Perlengkapan Packing Online Shop yang Wajib Anda Miliki

perlengkapan packing online shop Bangkit Perkasa Sukses distributor lakban

Untuk melancarkan bisnis online Anda, mendapatkan kepercayaan dari pelanggan perlu Anda lakukan. Salah satu cara dipercaya oleh pelanggan adalah memiliki perlengkapan packing online shop yang memadai. 

Khususnya bagi Anda yang melakukan pengiriman produk ke seluruh Indonesia, packing produk yang kuat menjadi faktor pendukung produk terjamin aman sampai ke pelanggan. Untuk memaksimalkan packing produk online shop Anda, gunakan lakban berkualitas dari Bangkit Perkasa.

Bangkit Perkasa merupakan distributor lakban terpercaya di Indonesia yang memiliki beragam jenis lakban berkualitas. Kami dipercaya oleh para pelaku bisnis mulai dari online shop, instansi, hingga industri.

Kunjungi laman Adhesive Tape Bangkit Perkasa untuk melihat ragam jenis lakban berkualitas. Kami menerima pengiriman ke seluruh Indonesia untuk pembelian dalam jumlah besar (bulk buying).

Jadi, sebagai pelaku bisnis, Anda wajib memiliki 8 jenis perlengkapan packing seperti yang kami bahas berikut!

8 Perlengkapan Packing Online Shop yang Wajib Ada

Mengingat jenis produk yang tersedia dalam online shop cukup beragam, maka variasi alat packing yang harus Anda sediakan pun perlu menyesuaikan. Sebab setiap produk memiliki daya tahan, ukuran, lalu bahan baku, hingga masa guna yang berbeda.

1. Bubble Wrap

Jenis plastik yang satu ini diperuntukkan sebagai perlindungan produk dari risiko tekanan saat pengiriman. Seperti namanya, plastik ini memiliki bubble atau gelembung di seluruh permukaannya. 

Gelembung tersebut yang membuat bubble wrap menjadi alat packing wajib bagi online shop. Jika Anda gunakan pada lapisan terdalam saat packing produk, maka produk Anda lebih aman dan terlindungi dari benturan maupun tekanan.

2. Kardus

Berikutnya, ada kardus yang cocok Anda gunakan sebagai kemasan lapisan terluar produk Anda. Selain menambah keamanan dan memberi kesan rapi, online shop yang menggunakan kardus sebagai kemasan cenderung lebih dipercaya oleh pelanggan.

Penting bagi Anda untuk memperhatikan ukuran hingga ketebalan kardus sebagai kemasan. Sebab, tersedia beragam varian kardus dengan kualitas berbeda. Jadi, sebaiknya teliti terlebih dahulu dan sesuaikan kardus dengan produk yang Anda jual.

Jangan terlalu besar dan jangan terlalu kecil, karena hasilnya kardus memiliki banyak ruang kosong hingga menjadi kemasan yang tidak efisien. Itulah mengapa, Anda perlu memiliki lebih dari satu ukuran kardus agar dapat menyesuaikan dengan ukuran dan jumlah produk setiap pelanggan.

3. Lakban

Perlengkapan packing online shop yang satu ini akan melengkapi bubble wrap dan kardus sebagai kemasan produk Anda. Fungsi lakban sebagai perekat krusial dalam menyatukan packing produk menjadi kuat dan tahan terhadap risiko benturan saat pengiriman.

Lakban lebih dipilih daripada lem biasa sebab daya rekat lakban lebih terjamin kuatnya. Selain itu, lakban dapat menempel dan merekat pada berbagai bahan packing. Baik itu bahan dari kardus, plastik, karton, sampai dengan kayu.

Anda perlu selektif ketika memilih alat packing satu ini. Untuk mendapatkan lakban yang berkualitas, Anda bisa bekerja sama dengan distributor lakban terpercaya seperti Bangkit Perkasa! Ada tim layanan konsumen yang siap menjawab pertanyaan terkait produk dan kerja sama.

4. Kertas

Bagi pemilik online shop, jenis kertas yang digunakan adalah kertas koran hingga kertas tipis. Tujuan pemakaian kertas tersebut dalam pengemasan adalah untuk menambah keamanan serta mengganjal produk agar meminimalisir ruang kosong di dalam kardus.

Jadi, proses pengiriman pun lebih aman dari risiko benturan sebab ada kertas sebagai pengganjal produk. Pelanggan bisa mendapatkan produknya dalam keadaan prima sebab kualitas terjaga.

5. Styrofoam

Bila produk online shop Anda adalah produk segar, seperti sayur, buah, hingga ikan, maka penggunaan styrofoam juga umum dilakukan. Sebab styrofoam memiliki sifat kedap air, sehingga membantu menjaga kualitas produk selama pengiriman.

Selain itu, ketebalan styrofoam juga cukup untuk melindungi produk dari risiko tekanan maupun  benturan selama perjalanan. Namun, styrofoam kurang cocok bagi Anda yang ingin kemasan ekonomis sebab harganya cukup tinggi.

6. Karung

Selanjutnya, ada karung sebagai perlengkapan packing online shop yang cocok Anda gunakan pada pengiriman barang skala besar. Biasanya, online shop yang mengirimkan produknya ke agen reseller di wilayah berbeda sering menggunakan karung sebagai packing terluar produk.

7. Printed Tape

Selain lakban polos, tersedia opsi lakban cetak untuk menambah keamanan packing produk. Biasanya, printed tape yang umum dipakai bertulisan ‘fragile’ maupun ‘handle with care’. Bila produk Anda tergolong dalam pecah belah, alat packing satu ini akan meminimalisir risiko packing rusak.

Mendapatkan printed tape dapat Anda lakukan secara custom-made menyesuaikan dengan informasi produk dan identitas online shop Anda. Bangkit Perkasa sebagai distributor produk lakban juga bisa Anda percaya untuk melengkapi packing Anda. Penasaran? Ayo bertanya langsung pada layanan konsumen Bangkit Perkasa!

8. Kotak Kayu

Satu lagi alat packing yang penting bagi online shop, terutama yang menjual elektronik, adalah alat kotak kayu. Produk seperti elektronik dan pecah belah yang rentan serta membutuhkan keamanan ekstra perlu menggunakan kotak kayu. Jadi, produk sampai ke tangan pelanggan tanpa kerusakan yang berarti.

Tips Packing Produk yang Menarik bagi Online Shop

Setelah mengetahui apa saja perlengkapan packing online shop yang wajib Anda miliki, berikut ini kami berikan tips agar packing produk Anda bisa lebih menarik bagi pelanggan lama maupun pelanggan baru.

1. Mengenali Produk Online Shop

Identifikasi jenis produk yang Anda jual agar dapat menyesuaikan karakteristik produk dengan alat packing yang harus Anda gunakan. Perhatikan material produk dan bagaimana sifatnya! Misalnya seperti apakah itu produk yang mudah hancur, atau produk elastis dan tahan terhadap benturan.

Kemudian, perhatikan ukuran produknya agar Anda dapat menyesuaikan dengan ukuran alat packing. Bila barang yang Anda jual adalah alat tulis, maka ukuran kemasan pun tidak perlu terlalu besar.

Begitu pula dengan karakteristik produk, apabila online shop Anda menjual produk makanan dan minuman. Maka Anda perlu perlengkapan packing online shop yang ekstra seperti bubble wrap hingga kardus ukuran sedang hingga besar.

2. Beri Hiasan pada Kemasan

Anda bisa menambahkan hiasan seperti pita hingga stiker agar packing produk lebih menarik. Selain itu, gunakan pilihan warna yang khas dan perpaduannya menunjukkan identitas online shop agar pelanggan mudah mengingatnya!

Sebagai tambahan, Anda bisa memasukkan hadiah sederhana seperti permen hingga snack. Hal tersebut akan memberikan kesan yang baik bagi pelanggan sekaligus menunjukkan rasa terima kasih karena telah membeli produk Anda.

3. Branding Kemasan dengan Identitas Online Shop

Anda bisa menyertakan informasi produk beserta identitas toko online Anda di packing untuk memberikan kesan kredibel, unik, dan berbeda. Rasa percaya pelanggan terhadap online shop Anda pun akan bertambah melalui pelayanan yang Anda berikan.

Baca Juga: Prospek Bisnis Lakban, Dibutuhkan Beragam Industri!

4. Menggunakan Packing yang Ramah Lingkungan

Isu lingkungan saat ini juga sudah menjadi perhatian banyak kalangan. Jika Anda memilih untuk ikut mendukung gerakan ramah lingkungan melalui pemilihan kemasan eco-friendly, maka Anda akan menarik pelanggan dengan ketertarikan isu yang sama.

Gunakan kemasan daur ulang dan hindari penggunaan plastik sekali pakai akan menjadi faktor yang menentukan jenis packing online shop Anda. Hal tersebut turut menjadi branding online shop ke arah yang lebih sustainable dan berkelanjutan. 

Demikian delapan perlengkapan packing online shop yang wajib Anda miliki untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan. Penting untuk menyesuaikan setiap jenis packing terhadap produk yang Anda jual agar memaksimalkan fungsi packing dalam menjaga kualitas produk.

Beberapa alat packing, seperti lakban, bisa Anda dapatkan melalui Bangkit Perkasa sebagai distributor produk ATK dan lakban di Indonesia. Bila ingin konsultasi lebih lanjut, hubungi kontak kami agar dapat terhubung langsung dengan Bangkit Perkasa!

Bagikan Artikel:
Artikel Terkait