9 Kegunaan Masking Tape Nachi Selain sebagai Alat Bantu Lukis

Masking Tape Nachi BPS

Masking Tape Nachi menjadi salah satu lakban kertas yang sering digunakan. Masking tape sendiri merupakan lakban yang menjadi kebutuhan pokok hampir semua kantor, dan menjadi perlengkapan alat tulis yang mempunyai berbagai macam fungsi. 

Tak hanya mengetahui kegunaannya, perlu juga mengetahui sejarah dari lakban kertas tesebut. Berikut ini adalah informasi tentang Sejarah Masking Tape. Lantas, sebenarnya apa saja kegunaan yang dimiliki oleh masking tape ini? 

Apa itu Masking Tape?

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, masking tape sebenarnya adalah bahan penyegel yang umumnya menggunakan bahan kertas atau plastik. 

Salah satu masking tape yang sering digunakan adalah masking tape Nachi. Ketebalan yang dimiliki oleh masking tape lebih bervariasi dan dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan bila dibandingkan dengan selotip biasanya. 

Dengan karakteristik yang dimilikinya ini, masking tape sering digunakan untuk kebutuhan pengecatan berbagai medium hingga kebutuhan penyegelan permukaan kurang rata. Tidak hanya itu, masking tape umumnya juga memiliki daya rekat yang beragam sehingga dapat diaplikasikan ke berbagai medium. 

Walaupun demikian, masking tape biasanya mempunyai daya elastis tinggi, sehingga tidak mudah robek ketika diaplikasikan. Anda bahkan bisa menggunakan masking tape pada media buku gambar Sidu A4 tanpa merusak kerta buku gambar tersebut. 

Masking Tape Nachi

Setelah mengenal masking tape, berikutnya kita akan lebih mengerucut pada satu merek, yaitu merek Nachi. Layaknya masking tape pada umumnya, produk ini bisa digunakan untuk menutup bagian tertentu ketika mengecat, membendel serta mengemas.

Produk ini juga bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan, produk dari Nachi bahkan mampu bertahan hingga suhu 80 derajat celcius dalam kurun waktu 1 jam, tanpa adanya bekas. Masking tape ini tersedia 2 ukuran, yakni ukuran 24 mm serta ukuran 48 mm. 

9 Kegunaan Masking Tape Nachi 

Sebenarnya, masking tape ini dikembangkan dari industri otomotif dan digunakan untuk memudahkan pengecatan. Seperti yang kita ketahui, permukaan mobil mempunyai banyak lekukan serta sulit diaplikasikan jika menggunakan selotip biasa. 

Oleh sebab itu dikembangkan masking tape untuk menyegel bagian bodi yang akan di cat dan tidak di cat. Dengan perkembangan zaman, akhirnya penggunaan masking tape ini terus menerus berkembang, jenis dan fungsinya juga berkembang. 

Berikut berbagai kegunaan yang dimiliki oleh masking tape dari Nachi ini, antara lain: 

1. Pengecatan Otomotif

Kegunaan masking tape yang pertama tentu saja untuk pengecatan otomotif. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, benda ini pertama berkembang di industri otomotif, terutama dalam bidang pengecatan. 

Masking tape nantinya akan diaplikasikan pada permukaan yang melekuk seperti bodi motor dan mobil. Kegunaan ini tentu saja sangat cocok dengan masking tape Nachi, karena proses pengecatan dilakukan di ruangan tertutup serta terasa panas. 

2. Memperbarui Taman

Bukan hanya menjadi penanda, masking tape juga digunakan untuk memperbarui taman. Mengapa bisa demikian? Lakban ini memungkinkan Anda menopang batang tanaman, memberi label pada kebun hingga mendorong tanaman rambat merambat di tempat sesuai yang Anda ingini. 

Karena masking tape mudah dilepas, Anda tidak perlu cemas jika penggunaan lakban ini akan merusak tanaman. Bukan hanya itu, Anda juga bisa memperbarui taman sesuai dengan musim sehingga lebih menyenangkan. 

3. Pengecatan Arsitektur

Awalnya, masking tape ini muncul untuk memenuhi kebutuhan pengecatan dunia otomotif. Tak hanya untuk kebutuhan otomotif, masking tape juga memiliki kegunaan lainnya, yaitu untuk kebutuhan pengecatan bangunan, rumah, dan lainnya. 

Masking tape Nachi dapat diaplikasikan untuk pengecatan bangunan dikarenakan memiliki sifat tahan panas, sehingga cocok digunakan untuk kebutuhan pengecatan bangunan atau aset lainnya yang terkena paparan sinar matahari secara langsung. 

4. Membantu Pindahan Rumah

Pindahan rumah bisa menjadi hal yang merepotkan. Ketika momen pindah rumah, Anda pasti akan membutuhkan banyak kotak, spidol, pembungkus dan yang lainnya. Namun, masking tape juga berfungsi untuk mengatur benda-benda seperti peralatan makan dan lainnya. 

Masking tape akan mempermudah pelabelan serta memperkuat kardus pengemasan, sehingga barang-barang Anda akan aman ketika ditaruh nantinya. 

5. Pelapisan Permukaan Kasar

Bukan hanya digunakan untuk penanda. Masking tape ini juga digunakan untuk pelapis seperti kebutuhan desain interior atau arsitektur. Masking tape umumnya digunakan untuk melapisi permukaan yang kasar agar terlihat jauh lebih rata. 

Bahkan, beberapa masking tape memiliki desain khusus sehingga dapat melapisi permukaan yang begitu kasar, dan dapat digunakan pada permukaan berpasir. 

6. Mengidentifikasi Alat Elektronik 

Bila Anda memiliki banyak peralatan elektronik dengan kabel yang berserakan, Anda tidak perlu khawatir lagi, karena dapat dengan mudah mengaturnya menggunakan masking tape. 

7. Penyegelan dan Dempul

Dengan karakteristik serta daya rekat yang kuat, masking tape juga sering digunakan sebagai dempul atau alat untuk meratakan permukaan. Bahkan, ada pula masking tape yang digunakan untuk menyegel panel kaca jendela, sehingga bukan hanya dapat mencegah air masuk, tetapi mengurangi kondensasi jendela. 

8. Penyambung 

Masking tape juga digunakan untuk menyambung, karena mempunyai gaya gesek minimal. Sebagai penyambung, Anda juga bisa menggunakan Plakban PVC Ducting Nachi Tape yang memiliki daya tahan api dan lebih kuat dari lakban umumnya. 

9. Fungsi Dekoratif

Bukan hanya digunakan untuk perkakas, masking tape juga digunakan di material permukaan tertentu, sehingga dapat digunakan untuk kebutuhan dekoratif. 

Masking tape cocok untuk dijadikan sebagai lakban dekoratif. Ini karena, masking tape tidak meninggalkan bekas pada area yang ditempelnya. Butuh informasi lebih lanjut mengenai lakban yang tidak meninggalkan bekas? Berikut ini adalah Lakban yang Tidak Merusak Cat Tembok dari BPS.

Ternyata, ada begitu banyak fungsi yang dimiliki oleh masking tape Nachi. Bila Anda juga membutuhkan produk ini dalam jumlah banyak, Bangkit Perkasa Sukses menjadi distributor yang dapat dijadikan sebagai pilihan. PT BPS menyediakan berbagai kebutuhan kantor serta lakban hingga ke seluruh Indonesia. Untuk informasi lebih lengkap, klik di sini

Baca informasi lainnya seputar alat tulis kantor dan lakban di sini. PT Bangkit Perkasa Sukses merupakan distributor alat tulis kantor (ATK) dan lakban yang hadir dengan produk berkualitas tinggi dan terjamin. Membutuhkan informasi lebih lanjut tentang PT Bangkit Perkasa Sukses (BPS)? Hubungi kami di sini.

Bagikan Artikel:
Artikel Terkait