Perbedaan Washi Tape dan Masking Tape serta Pointer Tape

perbedaan washi tape dan masking tape serta pointer tape Bangkit Perkasa Sukses distributor lakban seindonesia

Ada berbagai jenis lakban atau tape yang bisa Anda temukan ketika berkunjung ke toko alat tulis, sesuai dengan fungsinya masing-masing. Sebenarnya, apa perbedaan washi tape dan masking tape serta pointer tape? Simak artikel ini hingga tuntas untuk menemukan perbedaan dari ketika lakban tersebut!

Jika Anda membutuhkan berbagai jenis lakban, maka Bangkit Perkasa merupakan distributor lakban terlengkap di Indonesia yang dapat Anda  pilih. Tersedia berbagai kebutuhan untuk kantor dan industri, salah satunya yaitu masking tape. Kami menerima pembelian dalam jumlah besar (bulk buying).

Apa itu Washi Tape

Washi tape adalah salah satu jenis lakban yang berbentuk gulungan pita fleksibel. Umumnya, lakban yang satu ini terbuat dari kertas asal Jepang yang bernama washi, sesuai dengan namanya. Ada berbagai desain dan tekstur dari kertas tersebut, sehingga variasi tekstur washi tape juga cukup banyak.

Jika bicara soal desain, maka washi tape sekilas mirip dengan kertas kado yang sangat bervariasi. Hal ini tentunya membuat banyak orang yang ingin memanfaatkannya untuk berbagai keperluan, baik dari segi estetika maupun fungsional.

  • Kegunaan

Washi tape dapat merupakan isolasi yang dapat digunakan untuk mendesain atau mempercantik berbagai jenis barang. Karena penggunaannya cukup mudah, hanya perlu ditempelkan saja, maka ini dapat menjadi pilihan yang menarik untuk berbagai macam dekorasi.

Anda bisa memanfaatkannya untuk menghias berbagai hal, misalnya tatakan gelas, kabel charger, pulpen atau pensil, pigura foto, dan sebagainya. Karena memiliki berbagai jenis motif, Anda bisa memadukannya dengan barang yang akan dihias.

Berbagai jenis kerajinan tangan dapat memanfaatkan solasi yang cantik dan praktis ini. Selain sebagai dekorasi, dapat juga dipakai sebagai penanda, misalnya untuk penanda kabel.

Selanjutnya, dapat pula digunakan untuk berbagai keperluan sekolah, misalnya ketika akan menandai halaman buku atau mempercantik buku catatan. Dengan catatan yang cantik, maka dapat membuat belajar jadi lebih bersemangat.

Meski memiliki berbagai penggunaan yang sama dengan masking tape, namun jika dilihat dari segi desain, maka terlihat bahwa ada perbedaan washi tape dan masking tape.

  • Cara Pengaplikasian

Lakban atau solasi yang satu ini cukup mudah dalam pengaplikasiannya. Anda cukup merobek washi tape dengan cukup mudah, bahkan bisa dengan menggunakan tangan saja. Namun, jika ingin lebih rapi, maka bisa menggunakan gunting atau cutter.

Selanjutnya, Anda bisa menempelkannya ke berbagai jenis permukaan yang diinginkan. Jika akan mendesain atau menghias sesuatu, maka sebaiknya Anda perhatikan dan pilih dengan baik variasinya. Anda bisa menggunakan satu jenis desain maupun beberapa desain dalam satu waktu.

Apa itu Masking Tape

Lakban atau solasi jenis kedua yang akan dibahas kali ini yaitu masking tape. Di Indonesia, masking tape ini dikenal dengan berbagai nama lainnya, misalnya lakban kertas, isolasi kertas, dan pita perekat.

Masking tape merupakan salah satu jenis bahan pelapis yang umum dipakai untuk penyegelan atau pengecatan. Ada berbagai tipe masking tape yang bisa Anda pilih, misalnya yang lebih tahan panas, atau yang lebih mudah dipakai untuk berbagai jenis lekukan.

Jika dilihat dari tampilannya, maka perbedaan washi tape dan masking tape terletak pada variasi desainnya. Washi tape memiliki berbagai macam desain yang lebih bervariasi, mirip seperti kertas kado.

Selanjutnya, masking tape tidak memiliki desain yang beraneka ragam, hanya menyediakan pilihan warna dan ukuran. Jika membutuhkan produk masking tape, Bangkit Perkasa sebagai distributor lakban selalu dapat menjadi solusi untuk Anda. 

Hubungi kami untuk pemesanan atau berbagai pertanyaan lebih lanjut terkait berbagai jenis lakban. Tapi sebelum itu pahami informasinya:

  • Kegunaan

Fungsi utama dari masking tape dapat terlihat ketika proses pengecatan, yaitu untuk menutupi area lain yang tidak akan dicat, sehingga nantinya tidak akan terkena atau ternodai oleh cat.

Selain itu, karena pengaplikasiannya mudah, masking tape juga banyak digunakan untuk berbagai macam keperluan. 

Misalnya ketika akan membungkus kado, menandai kabel, memasang balon atau pita, merapikan barang-barang sesuai dengan jenisnya, hingga menopang tanaman supaya dapat merambat ke tempat yang diinginkan.

Melihat dari segi fungsinya, ada kecenderungan perbedaan washi tape dan masking tape. Untuk washi tape, cenderung dipakai dalam hal berbau seni dan dekorasi. Sedangkan masking tape untuk merapikan, merekatkan, menandai sesuatu, dan  pelengkap dekorasi.

  • Cara Pengaplikasian

Solasi jenis ini bisa dibilang mudah untuk dipasang dan dilepas. Dalam hal pengecatan, Anda bisa menggunakan masking tape untuk menutupi berbagai area yang tidak ingin terkena cat. 

Pasanglah dengan rapi di seluruh area yang dingin dilindungi, sesuai dengan konsep yang diinginkan untuk pengecatan. Setelah selesai, maka Anda bisa membuka kembali masking tape dan memastikan bahwa tidak ada noda cat di area tersebut.

Untuk berbagai fungsi lain, Anda juga bisa mengaplikasikannya dengan mudah, hanya tinggal memotongnya sesuai dengan kebutuhan, lalu meletakkannya di tempat-tempat yang diinginkan. 

Jika sudah tidak terpakai, maka Anda bisa langsung melepaskannya dengan mudah. Meski terdapat perbedaan washi tape dan masking tape, namun untuk berbagai penggunaannya tetap sama.

Apa itu Pointer Tape

Setelah membahas mengenai washi tape dan masking tape, maka selanjutnya akan dibahas juga tentang pointer tape. Mirip dengan masking tape, isolasi jenis ini juga dapat membantu Anda dalam proses pengecatan.

Pointer tape memiliki permukaan yang anti air yang dapat membuatnya tetap berkualitas dan tidak mudah berkerut ketika digunakan dalam membantu proses pengecatan pengecatan.

Untuk warnanya, yang secara umum mudah ditemui yaitu warna hijau dan biru. Warna tersebut bisa dibilang lebih menonjol dibandingkan dengan masking tape, sehingga lebih mudah terlihat jika akan digunakan sebagai penanda.

Selanjutnya, jika bicara soal harga, maka pointer tape cenderung lebih mahal jika dibandingkan dengan masking tape. Inilah yang menjadi kelemahan pointer tape sehingga banyak yang lebih memilih penggunaan masking tape.

Untuk bisa mengetahui perbedaan washi tape dan masking tape serta pointer tape maka pahami penjelasan ini:

  • Kegunaan

Pointer tape juga menjadi salah satu isolasi yang berguna untuk membantu proses pengecatan. Karena memiliki warna hijau atau biru, maka terbilang cukup menonjol ketika disandingkan dengan berbagai jenis warna cat yang umum dipakai.

Dengan begitu, proses pengecatan akan lebih mudah dilakukan. Lalu, lapisan anti air yang terkandung di permukaannya juga bisa memastikan keamanan dalam pengecatan yang akan dilakukan.

  • Cara Pengaplikasian

Jika bicara soal cara pengaplikasiannya dalam pengecatan, maka bisa dibilang tidak berbeda dengan masking tape. Anda hanya perlu meletakkannya pada berbagai permukaan di sekitar area pengecatan yang tidak ingin terkena cat. Selanjutnya, dapat dilepas kembali ketika proses pengecatan sudah selesai dengan baik.

Itulah berbagai perbedaan antara washi tape, masking tape dan pointer tape, termasuk kegunaan dan cara pengaplikasiannya. Ada baiknya Anda mengetahui perbedaan tersebut supaya tidak salah dalam membeli. 

Tentu saja, pastikan juga Anda membeli produk yang bermutu dan terjamin kualitasnya, misalnya dari distributor Bangkit Perkasa. 

Baca Juga: Jenis-jenis Isolasi Listrik dan Rekomendasi Contohnya

Bangkit Perkasa adalah distributor ATK dan Lakban terlengkap di Indonesia yang melayani pengiriman ke seluruh Indonesia untuk kebutuhan toko alat tulis, perusahaan, maupun industrial. Kami menyediakan masking tape untuk industri pengecatan mobil.

Setelah mengetahui perbedaan washi tape dan masking tape serta pointer tape, kunjungi laman lakban kami untuk melihat beragam jenis lakban yang tersedia guna memenuhi kebutuhan Anda. 

Pelajari berbagai informasi terkini terkait penggunaan lakban dan alat tulis lainnya melalui laman blog Bangkit Perkasa. Hubungi kami untuk pemesanan maupun kerja sama lainnya melalui laman kontak kami.

Bagikan Artikel: