Fungsi Duct Tape Pipa AC dan Jenis-jenisnya

fungsi duct tape pipa ac Bangkit Perkasa Sukses distributor

Ketika sedang melakukan proses instalasi AC, teknisi memerlukan duct tape atau yang juga dikenal dengan istilah isolasi pipa AC. Secara umum, fungsi duct tape pipa AC yaitu untuk memberikan pelindung sekaligus membungkus pipa AC.

Jika Anda membutuhkan duct tape, maka Bangkit Perkasa merupakan pilihan tepat untuk memenuhi kebutuhan duct tape Anda. Kami menerima pembelian dalam jumlah besar (bulk buying) untuk kebutuhan kantor, bisnis, maupun industri. Tersedia pengiriman untuk seluruh Indonesia.

Apa saja fungsi lain dari duct tape? Lalu, apa saja jenis dan bagaimana cara memasangnya? Simak artikel berikut hingga tuntas untuk mengetahui lebih lanjut tentang duct tape pipa AC ini.

Apa itu Duct Tape Pipa AC?

Ada berbagai jenis material yang diperlukan ketika memasang AC, misalnya pipa AC, pipa pembuangan atau pipa drain, dan rangkaian kabel yang diperlukan. Selanjutnya, ada pula alat penting yang menjadi pendukungnya, yaitu duct tape pipa AC, sebagian orang juga menyebutnya sebagai lakban AC.

Duct tape merupakan alat yang berfungsi sebagai pembungkus pipa AC.  Pembungkusan ini menjadi penting karena pipa perlu terlindungi dari berbagai efek dingin dan panas dari proses kinerja pipa tersebut nantinya.

Jika dilihat dari prose pembungkusannya, maka perlu dilakukan dengan membentuk diagonal spiral. Duct tape perlu membungkus pipa hingga seluruh bagiannya dapat tertutup dengan rapat.

Fungsi Duct Tape Pipa AC

Fungsi utama dari komponen ini, seperti penjelasan sebelumnya, yaitu sebagai pembungkus pipa AC. Ada berbagai fungsi lanjutan dari hal tersebut, berikut merupakan penjelasan lebih lengkapnya, pastikan Anda mengetahuinya dengan baik supaya bisa memanfaatkannya dengan baik.

1. Memberikan Perlindungan dari Panas

Fungsi pertama dari penggunaan duct tape yaitu untuk memberikan perlindungan dari berbagai energi panas. Perlindungan tersebut dapat berfungsi untuk kabel listrik dan pipa tembaga yang merupakan komponen penting dari sistem AC.

Terik matahari dapat memberikan dampak buruk untuk kabel dan pipa tersebut, sehingga perlu ditangkap dengan semaksimal mungkin. Jika ada panas yang masuk, terlebih dalam jumlah besar, maka fungsi AC dapat menjadi terganggu.

Selain melindungi dari panas, duct tape juga bisa berfungsi sebagai pelindung dari hujan, sehingga komponen akan lebih terjaga dan aman.

2. Mencegah Terjadinya Kondensasi

Jika terdapat air gap atau rongga di antara pipa dan insulasinya, maka kondensasi bisa saja terjadi. Untuk mencegah terjadinya kondensasi tersebut, maka penggunaan duct tape dapat menjadi solusi terbaiknya.

Inilah fungsi duct tape pipa AC yang kedua, yaitu untuk mencegah terjadinya kondensasi.

Dengan menggunakan duct tape, maka dapat mengencangkan bagian insulasinya sehingga dapat melekat dengan lebih kuat. Rongga yang sebelumnya dibahas pun bisa terhindari dengan baik.

3. Mengatasi Kendala Kebocoran

Fungsi duct tape pipa AC yang ketiga yaitu untuk mengatasi ketika ada kendala kebocoran pipa. Umumnya, kebocoran tersebut dapat membuat freon keluar, sehingga berdampak pada risiko bahaya untuk kesehatan orang-orang di sekitar.

Namun, hal penting yang sebaiknya Anda ketahui yaitu tentang sifat dari duct tape ini. Karena hanya merupakan isolasi, maka fungsinya sebagai penahan bocor tidak bisa berlangsung lama atau permanen. 

Hal ini hanya berlaku untuk sementara sehingga Anda tetap perlu mengatasi kebocoran tersebut. Jika terjadi kebocoran yang cukup besar, mungkin saja duct tape bahkan tidak bisa menahannya sama sekali. 

Jadi, perlu diingat bahwa ini hanyalah solusi sementara, bukan solusi utama atau permanen.

4. Memiliki Nilai Estetika

Fungsi berikutnya yaitu terkait aspek estetika. Sebagai pembungkus pipa AC, pipa drain, dan berbagai kabel pendukung, maka duct tape dapat membuat komponen tersebut terlihat lebih rapi.

Tanpa adanya isolasi ini, maka bisa saja berbagai komponen terlihat berantakan dan tidak enak dipandang. Inilah nilai estetika dari penggunaan duct tape, meski terkesan sepele, namun sebenarnya ini juga merupakan hal yang penting.

Jenis Duct Tape Pipa AC

Setelah membaca penjelasan sebelumnya, maka Anda bisa mengetahui berbagai fungsi duct tape pipa AC. Untuk bisa mendukung fungsi yang beragam tersebut, maka ada duct tape bisa terbagi menjadi tiga jenis, yaitu duct tape dengan lem, duct tape tanpa memakai lem, serta duct tape yang berasal dari bahan aluminium.

Berikut merupakan penjelasan dari setiap jenisnya, pastikan Anda tidak salah memilih ketika akan menggunakannya. Anda dapat membeli berbagai jenis duct tape dan lakban lainnya melalui distributor Bangkit Perkasa, hubungi kami untuk pemesanan atau pertanyaan lebih lanjut.

1. Duct Tape dengan Lem

Jenis pertama yaitu duct tape dengan lem yang dapat membantu dalam proses instalasi dari AC, sehingga dapat menjadi lebih cepat selesai dan lebih mudah.

Karena menggunakan bahan lem untuk merekatkan, maka lilitan yang dihasilkan terbilang kuat dan aman. Jenis duct tape yang pertama ini cukup umum digunakan dalam proses instalasi AC, produknya juga mudah ditemukan di pasaran.

2. Duct Tape Tanpa Memakai Lem

Selanjutnya, ada jenis duct tape yang tidak memakai bahan lem perekat. Untuk jenis ini, fungsinya yaitu dalam hal merapikan pipa AC dan komponen pendukung lainnya. Selain itu, bisa juga digunakan untuk mencegah terjadinya kondensasi.

Jika melihat harganya, maka duct tape ini cenderung lebih murah dibanding duct tape dengan lem perekat. Oleh sebab itu, jenis ini umum dipakai untuk berbagai instalasi AC dalam skala rumahan.

3. Duct Tape Aluminium

Jenis terakhir yaitu duct tape yang terbuat dari bahan aluminium. Fungsi duct tape pipa AC aluminium yaitu dapat mencegah masuknya berbagai energi panas ke bagian dalam dari sistem AC. Dengan memastikan panas tersebut tidak masuk, maka Anda bisa lebih menjamin kinerja dan kualitas dari AC.

Jika dilihat dari segi harga, maka jenis aluminium ini cenderung lebih mahal dibandingkan kedua jenis yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Cara Memasang Duct Tape Pipa AC

Untuk memasang duct tape sebenarnya tidak terlalu sulit, yaitu dengan melilitkannya dengan cara diagonal dan spiral. Pasanglah sampai semua bagian terbungkus dengan rapat dan rapi.

Supaya penggunaannya duct tape dapat lebih hemat, maka Anda bisa melilitkannya dengan menimpa separuh dari lilitan yang telah dipasang sebelumnya. Dengan metode pemasangan tersebut, maka lilitan akan tetap rapat dan rapi, namun bisa lebih hemat dalam penggunaannya.

Aspek kerapatan dan kerapian menjadi hal penting dalam memasang duct tape, supaya berbagai fungsinya dapat berjalan dengan baik. Jika dipasang secara asal, maka bisa saja ada bagian yang kurang terbungkus sehingga performanya berkurang.

Baca Juga:

Bangkit Perkasa Distributor Lakban Terlengkap di Indonesia

Berbagai fungsi duct tape pipa AC dan jenisnya bisa Anda manfaatkan untuk menjamin performa dan kualitas dari AC Anda. Jadi, pastikan untuk memilih duct tape dengan merek dan mutu yang terjamin, sehingga dapat berfungsi dengan maksimal, misalnya dengan membeli melalui Distributor ATK Bangkit Perkasa.

Bangkit Perkasa adalah distributor ATK dan Lakban terlengkap di Indonesia yang melayani pengiriman ke seluruh Indonesia untuk kebutuhan toko alat tulis, perusahaan, maupun industrial. Kami juga menyediakan duct tape untuk kebutuhan toko, perusahaan maupun industri.

Kunjungi laman lakban kami untuk melihat beragam jenis lakban yang tersedia guna memenuhi kebutuhan Anda. Pelajari berbagai informasi terkini terkait penggunaan lakban dan alat tulis lainnya melalui laman blog Bangkit Perkasa. Hubungi kami untuk pemesanan maupun kerja sama lainnya melalui laman kontak kami.

Bagikan Artikel: