Peralatan Kasir untuk Mempermudah Pekerjaan

peralatan kasir kertas print struk beli di Bangkit Perkasa Sukses distributor atk nasional

Menjadi kasir bukanlah pekerjaan mudah karena kasir bertanggung jawab atas proses transaksi jual beli dengan pelanggan. Untuk memudahkan pekerjaan kasir seperti mencatat dan mencetak bukti transaksi maka diperlukan peralatan kasir yang memadai. 

Peralatan untuk kasir ini diperlukan tak hanya untuk mencatat transaksi jual beli saja namun juga dapat digunakan untuk memantau stok barang, mengetahui laba dan rugi, serta menghindari kesalahan transaksi atau kecurangan. 

Macam-Macam Peralatan Kasir 

Bagi Anda pemilik minimarket, retail, atau cafe berikut beberapa peralatan untuk mempermudah pekerjaan kasir yang perlu Anda ketahui:

1. Mesin Kasir Elektronik

Pertama guna memudahkan Anda dan kasir dalam memantau keluar masuknya stok barang, menghitung dan mencatat transaksi pelanggan, serta menghindari kesalahan dalam transaksi maka toko Anda memerlukan mesin kasir.

Mesin khusus kasir sendiri ada bermacam-macam seperti mesin kasir komputer, mesin berbasis aplikasi, mesin berbasis cloud dan termasuk salah satunya adalah mesin kasir elektronik. 

Mesin kasir elektronik merupakan sebuah perangkat yang dirancang khusus untuk mencatat dan menghitung transaksi jual beli sampai mencetak bukti pembelian pelanggan. Biasanya mesin ini sudah dilengkapi dengan layar sentuh, scanner, cash drawer, sampai printer.

Mesin kasir elektronik memiliki sistem yang sederhana dibanding mesin kasir lain dan efektif digunakan pada minimarket yang memiliki volume transaksi yang relatif rendah.

2. Kalkulator

Kalkulator termasuk salah peralatan kasir yang wajib ada. Kalkulator sangat diperlukan untuk mempermudahkan kasir dalam menghitung jumlah pembayaran transaksi yang perlu dibayar oleh pelanggan atau pembeli. 

Apabila toko Anda tidak menggunakan mesin kasir, maka kalkulator wajib ada untuk membantu kasir dalam menghitung total pembayaran pembeli secara akurat. Selain itu, kalkulator juga bisa digunakan sebagai alternatif jika mesin kasir toko Anda sedang rusak.

3. Pembaca Kode Batang

Peralatan kasir yang dapat mempermudah pekerjaan kasir berikutnya adalah alat pembaca kode batang atau barcode scanner. Alat ini memiliki fungsi untuk memindai barcode atau kode batang yang berada di setiap kemasan produk. 

Kode tersebut biasanya akan dipindai untuk kemudian diinput ke dalam database sistem mesin kasir guna memudahkan kasir dalam mengetahui jumlah persedian stok barang dan mengelola stok barang. 

Selain itu, alat ini juga berguna untuk memudahkan kasir dalam mencari barang dengan  memunculkan informasi serta harga barang dengan cepat. Dengan adanya alat ini maka proses jual beli dapat berlangsung lebih cepat. 

Alat pembaca kode batang atau barcode scanner sendiri terdiri dari beberapa jenis seperti hands free scanner, laser scanner, pen scanner, dan wireless scanner

4. Printer Struk

Selain barcode scanner, toko Anda juga memerlukan printer struk. Untuk kasir, ini adalah mesin pencetak berukuran kecil yang memiliki fungsi untuk mencetak nota atau bukti transaksi pembeli. 

Alat ini dapat membantu pembeli dalam mengetahui rincian harga barang yang dibeli. Selain itu, struk juga bisa menjadi bukti pelanggan jika terdapat kesalahan yang dilakukan oleh kasir baik penghitungan jumlah barang atau total harga pembelian. Adanya alat ini tentu dapat meningkatkan profesionalisme pelayanan toko Anda. 

Ada beberapa jenis printer struk yang bisa Anda pilih diantaranya yaitu thermal printer atau dot matrix. Perbedaan dari kedua jenis printer tersebut terletak pada jenis kertas yang digunakan. 

5. Kertas Struk

Jika Anda memiliki printer struk, tentu Anda juga harus memiliki stok kertas struknya. Kertas struk sendiri bisa dipilih sesuai dengan jenis printer yang Anda beli. 

Apabila Anda membeli printer struk thermal di Distributor ATK dan Lakban Bangkit Perkasa, maka pilihlah kertas thermal. Kertas struk thermal printer memiliki ciri-ciri permukaan kertas yang licin dan mengkilap. 

Sedangkan jika Anda membeli dot matrix printer, maka belilah kertas dot matrix. Kertas dot matrix memiliki permukaan seperti kertas pada umumnya. Kertas struk sendiri biasanya tersedia dalam bentuk roll

Anda bisa mendapatkan stok kertas struk printer kasir secara cepat dan mudah dengan cara mengunjungi laman ini.

6. Pulpen

Meski terdengar sepele, namun pulpen memiliki peran yang penting bagi kasir terutama jika toko Anda belum menggunakan mesin kasir atau masih menggunakan nota manual yang ditulis oleh kasir.

Pulpen ini juga bisa digunakan untuk keperluan lain misalnya untuk menulis stok barang yang habis, membuat catatan transaksi, tanda tangan dan sebagainya. Agar kasir tidak perlu bingung mencari pulpen saat melayani pelanggan maka bisa menggunakan pen stand. 

7. Stapler

Stapler termasuk peralatan kasir yang kerap digunakan oleh kasir. Stapler sendiri bisa digunakan untuk menggabungkan kumpulan nota stok barang dari supplier ataupun catatan transaksi penting lainnya. 

8. Mesin EDC

Saat ini, pembayaran pembelian tidak hanya bisa dilakukan secara tunai namun juga bisa dilakukan secara non tunai dengan menggunakan kartu debit atau kartu kredit. Metode ini sudah banyak sekali digunakan baik di kasir supermarket ataupun cafe.

Jika toko atau usaha Anda ingin menyediakan layanan metode pembayaran non tunai maka Anda perlu menyiapkan mesin EDC. 

Apa itu mesin EDC? EDC atau Electronic Data Capture adalah mesin yang dapat digunakan untuk transaksi kartu debit atau kredit baik penarikan, transfer dan sebagainya. 

Mesin ini memiliki bentuk seperti telepon genggam edisi lama dan memiliki tempat untuk memasukkan atau menggesekkan kartu. Mesin ini sendiri disediakan oleh pihak bank dan terhubung dengan server bank sehingga bisa menghubungkan beragam rekening antar bank. 

Biasanya pemakaian alat ini dilakukan dengan cara menggesekkan kartu pada mesin. Namun saat ini juga tersedia mesin EDC dipping dimana Anda cukup memasukkan kartu pada slot yang terletak di bagian bawah bawah mesin. 

Penggunaan mesin ini tentu dapat memudahkan pekerjaan kasir karena kasir tidak perlu memberikan kembalian kepada pelanggan. 

9. Software Kasir

Penggunaan mesin kasir akan lebih efektif jika Anda juga mengunduh software kasir. Software kasir adalah perangkat lunak yang berisi berbagai program yang dapat membantu kegiatan operasional toko.

Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan oleh software kasir biasanya seperti pembuatan nota, sinkronisasi data penjualan, pengecekan stok barang sampai pembuatan laporan penjualan atau keuangan. Dengan adanya peralatan kasir ini, maka tugas bisa lebih ringan. 

Ada banyak sekali software kasir yang bisa Anda pilih diantaranya yaitu aplikasi Moka POS atau Point of Sale, software pintar, Olsera, dan masih banyak lagi. Aplikasi tersebut ada yang berbayar dan ada pula yang gratis. Anda bisa memilih aplikasi yang menyediakan fitur sesuai dengan kebutuhan operasional toko. 

Lengkapi Kebutuhan Alat Tulis untuk Kasir bersama Bangkit Perkasa!

Pembelian beragam peralatan untuk kasir dalam jumlah banyak bisa dilakukan dengan mudah bersama Distributor ATK dan Lakban Bangkit Perkasa. Bangkit Perkasa menyediakan beragam alat tulis untuk kasir mulai dari pulpen, stapler, sampai kertas struk dari beragam merk. 

Itulah beberapa peralatan kasir untuk mempermudah pekerjaan kasir. Peralatan tersebut tidak hanya dapat membantu proses transaksi namun juga operasional toko. Penyediaan peralatan tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan kasir toko Anda. Informasi lebih lanjut untuk pemesanan dan kerja sama, hubungi kami!

Bangkit Perkasa merupakan distributor alat tulis kantor (ATK) dan lakban nasional yang menerima pembelian dalam jumlah besar (bulk buying). Kami menerima pengiriman ke seluruh Indonesia. Kunjungi laman produk Bangkit Perkasa untuk melihat ragam produk yang tersedia. Pelajari informasi terkini seputar bisnis alat tulis dan lakban melalui artikel Bangkit Perkasa.

Bagikan Artikel:
Artikel Terkait