Ragam Jenis Double Tape Terkuat yang Dapat Anda Gunakan

jenis double tape terkuat beli di Bangkit Perkasa Sukses distributor lakban nasional

Tahukah Anda jika ada beberapa jenis double tape atau pita perekat ganda? Produk yang sangat umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari ini memang sangat bermanfaat. Baik untuk keperluan rumah tangga maupun industri, double tape memiliki peran penting dalam menyatukan dua permukaan dengan kuat. 

Tentu saja, terdapat berbagai jenis perekat dengan karakteristik berbeda-beda. Namun dua jenis yang seringkali menjadi pilihan utama adalah double sided tissue tape dan double foam tape.

Jenis Double Tape: Double Sided Tissue Tape

Double sided tissue tape, atau sering disebut juga sebagai double sided paper tape, merupakan double tape yang perekatnya terletak di kedua sisi permukaannya. Berbeda dengan jenis tape lainnya, tape ini memiliki backing atau pelindung yang terbuat dari kertas atau serat kertas yang lentur.

1. Kelebihan Double Sided Tissue Tape

Jenis perekat ini memiliki sejumlah kelebihan yang membuatnya sangat berguna untuk berbagai aplikasi di berbagai sektor. Antara lain:

2. Ketebalan yang Tipis

Salah satu keunggulan utama dari double sided tissue tape adalah ketebalannya yang relatif tipis. Hal ini membuatnya ideal untuk situasi di mana ketebalan perekat menjadi faktor krusial.

Misalnya saja pada penggunaan kertas, kardus, atau bahan-bahan ringan lainnya. Perekatan yang tipis memastikan hasil akhir yang bersih dan rapi.

3. Fleksibilitas dan Penyesuaian dengan Permukaan

Karena materialnya terbuat dari kertas atau serat kertas yang lentur, double sided tissue tape mampu menyesuaikan diri dengan berbagai bentuk permukaan. 

Fleksibilitas ini sangat bermanfaat dalam situasi di mana permukaan yang akan direkatkan tidak datar atau memiliki kontur yang beragam.

4. Aplikasi yang Beragam

Double sided tissue tape memiliki kegunaan yang sangat beragam. Penggunaannya meliputi perekatan kertas, kardus, plastik, dan bahan ringan lainnya. 

Kelebihan tipisnya membuatnya sering digunakan dalam industri percetakan, packaging, serta dalam berbagai proyek DIY (Do It Yourself) di rumah.

5. Penggunaan dalam Industri

Dalam konteks industri, jenis double tape ini seringkali digunakan dalam pemasangan label, stiker, atau bahan promosi di berbagai produk. Kelebihan ketebalannya yang tipis memungkinkan pemasangan tanpa meninggalkan jejak yang terlalu mencolok. Sehingga terlihat lebih rapi.

6. Kegunaan Double Sided Tissue Tape

Double tape yang satu ini memiliki beragam kegunaan dalam kehidupan sehari-hari. Apa saja itu?

7. Industri Percetakan 

Double sided tissue tape menjadi komponen vital dalam industri percetakan untuk perekatan berbagai jenis kertas, label, dan produk percetakan lainnya. 

Kemampuannya yang fleksibel membuatnya sangat cocok untuk menyatukan berbagai material dalam proses cetak. Sehingga double tape yang satu jadi komponen penting yang harus selalu ada di setiap percetakan.

8. Packaging

Dalam dunia packaging, double sided tissue tape digunakan untuk menempelkan label atau menyatukan bagian-bagian kemasan dengan rapi. Kelebihannya yang tipis dapat lebih efektif dalam merekatkan kemasan. Sehingga banyak digunakan untuk packing berbagai kemasan.

9. Industri Elektronik

Dalam industri elektronik, double sided tissue tape sering digunakan untuk pemasangan komponen ke papan sirkuit atau casing. Kemampuannya menyesuaikan diri dengan permukaan yang berkontur membuat double tape satu ini sangat berguna.

10. Pengerjaan DIY

Di tingkat rumah tangga, double sided tissue tape menjadi teman setia dalam pengerjaan DIY. Mulai dari membuat scrapbook hingga dekorasi rumah. Kelebihannya dalam fleksibilitas dan tipisnya memberikan kemudahan penggunaan.

Sebagai saran, pilihlah double sided tissue tape yang tepat!  Penuhi kesediaan lakban AC di tempat Anda melalui Distributor Alat Kantor dan Lakban Bangkit Perkasa.

Jenis Double Tape: Double Foam Tape

Seperti namanya, double foam tape memiliki backing atau pelindung yang terbuat dari bahan busa atau foam. Jenis perekat ganda ini dikenal dengan ketebalannya yang lebih besar dibandingkan dengan double sided tissue tape

Meski demikian, jenis perekat ini memiliki karakteristik tertentu yang membuatnya sangat berguna untuk berbagai aplikasi. Dalam bagian ini, akan membahas keunggulan utama dan beragam kegunaan double foam tape.

1. Keunggulan Double Foam Tape

Ada beberapa keunggulan yang dimiliki oleh jenis perekat yang satu ini. Antara lain adalah sebagai berikut:

2. Ketebalan dan Elastisitas

Salah satu keunggulan utama dari double foam tape adalah ketebalan backing-nya yang lebih besar dibandingkan dengan jenis perekat lainnya.

Ketebalan ini memberikan jarak antara permukaan yang lebih besar. Sehingga dapat menutupi ketidakrataan dan tekstur pada permukaan yang akan direkatkan. Kemampuan backing berupa busa memberikan elastisitas, yang dapat menyesuaikan diri dengan kontur permukaan tidak rata.

3. Perekatan yang Kuat pada Permukaan yang Tidak Rata

Karena sifat elastis dan ketebalannya, double foam tape sangat efektif dalam menutupi permukaan yang tidak rata atau memiliki kontur. Meski demikian, perekat ini memiliki kekuatan untuk menempelkan berbagai material. Seperti dalam pemasangan panel dinding atau aplikasi dekoratif interior.

4. Peredaman Getaran dan Suara

Karakteristik busa pada double foam tape membuatnya efektif dalam meredam getaran dan suara. Oleh karena itu, jenis perekat ini sering digunakan dalam industri otomotif. Khususnya dalam pemasangan trim interior atau aksesoris yang dapat mengurangi suara dan getaran.

5. Daya Tahan Terhadap Suhu dan Kelembapan

Beberapa varian double foam tape memiliki daya tahan yang baik terhadap suhu ekstrem dan kelembaban. Ini menjadikannya pilihan yang cocok untuk aplikasi di luar ruangan atau di lingkungan dengan kondisi suhu dan kelembaban yang tidak stabil.

6. Kegunaan Double Foam Tape

Dilihat dari kelebihannya, ada beberapa kegunaan yang bisa Anda temukan saat memakai jenis double tape berikut ini. Antara lain:

7. Pemasangan Panel Dinding

Double foam tape sering digunakan dalam pemasangan panel dinding. Terutama panel dekoratif yang dapat memberikan tampilan yang estetik. Kemampuannya menyesuaikan diri dengan permukaan yang tidak rata membuatnya lebih efektif daripada jenis double tape lainnya.

8. Aplikasi Dekoratif Interior

Dalam penggunaan dekorasi interior, double foam tape menjadi pilihan yang populer untuk pemasangan aksesori dekoratif. Seperti rak, kaca dekoratif, dan panel hias. Kemampuannya meredam getaran dan suara membuatnya sangat cocok untuk mengaplikasikan ini.

9. Industri Otomotif

Double foam tape sering digunakan dalam industri otomotif untuk pemasangan trim interior, emblem, dan aksesori lainnya. Sebab, perekat ini memiliki kekuatan yang dapat menyesuaikan untuk industri otomotif. Tak heran jika beberapa salon kendaraan memiliki double tape satu ini.

10. Konstruksi Bangunan

Dalam industri konstruksi, double foam tape digunakan untuk menyatukan material bangunan seperti aluminium, logam, dan plastik. Kemampuan menangani perubahan suhu dan ketahanannya terhadap kelembaban membuatnya cocok untuk aplikasi di berbagai kondisi lingkungan.

Baik double sided tissue tape atau double foam tape, memiliki berbagai manfaat dan kelebihan masing-masing. Anda hanya perlu menyesuaikan pemakaiannya sesuai dengan kebutuhan. Pastikan tidak salah memilih supaya perekatan terhadap barang jadi lebih baik.

Selain itu, Anda juga harus memiliki jenis double tape dengan kualitas prima. Caranya dengan memilih double tape di distributor lakban nasional yaitu Bangkit Perkasa. Kami menyediakan double foam tape dan double sided tissue tape berkualitas. Hubungi kami untuk pemesanan dan kerja sama.

Pelajari beragam produk alat tulis dan lakban melalui laman produk Bangkit Perkasa. Anda juga dapat mempelajari ragam informasi terkini seputar lakban dan alat tulis melalui laman blog Bangkit Perkasa.

Bagikan Artikel: