Cara Menghilangkan Bekas Double Tape dengan Mudah

cara menghilangkan bekas double tape gunakan produk Bangkit Perkasa Sukses distributor atk nasional

Double tape memang praktis untuk berbagai keperluan, namun residunya bisa sangat mengganggu. Tapi, jangan khawatir. Ada 9 cara menghilangkan bekas double tape yang bisa Anda terapkan.

Bekas dari perekat ini tidak hanya menimbulkan noda, tapi bisa juga merusak cat dan finishing. Maka dari itu, simak setiap caranya agar tidak ada kerusakan lebih lanjut pada permukaan dinding, kaca, perabotan, atau tempat lainnya!

9 Cara Menghilangkan Bekas Double Tape dengan Mudah

Ikuti cara mudah di bawah ini untuk menjaga permukaan tetap bersih dan bebas dari kerusakan.

1. Pakai Air Panas

Cara menghilangkan bekas double tape yang pertama adalah dengan memakai air panas. Panas dari air akan melemahkan perekat, membuatnya lebih mudah untuk diangkat. 

Pertama, siapkan air panas (bukan mendidih) dan kain bersih. Rendam kain, lalu peras hingga tidak ada air yang menetes. Tempelkan kain ini pada area yang terdapat bekas double tape, seperti kaca atau keramik.

Biarkan selama beberapa menit agar panasnya meresap dan melemahkan perekat. Setelah itu, Anda bisa mencoba mengelupas sisa tape dengan lembut. Jika masih ada residu yang tersisa, ulangi proses ini beberapa kali.

2. Pakai Alkohol

Alkohol gosok dapat melarutkan banyak jenis perekat dengan cepat. Alkohol ini juga aman digunakan pada banyak permukaan, seperti kaca, keramik, dan beberapa jenis plastik. 

Pertama, tuangkan sedikit alkohol gosok ke dalam kapas atau kain bersih. Kemudian, tepuk-tepuk atau gosok lembut area yang terdapat residu double tape

Biarkan alkohol meresap selama beberapa menit untuk melunakkan perekat. Setelah itu, Anda bisa mengelupas residu yang telah melunak dengan lebih mudah.

Namun, hati-hati saat menggunakannya pada permukaan yang sensitif terhadap alkohol, seperti beberapa jenis cat atau plastik.

Jika Anda memerlukan double tape yang minim meninggalkan bekas, Anda bisa mengunjungi Distributor ATK dan Lakban Bangkit Perkasa. Ada berbagai pilihan double tape nachi yang tersedia.

3. Gosok atau Tarik dengan Pisau Dempul

Pisau dempul memiliki tepi yang datar dan lebar, ideal untuk menggosok atau menarik residu tape tanpa merusak permukaan. Caranya, gunakan ujung pisau untuk mengangkat sedikit bagian dari residu tape. 

Kemudian, gosok atau tarik residu tersebut menggunakan bagian datar dari pisau. Lakukan ini dengan gerakan yang stabil dan perlahan untuk menghindari goresan.

Jika residu tape cukup keras, Anda bisa mengaplikasikan sedikit minyak atau alkohol pada area tersebut sebelum menggosoknya dengan pisau dempul.

4. Pakai Hair Dryer

Panas yang dihasilkan oleh hair dryer atau pengering rambut dapat melemahkan perekat tape, terutama pada permukaan seperti kayu dan plastik. Namun, usahakan panas yang dihasilkan tidak berlebihan.

Untuk memulai, nyalakan pengering rambut Anda pada pengaturan panas yang sedang. Arahkan aliran udara panas ke area yang terdapat residu double tape, jaga jarak sekitar 15-20 cm agar tidak merusak permukaan. 

Biarkan udara panas mengenai area tersebut selama beberapa menit. Panas akan membuat perekat menjadi lebih lunak. Lalu, gunakan ujung jari atau alat pengelupas seperti spatula plastik untuk mengangkat residu tersebut. 

5. Pakai Campuran Air, Sabun, dan Cuka

Cara menghilangkan bekas double tape selanjutnya menggunakan campuran air, sabun, dan cuka. Untuk membuat larutan ini, campurkan cuka dengan air hangat (rasio 1:2), lalu tambahkan beberapa tetes sabun cuci piring. Aduk campuran ini hingga tercampur rata. 

Selanjutnya, rendam kain atau spons dalam larutan tersebut dan aplikasikan pada area yang terdapat residu double tape. Biarkan selama beberapa menit agar campuran meresap dan melunakkan perekat. 

Setelah itu, gosok perlahan dengan spons atau kain. Campuran ini efektif karena cuka membantu melarutkan residu, sementara sabun membantu mengangkatnya dari permukaan. 

6. Pakai Campuran Sabun Deterjen dan Soda Kue

Kombinasi sabun deterjen dan soda kue bisa menjadi solusi ampuh sebagai cara menghilangkan bekas double tape, khususnya untuk permukaan plastik, kayu, atau logam.

Untuk membuat larutan ini, campurkan tiga sendok makan soda kue dengan satu sendok makan sabun deterjen cair dalam mangkuk. Anda perlu menambahkan secukupnya air hangat untuk membuat pasta dari campuran.

Aplikasikan pasta ini pada area yang terdapat residu double tape dan biarkan selama 10-15 menit. Soda kue akan bekerja melunakkan perekat, sementara sabun membantu mengangkat residu dari permukaan. 

Setelah itu, gunakan kain atau spons untuk menggosok residu tersebut secara perlahan agar tidak menimbulkan goresan.

7. Pakai Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih memiliki sifat pelarut yang dapat melemahkan perekat. Untuk menggunakannya, teteskan minyak kayu putih pada kain bersih atau kapas. Kemudian, tepuk-tepuk atau gosok lembut pada area yang terdapat residu. 

Biarkan minyak tersebut meresap selama beberapa menit. Setelah residu cukup lunak, Anda dapat mengelupas atau menggosoknya perlahan. 

Minyak kayu putih aman digunakan pada kebanyakan permukaan, termasuk plastik dan logam, tetapi sebaiknya dihindari pada permukaan yang mudah terkena noda.

8. Pakai Benang Tipis

Cara menghilangkan bekas double tape kedelapan ini efektif untuk mengangkat residunya tanpa merusak permukaan. Anda cukup ambil sepotong benang yang cukup panjang dan kuat, seperti benang jahit. 

Letakkan benang di bawah salah satu ujung residu tape dan pegang kedua ujung benang dengan kedua tangan. Dengan hati-hati, geser benang ke depan dan belakang, seperti sedang menggergaji, di bawah residu tape. 

9. Pakai Magic Eraser

Magic eraser adalah alat pembersih serbaguna dan efektif untuk menghilangkan noda dan residu tanpa menggunakan bahan kimia tambahan. Sebab, eraser terbuat dari melamin foam yang memiliki struktur mikro-abrasif.

Basahi magic eraser dengan air, peras hingga lembab, lalu gosokkan pada area yang terdapat residu double tape. Tekanan yang lembut namun konsisten akan mengangkat residu dari permukaan. 

Magic Eraser sangat efektif pada permukaan seperti dinding yang dicat, kayu, dan plastik. Namun, gunakan dengan hati-hati pada permukaan yang halus atau mengkilap, karena bisa menyebabkan goresan halus.

Butuh Double Tape? Temukan Produk Perekat Terbaik dari Bangkit Perkasa 

Setelah mempelajari berbagai cara menghilangkan bekas double tape, penting juga untuk memilih double tape berkualitas tinggi yang minim residu dan mudah diaplikasikan! Bangkit Perkasa menyediakan dua produk unggulan:

1. Double Tape Nachi

Double Tape Nachi ideal untuk berbagai aplikasi di rumah tangga, fotografi, alat tulis, dan banyak lagi. Ukurannya juga bervariasi (12 mm, 24 mm, dan 48 mm).

Kemampuan perekat pada dua sisinya sangat kuat, memastikan bahwa segala sesuatu tetap pada tempatnya tanpa meninggalkan residu yang sulit dibersihkan. Sangat cocok untuk keperluan sehari-hari!

Baca Juga: Ragam Jenis Double Tape Terkuat yang Dapat Anda Gunakan

2. Double Foam Tape Nachi

Untuk kebutuhan yang lebih spesifik, seperti memasang papan nama, plat nama, pengait, atau kabel trunking, Double Foam Tape Nachi adalah jawabannya. 

Tape ini memiliki ukuran 24 mm dan dirancang dengan busa dua sisi yang memberikan daya rekat ekstra serta kemampuan menyerap getaran, namun tetap aman untuk permukaan!

Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut ragam produk double tape Bangkit Perkasa Sukses? Anda bisa mengunjungi laman adhesive tape Bangkit Perkasa Sukses. Jika Anda memiliki pertanyaan atau ingin melakukan pemesanan, jangan ragu untuk menghubungi kami sekarang juga.

Bangkit Perkasa Sukses merupakan distributor lakban yang menerima pembelian lakban dalam jumlah besar untuk kebutuhan bisnis maupun pemakaian pribadi pada pabrik atau instansi. Kunjungi laman produk Bangkit Perkasa untuk melihat ragam produk yang tersedia, dan pelajari informasi terkini seputar kebutuhan alat tulis dan lakban melalui laman blog Bangkit Perkasa

Bagikan Artikel:
Artikel Terkait