaplikasikan cat, jangan langsung melepas masking tape. Tunggu dulu sampai cat benar-benar kering. Kemudian saat Anda akan membuka masking tape, tarik lakban kertas dengan sudut 45 derajat. Hal ini dilakukan untuk mencegah agar cat tidak ikut terkelupas. 

Selain dipakai untuk mengecat dinding, masking tape juga  bisa dipakai untuk mengecat kusen jendela. Masking tape akan menjaga agar cat tidak mengenai kaca jendela. Atau jika ingin mengecat garis lurus dan pola lainnya pada dinding, Anda juga bisa memakai masking tape. 

Masking tape untuk mengecat mudah ditemukan di pasaran. Namun pastikan Anda hanya memilih lakban kertas yang berkualitas. Anda dapat menggunakan plakban kertas Nachi, yang mudah diaplikasikan pada berbagai macam permukaan. Mulai dari kayu, dinding, metal, kaca, dan juga plastik. Masking tape Nachi juga mudah dilepas dan tidak akan berbekas.

Baca Juga: Nachi Tape, Merk Lakban Terkuat untuk Segala Kebutuhan Anda!

Anda bisa mendapatkan masking tape Nachi di halaman produk BPS. Temukan juga aneka macam pita perekat dan ATK berkualitas dari merek-merek ternama. BPS sebagai distributor lakban dan ATK sudah melayani distribusi alat tulis secara nasional sejak tahun 1994.

Baca informasi lainnya seputar alat tulis kantor dan lakban di sini. PT Bangkit Perkasa Sukses merupakan distributor alat tulis kantor (ATK) dan lakban yang hadir dengan produk berkualitas tinggi dan terjamin. Membutuhkan informasi lebih lanjut tentang PT Bangkit Perkasa Sukses (BPS)? Hubungi kami di sini.

Bagikan Artikel: