10 Cara Membuat Amplop dari Kertas

Terdapat 10 langkah untuk membuat amplop dari kertas. Anti ribet, beli amplop kualitas terbaik di PT BPS distributor alat tulis kantor terlengkap di Indonesia

Cara membuat amplop dari kertas akan kami paparkan di sini. Amplop menjadi salah satu barang yang memiliki banyak kegunaan. Baik di kantor ataupun di rumah, kadangkala kita sangat membutuhkan amplop. 

Anda tidak harus selalu membeli amplop, apalagi jika keadaan darurat. Saat tidak tersedia amplop di sekitar Anda. Maka Anda bisa membuat amplop sendiri dengan cara yang sangat mudah. 

Di sini akan kami beri ulasan mengenai alat dan tips untuk membuat amplop dengan cepat. Simak artikel ini hingga akhir!

Alat dan Bahan yang Diperlukan

Agar bisa membuat amplop dari kertas yang bisa Anda lakukan di mana saja dengan mudah dan cepat. Anda hanya memerlukan alat-alat berupa kertas HVS ataupun kertas bermotif, isolasi atau lem, dan gunting saja. 

Namun, Anda juga bisa memakai bantuan penggaris untuk membuat amplop dari kertas. Gunanya tentu saja untuk menghasilkan lipatan dan lekukan yang lebih presisi. 

Alat dan bahan yang dibutuhkan sangat mudah dicari. Bahkan sepertinya sudah tersedia di kediamaan atau kantor Anda. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot beli dan tinggal langsung membuatnya saja. 

Cara Membuat Amplop dari Kertas

Berikut ini adalah cara membuat amplop yang bisa dipraktekkan bersama buah hati atau murid. Dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini akan mempermudah Anda menghasilkan amplop yang sesuai keinginan dan lebih cepat.

  1. Menyiapkan selembar kertas HVS maupun jenis kertas lainnya, kertas yang berpola dan bermotif pun bisa digunakan. 
  2. Kemudian melipat kertas menjadi dua bagian dengan lipatan yang lurus serta sejajar. Supaya tercipta bentuk lipatan rapi yang ada di tengah kertas.
  3. Selanjutnya Anda melipat bagian sisi kanan atas pada sepanjang lipatan yang ada di tengah.
  4. Apabila bentuknya sudah lurus maka bisa melipat ke sudut bawah dengan membentuk lipatan segitiga bersama dengan bagian kanan atas ujung kertas.
  5. Bentuk segitiga kecil pun mulai terbentuk di ujung kertas.
  6. Cara membuat amplop dari kertas selanjutnya, Anda bisa mengukur  bagian kertas agar sama panjang hingga 1 inch dimulai dari tepian atas ke lipatan bawah dan tengah. Lakukan dengan rata dan rapi.
  7. Kemudian Anda melipat kedua sisi pada ujung kanan dan ujung kiri ke tengah. Sebaiknya Anda juga menyisakan ruang sebagai isi untuk amplop.
  8. Anda harus memastikan bahwa tepian kanan dan tepian kiri sudah membentuk segitiga yang sejajar. Lalu, Anda tekan saja lipatan tersebut sampai menyisakan bentuk segitiga.
  9. Maka dengan begini amplop menjadi siap pakai, Anda bisa mengisi dengan hadiah ataupun diisi dengan kartu ucapan.
  10. Tahapan terakhir yang bisa Anda lakukan adalah menempelkan isolasi untuk menutup amplop agar menjadi lebih aman dan kuat dipakai. 

Nah, mudah bukan? Semoga dengan tips yang kami berikan, Anda dapat membuat amplop sendiri di rumah dengan lebih praktis. Sekarang Anda tinggal mencoba mempraktekkannya dengan peralatan dan cara-cara di atas.

Baca Juga:

Distributor Alat Tulis PT BPS Solusi Kebutuhan Kreatifitas Anda

Untuk menunjang kreativitas Anda dalam mempraktekkan tips cara membuat amplop dari kertas di atas. Anda bisa melengkapi peralatan kantor Anda dengan menghubungi PT BPS. 

PT Bangkit Perkasa (BPS) merupakan salah satu distributor alat tulis kantor terbesar di Indonesia. Kami menerima pengiriman alat tulis kantor ke seluruh pelosok negeri. 

Kunjungi laman produk kami untuk mempelajari ragam alat tulis yang kami sediakan, dan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut seputar kerja sama atau pembelian.

Bagikan Artikel: