Cara Membuat Kodok dari Kertas Origami dengan Mudah

Cara membuat kodok dari kertas origami Bangkit Perkasa Sukses distributor atk terlengkap seindonesia

Kertas origami atau yang sering disebut dengan kertas lipat, bisa digunakan untuk membuat berbagai bentuk hewan, salah satunya yaitu kodok. Cara membuat kodok dari kertas origami sebenarnya cukup mudah, sehingga Anda bisa mencobanya di rumah.

Bermain kertas origami bisa menjadi hal yang sangat menyenangkan, termasuk ketika membuat berbagai jenis hewan. Jika Anda memiliki adik atau anak kecil, melipat origami seperti ini bisa menjadi cara bermain dan belajar yang menyenangkan.

Cara Membuat Kodok dari Kertas Origami

Untuk bisa membuat kodok dari kertas origami, langkah yang perlu dilakukan cukup panjang, tapi tidak terlalu rumit. Salah satu kelebihan dari kodok origami adalah bisa dimainkan. Jika bagian belakangnya ditekan, maka kodok bisa maju seakan sedang melompat.

Perhatikan cara melipat kertas origami menjadi bentuk kodok berikut ini, Anda juga bisa mencobanya secara langsung.

1. Persiapan

Untuk membuat lipatan dari origami, tentunya Anda membutuhkan kertas origami. Supaya bisa membuat kodok dengan mudah, pakailah kertas origami yang berbentuk persegi, misalnya kertas berukuran 15 x 15 cm.

Jika hendak memakai kertas yang berbentuk persegi panjang, Anda bisa memotong sebagian sisinya terlebih dahulu supaya menjadi persegi.

Supaya kodok bisa terlihat semakin natural, Anda bisa memilih kertas warna hijau. Untuk mendapatkan kertas terbaik, Anda bisa mencari tahu lewat Bangkit Perkasa.com yang merupakan distributor alat tulis terbesar di Indonesia.

Selain kertas, siapkan juga tempat datar untuk melipat, misalnya meja atau lantai. Berbagai tahap melipat akan lebih mudah dilakukan dengan memakai alas yang datar.

2. Langkah-langkah pembuatan

Setelah kertas sudah siap, Anda bisa langsung membuat kodok. Ikuti cara membuat kodok dari kertas origami berikut ini.

  1. Letakkan kertas dalam posisi datar, supaya mudah melakukan langkah-langkah awal.
  2. Ambil sudut bagian kiri bawah, lalu lipat diagonal ke bagian sudut kanan atas. Jika sudah terlipat, buka lipatannya.
  3. Lakukan langkah yang sama untuk ujung bawah lainnya. Lipat dan tekan sudut kanan bawah ke bagian sudut kiri atas, lalu buka lipatannya.
  4. Jika langkah nomor 2 dan 3 sudah dilakukan, maka Anda bisa melihat dua bekas lipatan diagonal yang membentuk tanda silang.
  5. Baliklah keras tersebut, lipatan yang awalnya terlihat seperti lembah akan berbalik terlihat seperti bukit.
  6. Selanjutnya, ambil sisi bagian bawah dan lipat ke arah sisi atas. Pastikan kertas terlipat menjadi dua bagian sama besar.
  7. Buka lipatan tersebut dan perhatikan bekas lipatannya. Saat ini, ada tiga garis bekas lipatan yang akan membantu Anda dalam membuat bentuk kodok.
  8. Perhatikan lipatan mendatar yang dibuat pada nomor 6. Gunakan ibu jari dan jari tengah untuk memberikan tekanan dari bagian bawah kertas. Dengan begitu, maka ada dua sisi segitiga yang terlihat, dempetkan kedua segitiga tersebut. Anda akan memiliki dua lapisan segitiga, bagian bawah dan atas (bisa juga dilihat sebagai lapisan depan dan belakang).
  9. Selanjutnya, pada segitiga lapisan atas (atau lapisan depan), tarik sudut kanan bawahnya ke arah puncak dari segitiga, lalu lipat dan tekan.
  10. Lakukan hal tersebut untuk sudut kiri bawah.
  11. Tahap selanjutnya dari cara membuat kodok dari kertas origami yaitu membuat kaki kodok. Caranya dengan mengambil ujung dari lapisan kanan atas yang telah dilipat pada tahap sebelumnya. Ambil dan lipat ke sisi tengah bagian kanan.
  12. Lakukan hal tersebut untuk membuat bagian kirinya.
  13. Selanjutnya, ujung dari kedua lipatan tersebut dilipat lagi hingga membentuk lipatan ke arah atas. Tampilannya akan terlihat seperti lekukan dari kaki kodok.
  14. Dengan begitu, kaki kodok bagian depan telah selesai dibuat.
  15. Selanjutnya, baliklah kertas untuk membuat kaki bagian belakang.
  16. Lipat sudut bagian kanan ke arah bawah, lakukan hal yang sama untuk sudut bagian kiri. Pastikan lipatan di bagian kanan dan kiri sudah sinkron dan tidak timpang.
  17. Lipat sekali lagi kedua calon kaki tersebut menjadi dua bagian. Kaki bagian kanan dilipat ke arah kanan, begitu pula sebaliknya.
  18. Langkah terakhir yaitu membuatnya supaya bisa melompat. Caranya, melipat bagian pinggang kodok. Lipat sekali lagi bagian belakang kodok, lipat ke arah luar.
  19. Origami kodok sudah selesai dan siap untuk dimainkan.

Itulah cara membuat kodok dari kertas origami yang bisa langsung Anda praktekkan di rumah. Jika sudah mahir, Anda juga bisa mengajarkannya kepada adik, keponakan, anak, atau orang-orang terdekat Anda. Karya origami tersebut bisa digunakan untuk bermain atau untuk pajangan di rumah.

Untuk mendapatkan berbagai produk kertas, termasuk kertas origami, Bangkit Perkasa.com solusinya. Bangkit perkasa menyediakan kertas origami merk SiDu (Sinar Dunia) yang menyediakan beragam warna, kualitas kertas yang tidak mudah robek tetapi gampang dibentuk.

Bangkit Perkasa merupakan distributor alat tulis terbesar di Indonesia selalu siap membantu Anda. Pengiriman produk alat tulis ke berbagai pelosok negeri juga bisa dilakukan dengan mudah.

Baca Juga: 8 Manfaat Origami untuk si Buah Hati

Selain kertas dan alat tulis, berbagai peralatan prakarya juga tersedia untuk Anda. Misalnya, peralatan sejenis spidol, gunting, lakban, cutter, dan lain sebagainya.

Setelah mengetahui cara membuat kodok dari kertas origami, Anda bisa langsung mempraktekkannya dengan produk dari Bangkit Perkasa.com. Anda bisa mengunjungi laman produk untuk melihat berbagai alat tulis yang tersedia. Bisa juga langsung hubungi kami untuk informasi lebih lanjut seputar kerja sama atau pembelian.

Bagikan Artikel: