Menggunakan Masking Tape untuk Melukis Sepatu DIY Anda

Masking Tape untuk Melukis BPS

Tertarik untuk melukis sepatu DIY? Berkreasi menggunakan sepatu hanya membutuhkan beberapa alat dan semuanya mudah didapatkan. Mulai dari kuas, cat akrilik, dan masking tape untuk melukis. 

Sedangkan desain gambarnya bisa Anda buat sendiri atau mencari referensinya di internet. Sesuaikan desain gambar pada sepatu dengan selera fashion Anda. Bila sepatu tersebut Anda buat untuk hadiah seseorang, cari tahu apa kesukaan dari orang tersebut.

Ingin mengetahui lebih lanjut tentang masking tape? Berikut ini merupakan artikel yang membahas tentang Sejarah dan Fungsi Masking Tape. Anda bisa mengetahui informasi tentang cerita di belakang masking tape.

Peralatan yang Dibutuhkan

Ubah tampilan sepatu (sneaker) jadi lebih menarik dengan melukisnya sendiri di rumah. Sepatu tersebut akan menjadi barang yang eksklusif, karena tidak ada lagi orang yang memiliki desain gambar yang sama. 

Peralatan untuk melukis sepatu sangat mudah. Berikut ini alat-alat yang perlu Anda persiapkan:

1. Pensil dan Penghapus

Persiapkan pensil dan penghapus untuk menggambar sketsa awal pada sepatu. Kami merekomendasikan pensil Lumograph HB Staedtler yang memiliki goresan pensil mudah dihapus serta kualtas kayu dan mata pensil jauh lebih berkualitas dibanding pensil lain. 

2. Cat Akrilik

Sebaiknya gunakan cat akrilik angelus, yang khusus untuk membuat sepatu lukis. Pilih warna sesuai dengan selera dan rencana desain.

3. Kuas Lukis

Sesuaikan dengan kebutuhan Anda, karena ukuran kuas lukis bervariasi. Namun sebaiknya, siapkan kuas besar untuk mengecat warna dasar. Serta kuas kecil untuk melukis. 

Untuk melukis Anda membutuhkan media lukis tentunya. Gunakan buku gambar Sidu A4 yang memiliki kualitas kertas tidak mudah robek dan juga tebal. Siap untuk ditorehkan kuas berkali-kali. 

4. Spidol

Gunakan spidol untuk menebalkan sketsa. Pilih spidol dengan ujung lancip agar lebih mudah. Anda bisa menggunakan Artline Pencil Marker, Artline Paint Marker, atau Zebra Paint Marker. Kunjungi halaman produk BPS untuk temukan spidol yang sesuai!

5. Varnish

Ini adalah cat pelapis tidak berwarna atau bening. Anda bisa mengaplikasikan varnish setelah selesai melukis dan cat pada sepatu sudah mengering.

6. Masking Tape

Produk ini digunakan untuk menutup bagian sepatu agar tidak terkena cat saat Anda melukis. Gunakan masking tape untuk melukis dari Nachi tape yang akan menjaga agar warna cat tidak rembes! Karena berbahan dasar kertas, masking tape bisa dilepas dengan mudah tanpa mengelupas cat. 

Cara Melukis Sepatu dengan Masking Tape

Setelah semua bahan sudah siap, saatnya Anda untuk mulai melukis sepatu. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Padatkan Bagian dalam Sepatu

Padatkan bagian dalam sepatu menggunakan kertas atau koran bekas. Ini bertujuan agar bentuk sepatu tidak berubah dan permukaanya lebih rata. Dengan memadatkan bagian dalam sepatu, Anda bisa melukis sepatu dengan nyaman dan rapi.  

2. Buat Sketsa

Sebelum mulai melukis, buat rancangan desain di atas kertas. Kemudian mulai gambar sketsanya pada sepatu. Gunakan pensil agar lebih mudah dihapus. Jika sudah selesai Anda bisa menebalkan sketsa dengan spidol.

3. Gunakan Masking Tape untuk Bagian yang Beda Warna

Kemudian mulai tutupi bagian sepatu yang akan diberi warna berbeda dengan masking tape untuk melukis. Agar cat tidak tumpah kemana-mana. Gunting masking tape untuk menyesuaikan dengan lebar area yang akan ditutup. 

4. Lukis dengan Teliti

Setelah itu, lukis sepatu dengan teliti. Mulai dengan bagian sepatu yang tidak ditutupi masking tape. Beri warna sesuai desain yang sudah dibuat sebelumnya. 

5. Tunggu Cat Kering Sebelum Melepaskan Masking Tape

Setelah semua bagian sepatu yang terbuka diberi warna, selanjutnya adalah melukis bagian yang tertutup masking tape. Tapi Anda harus menunggu cat kering baru melepas selotip. 

Supaya lebih rapi, Anda bisa menggunakan cutter untuk memberi sedikit goresan di sepanjang tepi masking tape.

6. Ulangi Hingga Seluruh Bagian Terlukis dengan Rapi

Selanjutnya lukis bagian sepatu yang sudah terlepas dari masking tape. Terus lakukan hingga semua bagian sepatu berhasil terlukis dengan rapi. 

Langkah-langkah membuat sepatu DIY ini bisa Anda praktikan sendiri di rumah. Tidak hanya keren untuk dikenakan sendiri, sepatu lukis DIY bahkan bisa jadi peluang bisnis yang menjanjikan. 

Sedang mencari rekomendasi masking tape yang berkualitas? Gunakan Lakban Kertas Nachi, Berkualitas dan Terpercaya. Kebutuhan peralatan seperti masking tape untuk melukis, pensil, spidol, dan jenis ATK lainnya, bisa Anda pesan di PT Bangkit Perkasa Sukses (BPS), distributor lakban dan ATK berbagai merk ternama Indonesia. 

Hubungi kami melalui halaman kontak untuk informasi selengkapnya dan klik tautan ini untuk ketahui produk-produk BPS!

Baca informasi lainnya seputar alat tulis kantor dan lakban di sini. PT Bangkit Perkasa Sukses merupakan distributor alat tulis kantor (ATK) dan lakban yang hadir dengan produk berkualitas tinggi dan terjamin. Membutuhkan informasi lebih lanjut tentang PT Bangkit Perkasa Sukses (BPS)? Hubungi kami di sini.

Bagikan Artikel: