Perbedaan Lakban, Selotip dan Isolasi

lakban putih bps ditributor alat tulis kantor

Lakban adalah satu dari tiga jenis perekat yang sering digunakan dalam berbagai aplikasi, baik di rumah maupun di tempat kerja. Selotip dan isolasi adalah dua jenis lainnya.

Meskipun mereka semua terlihat sama pada pandangan pertama, masing-masing memiliki perbedaan dalam fungsi dan aplikasi mereka. Memahami perbedaan ini akan membantu Anda memilih alat yang tepat untuk setiap tugas dan meningkatkan efisiensi pekerjaan Anda.

Apa itu Lakban?

Lakban adalah jenis pita perekat yang digunakan secara luas dalam berbagai aplikasi, terutama dalam proses pengepakan dan pengiriman barang. Material yang digunakan dalam pembuatan lakban biasanya kuat dan tahan lama, mampu menahan tekanan dan suhu tinggi.

Berdasarkan bahan dan fungsinya, lakban dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Lakban kertas, misalnya, biasanya digunakan dalam industri dan pengiriman karena kekuatan dan daya tahannya.

Lakban plastik adalah pilihan yang bagus untuk kebutuhan sehari-hari karena fleksibilitas dan kemudahan penggunaannya. Sedangkan lakban kraft, yang biasanya lebih tebal dan kuat, biasanya digunakan untuk tugas-tugas berat seperti pengiriman barang berat.

Apa itu Selotip?

Selotip adalah pita perekat yang biasanya lebih kecil dan lebih tipis dibandingkan dengan lakban. Material dasar selotip biasanya terbuat dari plastik, dengan satu sisi dilapisi dengan lem. Selotip banyak digunakan dalam berbagai aktivitas sehari-hari. Selotip berasal dari bahasa inggris ‘seal tape’.

Misalnya, dalam pengikatan barang-barang kecil, menutup kantong plastik, atau bahkan sebagai alat bantu dalam proyek kerajinan tangan atau DIY (Do It Yourself). Selotip tersedia dalam berbagai ukuran dan warna, memberikan pengguna fleksibilitas dalam penggunaannya.

Apa itu Isolasi?

Sedangkan isolasi adalah jenis pita perekat khusus yang fungsinya untuk merekatkan sesuatu sebagai media pengurung. Isolasi adalah nama lain dari selotip, sering juga disebut duct tape. Sama seperti selotip, Isolasi dapat digunakan untuk segala macam media. Khusus untuk pengerjaan tertentu seperti kelistrikan atau kebocoran, tentu jenis isolasi yang digunakan juga berbeda.

Perbedaan antara Lakban, Selotip, dan Isolasi

Meskipun lakban, selotip, dan isolasi memiliki fungsi yang serupa yaitu menempel dan mengikat, masing-masing memiliki kegunaan khusus berdasarkan material dan sifat perekatnya.

Penggunaan lakban adalah cara yang praktis dan efisien untuk menggabungkan dua atau lebih benda secara rapat dan aman. Lakban juga biasanya lebih kuat dan tahan lama, cocok untuk kebutuhan pengemasan dan pengiriman.

Selotip lebih tipis dan transparan, sangat sesuai untuk pekerjaan kantor dan tugas sehari-har, sama seperti isolasii.

Baca Juga: Alat Tulis Wajib yang Harus Dijual oleh Supplier ATK

BPS Solusi Adhesive Tape Berkualitas

Untuk memenuhi kebutuhan lakban, selotip, dan isolasi Anda, distributor ATK PT Bangkit Perkasa (BPS) menawarkan berbagai produk berkualitas. PT BPS siap menyediakan berbagai variasi lakban, selotip, dan isolasi dalam berbagai ukuran yang Anda butuhkan.

Dalam industri pengemasan, selotip, isolasi, dan lakban adalah solusi yang efektif untuk menutup dan melindungi kemasan produk.

Jika Anda memerlukan layanan pengiriman, PT BPS juga dapat mengantarkan produk-produk ini ke seluruh pelosok Nusantara, sehingga kebutuhan Anda dapat dengan mudah terpenuhi.

Selain menyediakan berbagai pilihan lakban, selotip, dan isolasi, Anda juga dapat melihat produk ATK lainnya di laman produk PT Bangkit Perkasa Sukses. 

Hubungi kami melalui halaman hubungi kami jika Anda berminat untuk melakukan kerja sama atau memiliki pertanyaan terkait pembelian. Tim kami siap membantu dan memberikan informasi yang Anda butuhkan.

Bagikan Artikel: