Ketahui 5 Fungsi Isolasi Listrik dan Pilihan Warnanya

Fungsi Isolasi Listrik BPS

Fungsi isolasi listrik atau electrical tape harus Anda ketahui, agar tidak salah dalam mengaplikasikannya. Apalagi ternyata tiap warna pada isolasi listrik punya fungsi yang berbeda. Isolasi listrik berguna untuk pemasangan dan perekatan bahan-bahan kabel atau instalasi listrik lainnya. 

Bahan pembuatan isolasi listrik adalah Polyvinyl Chloride atau PVC dan Polyester yang mengandung lem karet solvent. Biasanya isolasi listrik memiliki daya akan hantaran listrik sampai 600. Untuk kemampuan rekatnya pun juga tinggi.

Jika Anda membutuhkan isolasi listrik untuk berbagai kebutuhan, Bangkit Perkasa.com merupakan pilihan terbaik. Bangkit Perkasa merupakan distributor ATK dan lakban yang menyediakan beragam jenis lakban untuk kebutuhan kantor, bisnis, maupun industri. Kami menerima pembelian dalam jumlah besar (bulk buying).

Pelajari selengkapnya fungsi isolasi listrik melalui artikel berikut ini.

Fungsi Isolasi Listrik

Selain untuk menyambungkan kabel listrik agar lebih aman, isolasi listrik juga memiliki fungsi lain yang mungkin tidak Anda sadari. Isolasi listrik dapat digunakan untuk mengisolasi kabel-kabel di rumah, gedung, pabrik, kantor, dan segala bangunan lain yang memiliki jaringan listrik. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari isolasi listrik yang harus Anda ketahui:

1. Mencegah Korsleting Sambungan Kabel

Ketika melakukan penyambungan kabel, akan rentan mengalami korsleting ketika terjadi sentuhan pada sambungannya. Jika Anda membungkus sambungan dengan isolasi listrik tentu kejadian korsleting dapat dicegah.

2. Fungsi Isolasi Listrik yang Menyerap Air

Terkadang ada saja basahan air yang mengenai sambungan kabel, entah itu bersumber dari air hujan atau lainnya. Untuk meminimalisir adanya korsleting, kabel bisa dibungkus dengan isolasi. Apalagi bahan isolasi listrik ini cenderung menyerap air, jadi memberikan rasa lebih aman.

3. Mencegah Percikan

Ketika Anda menyambungkan satu kabel dengan yang lainnya dan saat menyambung tidak rapat sempurna, maka bisa menimbulkan percikan api serta tegangan yang tidak stabil. Jika Anda menggunakan isolasi listrik maka bisa mencegah dan mengurangi resiko munculnya percikan api.

4. Mencegah Sengatan Arus Listrik

Sengatan arus listrik dapat terjadi ketika Anda sedang menyambungkan kabel listrik, jadi agar tidak melukai kulit Anda bisa menggunakan selubung kabel berupa isolasi listrik. Agar lebih aman saat disentuh dengan tangan.

5. Aman dari Jangkauan Anak

Dengan membalut sambungan listrik dengan isolasi akan membuatnya jadi lebih aman. Apalagi jika di rumah Anda terdapat banyak anak-anak, maka isolasi listrik bisa mencegah kejadian berbahaya.

Warna Isolasi Listrik

Tahukah Anda bahwa isolasi listrik tidak hanya tersedia dalam warna hitam saja, namun juga berbagai macam warna. Dibedakan berdasarkan warna seperti itu tidak cuma untuk tampilan yang indah saja. Tapi juga sebagai penanda untuk perbedaan kemampuan masing-masing isolasi. 

Fungsi isolasi listrik berwarna yakni sebagai penanda fasa listrik di tegangan Alternating Current atau arus bolak balik pada listrik PLN. Untuk pemakaiannya, balut instalasi listrik dengan isolasi hitam terlebih dahulu, baru kemudian ditimpa dengan isolasi yang berwarna. Agar lebih jelas, berikut adalah masing-masing fungsi dari isolasi listrik berwarna:

  • Isolasi warna hitam: untuk membungkus tegangan rendah fasa B
  • Isolasi warna merah: kabel 415V 3 fasa
  • Isolasi warna biru: kabel tegangan rendah dan netral, 230 V
  • Isolasi warna coklat: tegangan rendah, fasa A
  • Isolasi warna oranye: kabel, peralatan kebun
  • Isolasi warna kuning: kabel, 110 V
  • Isolasi warna abu-abu: tegangan rendah, fasa C

Berbicara mengenai isolasi listrik yang berkualitas, biasanya isolasi ini memiliki bentuk seperti roll telescoping, perekatnya stabil, kering dan rapi gulungannya. Lem juga tidak transfer ketika isolasi ditarik, keadaannya juga harus rata dan tidak memiliki tonjolan atau retakan saat diaplikasikan. Anda dapat memperoleh isolasi listrik bermutu di distributor ATK terpercaya.

Beli Isolasi Listrik dari Bangkit Perkasa Sukses

Setelah mengetahui fungsi isolasi listrik, kini saatnya mendapatkan rekomendasi produk terbaik yang dapat Anda gunakan. Sebagai isolasi yang harus tahan panas dan menyelubungi material berbahan listrik, jangan sampai salah pilih. 

Sebaiknya memang memilih produk isolasi dengan kualitas yang tidak main-main. Berikut ini adalah rekomendasi produk isolasi listrik dari PT Bangkit Perkasa Sukses:

1. Nachi Tape

Produk isolasi listrik Nachi Tape bisa dipakai sebagai perekat dalam perbaikan kabel. Isolasi listrik Nachi Tape sudah tersedia dalam berbagai kode warna dan telah memiliki perizinan Underwriters Laboratories. 

Produk isolasi ini sudah mengantongi sertifikat keselamatan dari Nationally Recognized Testing Laboratory (NRTL) dan Electro Technical Laboratory (ETL) untuk perangkat elektronik.

2. Goldtape 

Rekomendasi lainnya dari Bangkit Perkasa Sukses adalah produk isolasi listrik dari Goldtape. Untuk variasi warnanya tersedia dari warna hitam, merah, kuning, hijau, sampai biru. 

Isolasi listrik ini berbahan vinyl dengan kemampuan perekatan yang kuat serta mampu menahan arus tegangan listrik. Sangat cocok dipakai untuk sambung dan selubung kabel.

Dapatkan produk isolasi listrik kualitas terbaik seperti Nachi Tape dan Goldtape di PT Bangkit Perkasa Sukses (BPS), distributor isolasi atau adhesive tape terbaik yang telah eksis sejak 1994! 

Selain menyediakan produk dengan fungsi isolasi listrik terbaik, kami siap bekerja sama dengan Anda untuk menyuplai kebutuhan ATK. Dapatkan detail informasi produk BPS di sini. Anda juga bisa langsung terhubung dengan layanan konsumen kami di sini!

Baca informasi lainnya seputar alat tulis kantor dan lakban di sini. PT Bangkit Perkasa Sukses merupakan distributor alat tulis kantor (ATK) dan lakban yang hadir dengan produk berkualitas tinggi dan terjamin. Membutuhkan informasi lebih lanjut tentang PT Bangkit Perkasa Sukses (BPS)? Hubungi kami di sini.

Bagikan Artikel: