Cara Mengelola Stok Produk ATK di Gudang

cara mengelola stok produk atk di gudang

Cara mengelola stok produk di gudang untuk bisnis ATK bermacam-macam. Namun, terdapat tiga yang umum digunakan yakni FIFO, LIFO, serta FEFO. Ketiga cara tersebut memiliki konsep berbeda dalam penerapan pengelolaan stok produk ATK. 

Anda bisa memilih yang paling efektif menyesuaikan preferensi alur bisnis Anda. Lalu, pengelolaan stok produk juga bisa lebih optimal melalui teknologi seperti Software Inventory Management, barcode, dan juga RFID. 

Simak artikel ini hingga akhir untuk informasi selengkapnya tentang berbagai hal tersebut:

Cara Mengelola Stok Produk ATK

Pengelolaan stok produk ATK dilakukan demi menghindari stok ATK tidak layak jual menumpuk di gudang. Terapkan cara-cara kelola stok ATK yang strategis dan juga sistematis bagi bisnis Anda di bawah ini:

1. Sistem FIFO (First In, First Out)

‘First In, First Out’ atau FIFO merupakan sistem pengelolaan stok yang menjadikan waktu masuk produk ke gudang sebagai penentu. Produk ATK yang pertama memasuki gudang menjadi stok yang wajib dikeluarkan pertama kali dari gudang persediaan. 

Latar belakang sistem ini adalah mempertahankan kualitas produk. Sistem FIFO memudahkan stok ATK yang pertama dapat segera terjual sebelum menjadi rusak akibat penyimpanan terlalu lama di gudang. 

Menerapkan sistem FIFO sangat mudah serta cocok dengan alur fisik stok ATK pada gudang penyimpanan. Anda juga bisa menentukan HPP (Harga Pokok Penjualan) dengan sistem ini. Sebab, FIFO menghasilkan asumsi bahwa ATK tersebut menjadi stok paling lama dalam catatan inventaris aset bisnis Anda. 

Mendapatkan stok ATK berkualitas prima bisa melalui Distributor ATK dan Lakban Bangkit Perkasa. Pengalaman sejak 1994 menjadikan kualitas pelayanan Bangkit Perkasa memuaskan. Kontak kami untuk konsultasi dan pemesanan ATK yang lebih mudah!

2. Sistem LIFO (Last In, First Out)

Selanjutnya, terdapat LIFO sebagai cara mengelola stok produk ATK di gudang yang konsepnya bertolak belakang dengan FIFO. 

Pada sistem ‘Last In, First Out’. produk ATK yang terakhir memasuki gudang akan menjadi produk pertama yang keluar untuk dijual. Umumnya, sistem LIFO menjadi pilihan ketika bisnis ingin memanfaatkan momentum agar mendapatkan keuntungan maksimal. 

Sebagai contoh, industri alat tulis kantor (ATK) akan mengeluarkan persediaan ATK paling baru dari gudang karena tingkat permintaannya yang tinggi pada periode tahun ajaran baru. 

Harga beli terakhir suatu produk yang menerapkan sistem LIFO ditetapkan menurut operasinya pada periode inflasi atau kenaikan harga. Ini membuat laba maupun pajak yang bisnis Anda peroleh cenderung kecil.   

3. FEFO (First Expired First Out)

Cara mengelola stok produk satu ini juga umum digunakan. ‘First Expired First Out’ merupakan sistem yang akan memanfaatkan atau mengeluarkan produk dengan masa kedaluwarsa terdekat lebih dulu. 

Metode ini efektif apabila produk memiliki masa kedaluwarsa. Ini karena penyimpanan produk tidak akan terlalu lama sehingga mencegah potensi kerugian akibat produk telah kedaluwarsa. Stok produk secara keseluruhan pun bisa dimanfaatkan dengan efektif. 

Sistem ini juga serupa dengan FIFO dari segi tujuannya yang tidak lain adalah demi mempertahankan kualitas produk. Jadi, alur keluar produk lebih teratur serta mengoptimalkan perputaran stok sehingga bisa meningkatkan penjualan.

Baca Juga: Cara Menentukan Harga Jual ATK (Alat Tulis Kantor)

Teknologi dalam Manajemen Stok

Setelah mengetahui berbagai cara mengelola stok produk, mari lanjutkan dengan memahami teknologi manajemen stok. Berbagai teknologi di bawah ini mewujudkan efisiensi pengelolaan stok produk hingga meningkatkan akurasi data daripada sistem manajemen manual:

1. Penggunaan Software Inventory Management

Manajemen inventaris perangkat lunak atau ‘software inventory management’ menjadi teknologi terkini dalam mengelola stok produk. Teknologi ini memungkinkan otomatisasi manajemen stok sehingga lebih mudah dan cepat. 

