Cara Memulai Bisnis Lakban Bagi Pemula

cara memulai bisnis lakban Bangkit Perkasa Sukses distributor lakban terlengkap di Indonesia

Bisnis adalah peluang yang selalu menarik bagi banyak orang yang ingin meraih kemandirian finansial. Salah satu jenis produk yang menjanjikan sebagai lahan bisnis, terutama bagi pemula, yaitu bisnis lakban.

Meskipun jarang diperhatikan orang, bisnis jual beli lakban ternyata memiliki peluang yang besar jika digeluti secara serius. Anda dapat bekerja sama dengan distributor lakban berkualitas Bangkit Perkasa.

Bangkit Perkasa sudah dipercaya untuk menjadi distributor lakban bagi perusahaan, instansi, bisnis, maupun industri. Kunjungi laman produk Adhesive Tape Bangkit Perkasa untuk melihat ragam lakban yang tersedia.

Kami menerima pembelian dalam jumlah besar (bulk buying) serta pengiriman ke seluruh Indonesia.

Sebagai panduan, kami akan menginformasikan potensi keuntungan hingga cara dan tips memulai bisnis selotip atau lakban melalui ulasan berikut.

Apa Itu Bisnis Lakban dan Peluangnya

Bisnis selotip, lakban, atau biasa disebut adhesive tape adalah jenis bisnis yang berfokus pada produk perekat. Produk ini sangat multifungsi dan digunakan dalam berbagai konteks, seperti membungkus barang, menyambung benda-benda tertentu, atau bahkan keperluan industri.

Keunikan dari bisnis ini adalah fleksibilitasnya. Anda dapat menjalankannya secara online atau offline, tergantung pada target pasar yang ingin dijangkau. Pilihan produknya pun sangat bervariasi dengan harga relatif terjangkau, sehingga modalnya lebih sedikit dan mudah dijual.

Berikut adalah contoh beberapa jenis lakban yang bisa dijadikan sebagai produk dalam bidang bisnis ini:

  • Lakban kertas
  • Lakban bening
  • Isolasi listrik PVC
  • Lakban kain (cloth tape)
  • Isolasi kado
  • Lakban OPP
  • Lakban OPP metalized
  • Double tape
  • Double foam tape
  • Masking tape

Potensi Keuntungan Bisnis Jual Beli Lakban

Bisa dibilang, bisnis selotip adalah salah satu bidang yang memiliki potensi keuntungan luar biasa. Pasalnya, lakban atau perekat adalah produk yang sangat penting dalam berbagai kehidupan sehari-hari maupun untuk operasional industri. Berikut beberapa potensinya:

1. Modal Awal Relatif Kecil

Salah satu potensi keuntungan terbesar dari bisnis lakban adalah modalnya relatif untuk memulai. Bahkan, Anda tidak perlu mengeluarkan jumlah modal yang besar untuk membeli stok awal lakban.

Modal yang rendah ini sangat menguntungkan terutama bagi pemula yang mungkin memiliki keterbatasan dana untuk memulai bisnis. Jadi, Anda dapat memulai dengan stok yang terbatas lalu perlahan memperluas stok seiring dengan pertumbuhan usaha.

2. Peluang Usaha Lebih Fleksibel

Pebisnis selotip memiliki pilihan untuk menjalankan bisnis ini secara online atau offline, tergantung pada target pasar yang ingin dijangkau. Ini memberi Anda fleksibilitas untuk beradaptasi dengan kondisi pasar dan preferensi pribadi.

Misal jika Anda ingin menjangkau pasar nasional atau bahkan internasional, Anda dapat memilih bisnis online dengan membuat toko online sendiri. Ini memungkinkan untuk menjangkau pelanggan dari berbagai daerah.

Namun, jika target pasar Anda adalah pelanggan lokal, Anda dapat membuka toko fisik di daerah yang strategis. Contohnya di dekat area sekolah atau area perkantoran yang ramai anak sekolah dan pegawai.

3. Potensi Laba yang Besar

Meskipun harga produk lakban bervariasi tergantung pada bahan dan ukuran, harga jual produk ini biasanya dapat mencapai 2-3 kali lipat dari harga modal. Ini berarti Anda bisa memiliki margin laba yang cukup besar.

Dengan adanya margin laba yang besar, Anda dapat dengan cepat mengembalikan modal awal dan mulai menghasilkan keuntungan. Ini sangat menguntungkan, terutama jika Anda memiliki pangsa pasar yang besar.

4. Banyak Pilihan Produk

Dalam bisnis lakban, produk ini memiliki beragam jenis, bahan, dan ukuran. Ini memberi Anda banyak pilihan dalam menyusun portofolio produk Anda. Contohnya seperti lakban kertas, lakban PVC, cloth tape, dan masih banyak lagi.

Pilihan mereknya pun beragam, baik merek nasional maupun internasional. Ini memberi Anda fleksibilitas dalam menyediakan produk yang berbeda untuk berbagai segmen pasar.

5. Demand yang Tinggi

Terakhir, salah satu faktor kunci yang membuat bisnis jual beli lakban sangat menguntungkan adalah permintaan yang tinggi. Produk ini digunakan oleh berbagai kalangan masyarakat dan industri untuk berbagai keperluan.

Ini mencakup pemakaian sehari-hari, industri, perbaikan rumah, hingga kebutuhan kantor. Itu sebabnya, potensi pasarnya sangat luas, dan peluang untuk mengembangkan basis pelanggan yang berkelanjutan juga sangat besar.

Cara dan Tips Memulai Bisnis Lakban

Lalu, bagaimana cara memulai bisnis selotip bagi pemula? Tidak perlu khawatir, berikut ini beberapa panduan yang bisa Anda ikuti:

1. Lakukan Survey Pasar

Langkah pertama dalam memulai bisnis selotip adalah melakukan survei pasar. Anda perlu memahami pasar potensial, termasuk siapa calon pelanggan Anda dan apa yang mereka butuhkan.

Bila perlu, coba lakukan riset online untuk memahami tren pasar dan persaingan. Telusuri toko-toko online dan situs web yang menjual produk lakban. Lihat produk apa yang paling laris dan apa yang kurang tersedia di pasar.

2. Buat Rencana Bisnis

Selanjutnya, susunlah rencana bisnis lakban Anda sebagai panduan agar bisa menjalankan usaha secara lebih terstruktur. Jangan lupa menentukan tujuan bisnis, target penjualan, hingga strategi pemasaran.

Contohnya untuk tujuan bisnis, coba pastikan apa tujuan utama Anda dalam memulai bisnis ini? Apakah ingin menghasilkan pendapatan tambahan, memperluas bisnis, atau mencapai keberhasilan jangka panjang?

Contoh lain terkait target penjualan, coba tetapkan berapa banyak produk lakban yang ingin Anda jual dalam satu bulan atau satu tahun pertama. Hal ini penting agar Anda mempunyai rencana yang lebih terukur.

3. Cari Supplier Terbaik

Memilih pemasok terbaik yang menyediakan produk lengkap adalah kunci utama dalam berbisnis jual beli lakban. Pastikan juga supplier tersebut menyediakan produk selotip berkualitas tinggi dengan harga kompetitif!

Selain itu, pilihlah yang ketersediaan stoknya cukup, terutama jika Anda berencana untuk menjual dalam jumlah besar. Contohnya seperti PT Bangkit Perkasa yang menyediakan beragam produk lakban (adhesive tape). Pertanyaan mengenai produk bisa melalui layanan konsumen yang ramah dan solutif.

4. Pilih Platform Penjualan

Pilihan platform penjualan akan sangat mempengaruhi cara menjual produk lakban Anda. Beberapa platform yang dapat dipertimbangkan antara lain yaitu toko online atau e-commerce, serta toko fisik.

Sebaiknya, pilihlah e-commerce yang sudah memiliki basis pelanggan yang besar agar dapat membantu memperluas jangkauan bisnis Anda. Sedangkan jika ingin membuat toko fisik, pilihlah daerah yang strategis dan pastikan tampilan tokonya menarik.

5. Pasarkan Produk

Terakhir, pilih metode pemasaran produk yang efektif. Sebab, pemasaran adalah kunci untuk mendapatkan pelanggan dan meningkatkan penjualan. Contohnya, Anda bisa menggunakan platform media sosial seperti Facebook, Instagram, dan TikTok.

Contoh lain, Anda juga dapat menggunakan iklan online seperti Google Ads atau iklan Facebook untuk mencapai audiens yang lebih besar. Sedangkan jika ingin berbisnis secara online via website, maka cobalah untuk mencoba strategi SEO.

Baca Juga: Perlengkapan Packing Online Shop yang Wajib Anda Miliki

Distributor Lakban Terbaik untuk Bisnis, Bangkit Perkasa Solusinya

Salah satu tips penting dalam memulai bisnis adhesive tape atau lakban adalah memilih distributor terbaik. PT Bangkit Perkasa Sukses (BPS) adalah distributor produk lakban serta alat tulis lainnya yang sudah berdiri sejak 1994 hingga sekarang.

Kami menyediakan berbagai jenis produk lakban mulai dari lakban biasa, lakban bening, lakban kain, isolasi listrik, double tape, double foam tape, masking tape, dan masih banyak lagi, dari berbagai brand ternama yaitu Nachi, Goldtape, dan merk National.

Sebagai solusi memperoleh berbagai produk lakban terbaik untuk memulai bisnis lakban, segera hubungi kami di sini. Untuk melihat rincian produk lainnya, kunjungi halaman produk Bangkit Perkasa!

Bagikan Artikel: