Mengenal Apa Itu Hand Lettering (Seni Menulis Huruf)

hand lettering seni menulis huruf dengan indah Bangkit Perkasa Sukses distributor atk terlengkap seindonesia

Seni menulis adalah penggunaan dan penyusunan huruf-huruf dalam sebuah desain yang indah dan menarik, contohnya seperti tipografi dan kaligrafi. Salah satu jenis seni menulis yang paling populer saat ini adalah hand lettering. Jadi, sebenarnya apa itu hand lettering?

Lalu, apa bedanya hand lettering dengan teknik dan seni menulis lain seperti kaligrafi atau yang lainnya? Untuk lebih memahami definisi hingga keunggulan dari teknik ini, intip ulasan lengkapnya pada artikel berikut!

Apa Itu Hand Lettering?

Hand lettering adalah seni menulis huruf dengan menggunakan tangan secara bebas dan kreatif. Dalam praktiknya, hand lettering membutuhkan keterampilan menggabungkan bentuk, ukuran, penekanan, dan gaya tulisan yang berbeda-beda untuk menciptakan karya tulisan yang unik.

Dalam seni menulis huruf dengan teknik hand lettering, setiap huruf dan kata dihasilkan secara manual dan original, tidak dengan menggunakan cetakan atau alat-alat teknis lain. Karena itu, dibutuhkan kreativitas dan keterampilan khusus untuk melakukannya.

Perbedaan Hand Lettering dengan Kaligrafi

Selain mengetahui definisi terkait apa itu hand lettering, sebaiknya kenali apa perbedaannya dengan kaligrafi. Meskipun sama-sama merupakan jenis seni menulis indah menggunakan tangan, hand lettering dan kaligrafi memiliki perbedaan signifikan. Berikut rinciannya:

  • Kaligrafi

Kaligrafi menggunakan teknik menulis yang umumnya hanya menggunakan sekali goresan (single stroke) atau sekali gerak (single motion). Tebal atau tipisnya garis disesuaikan dengan alat tulis maupun tekanan tangan saat menggoreskan alat tulis.

Seni kaligrafi tradisional dapat ditemukan pada berbagai negara Asia Timur seperti Cina, Jepang, dan Korea, serta jazirah Arab, dan biasa dibuat menggunakan kuas. Saat ini, seni kaligrafi modern sudah bisa dilakukan menggunakan pena dan spidol khusus.

  • Hand Lettering

Jika kaligrafi berfokus pada menulis huruf dalam sekali gores, maka hand lettering dibuat dengan cara mengilustrasikan huruf demi huruf sedemikian rupa, sehingga lebih cenderung menyerupai teknik menggambar huruf dibanding menulis biasa.

Berbeda dengan kaligrafi, hand lettering dapat dibuat dengan berbagai gaya dan metode tanpa aturan atau batasan baku, bahkan bisa dibuat meniru kaligrafi. Karena itu, hand lettering juga tidak membutuhkan alat khusus karena bisa dibuat dengan jenis alat tulis apapun sesuai kreativitas penulisnya.

Selain kaligrafi dan hand lettering, terdapat pula jenis seni menulis lainnya yaitu tipografi. Tipografi adalah penggunaan huruf-huruf yang terstruktur dengan tata letak khusus menggunakan font atau jenis huruf tertentu yang bukan merupakan tulisan tangan.

Keunggulan Seni Menulis Hand Lettering

Jika dibandingkan dengan teknik menulis lainnya, hand lettering memiliki beberapa keunggulan. Di antaranya yaitu sebagai berikut:

  1. Kreativitas tidak terbatas oleh aturan penulisan tertentu, dapat dibuat sesuai imajinasi maupun gaya dan preferensi pribadi;
  2. Dapat dipersonalisasi dengan cara menambahkan elemen dekoratif tertentu, seperti tulisan berbeda warna, pemberian highlight, tambahan gambar, dan lain sebagainya;
  3. Dapat membantu mengembangkan kreativitas, keterampilan visual, dan melatih ketelitian serta koordinasi antara tangan dan mata.

Baca Juga: Terbaik di 2023! 8 Pilihan Merk Spidol yang Bagus

Setelah memahami apa itu hand lettering dan keunggulannya, saatnya belajar dan mencoba seni menulis ini secara langsung. Untuk dapat menggambar huruf dengan teknik hand lettering, berikut beberapa jenis alat tulis yang dapat digunakan:

    1. Pensil sebagai alat membuat sketsa dasar;
    2. Penghapus untuk menghapus sketsa pada tahap finishing;
    3. Kertas atau buku sebagai media menulis;
    4. Pensil, pulpen, atau spidol berwarna-warni;
    5. Highlighter untuk menyoroti tulisan.

Untuk memperoleh berbagai alat tulis di atas, Anda bisa menggunakan merk Zebra Sarasa,  Artline, Staedtler dan Agatis. Silahkan pesan di Bangkit Perkasa.com, distributor alat tulis terbesar di Indonesia yang menerima pengiriman alat tulis ke seluruh wilayah Indonesia. Informasi produk selengkapnya dapat dilihat di sini, atau hubungi kami untuk informasi lebih lanjut seputar kerja sama dan pembelian!

Bagikan Artikel:
Artikel Terkait