Kemudian, teknologi software juga menjamin keamanan data dalam manajemen stok. Bila terjadi kelalaian atau kecurangan, sistem software yang canggih juga bisa mengidentifikasinya. 

Selain itu, melalui software manajemen stok Anda bisa meminimalkan risiko pengiriman barang terlambat dikirim mengingat sistemnya yang lebih cepat. Bila terjadi perubahan mendadak pada permintaan produk, maka Anda dapat mengantisipasinya lebih baik dengan software. 

Pastikan software yang digunakan memiliki fitur seperti stok barang, manajemen aset, penjualan serta pembelian, hingga terintegrasi ke program POS (Point of Sales).  

2. Barcode dan RFID

Cara mengelola stok produk di gudang kini tidak perlu lagi manual bila Anda menggunakan barcode serta RFID (Radio Frequency Identification). 

Teknologi pada barcode memungkinkan identifikasi otomatis untuk berbagai data. Misalnya, nama produk, nomor klasifikasi, tanggal produksi, hingga kategorinya. Sementara itu, teknologi RFID melacak dan mengidentifikasi produk melalui tag yang disematkan di produknya. 

Melalui barcode, Anda bisa memasukkan informasi dan akuisisi dengan cepat. Pembacaan datanya pun lebih akurat. Lalu, informasi pada tag barcode cukup besar dengan pengoperasian perangkat yang mudah.

Untuk RFID,  keamanannya tinggi karena informasi disimpan dalam chip elektronik. Anda bisa mengenali lebih dari satu tag produk secara bersamaan. Pembacaan tag dari jarak jauh pun tidak masalah. Begitu juga penyimpanan informasi dengan jumlah yang lebih besar.

Berbisnis ATK tidak sah jika belum bekerja sama dengan Distributor ATK dan Lakban Bangkit Perkasa. Kualitas produk ATK yang bagus dan memuaskan akan mendukung bisnis Anda lebih unggul dari kompetitor. Hubungi kami untuk pemesanan ATK yang sampai tepat waktu!

Manfaat Mengelola Stok Produk ATK di Gudang

Mengelola stok produk-produk ATK Anda di gudang memberikan sejumlah manfaat, di antaranya:

1. Mengendalikan Persediaan ATK

Pengelolaan stok ATK akan memberikan Anda data yang sistematis dan juga terstruktur. Pengendalian persediaan pun menjadi lebih terorganisir. Sebab, sistemnya terpusat sehingga akses ke jumlah stok barang dapat Anda ketahui secara real-time.

Bila membutuhkannya sewaktu-waktu, Anda bisa mengolah kembali data tersebut untuk perkembangan bisnis ATK.  

2. Memaksimalkan Pelayanan 

Pelayanan yang meningkatkan kepuasan pelanggan mengutamakan tiga faktor, yakni kecepatan, ketepatan, serta kepercayaan. Mengelola stok produk secara tersistem dengan teknologi terkini sesuai pesanan jadi lebih praktis dan cepat.

Efek positifnya adalah pelanggan turut meningkat kepercayaannya pada bisnis ATK Anda. Manfaat tersebut kemudian mengarahkan bisnis Anda pada manfaat ketiga di bawah ini.

3. Menaikkan Pemasaran dan Penjualan

Melalui pelayanan yang maksimal, maka bisnis ATK akan mengalami kenaikan baik dalam pemasaran maupun penjualannya. 

Tidak hanya itu, pelanggan akan lebih tertarik pada bisnis ATK Anda bila produk-produk yang tersedia lengkap. Ini berarti kebutuhan suplai stok terhadap produk yang pelanggan butuhkan akan terpenuhi dengan baik. Hal tersebutlah yang mendorong pemasaran dan penjualan bisnis naik.

Baca Juga: Mengenal Apa itu Safety Stock dalam Bisnis ATK

4. Mengoptimalkan Arus Kas

Stok produk adalah aset bisnis yang akan mengikat arus kas mengingat Anda sudah membayar stok tersebut sebelumnya. Apabila produk hanya tersimpan di gudang, maka bisnis berpotensi merugi. Sebab, modal pembelian stok produk tidak Anda dapatkan kembali. 

Melalui pengelolaan stok produk yang efektif, Anda bisa membuat arus kas bekerja untuk aspek lainnya yang mendukung operasional bisnis. Arus kas juga berpotensi meningkat dan bermanfaat untuk bisnis.

Setelah paham cara mengelola stok produk ATK, saatnya bermitra dengan Distributor ATK dan Lakban Bangkit Perkasa. Kami memastikan produk ATK berkualitas tersedia secara lengkap untuk Anda. 

Mulai dari stationery hingga adhesive tape, semua ada di Bangkit Perkasa! Hubungi kami untuk pemesanan ATK mudah dan cepat!

Bagikan Artikel:
Artikel Terkait