Ragam Fungsi Lakban Kain dan Rekomendasi Merek Terbaiknya

Fungsi Lakban Kain Bangkit Perkasa Sukses distributor ATK

Fungsi lakban kain secara garis besar yakni untuk merekatkan sesuatu. Namun, apakah itu saja? Sebenarnya tidak! Lakban kain memiliki beragam fungsi lainnya lantaran sifat-sifat dan keunggulannya yang tidak dapat ditemukan pada lakban jenis lainnya.

Jika Anda memerlukan lakban kain, Bangkit Perkasa merupakan pilihan tepat! Kami menerima pembelian lakban kain dalam jumlah besar (bulk buying) untuk beragam kebutuhan kantor, bisnis, maupun industri. Tersedia pengiriman ke seluruh Indonesia.

Yuk kita pelajari lebih lanjut mengenai fungsi lakban kain melalui artikel berikut ini!

Apa itu Lakban Kain Hitam?

Sebelum membahas tentang fungsi lakban kain, lebih baik ketahui terlebih dahulu informasi general tentangnya. Jadi, perlu Anda ketahui bahwa lakban kain dapat disebut juga sebagai cloth tape. Ini merupakan salah satu jenis dari adhesive tape

Dewasa ini, salah satu ragam lakban kain yang umum yakni berwarna hitam. Cloth tape hitam adalah lakban yang tersusun atas tiga lapisan kain. 

Komposisi lapisan paling atas yakni plastik bermaterial polietena cair, lapisan kedua atau tengah yakni tersusun atas kain katun, lalu lapisan terbawah yakni tersusun atas lem berbasis karet.

Memang, lakban kain hitam tentu tersedia dalam warna hitam. Namun, ada pula variasi lainnya yani kuning dan merah. 

Ukuran panjang per roll suatu lakban kain hitam yakni kurang lebih 10 sampai 25 yard, tergantung pada merk dengan ketebalan 0.20 mm, daya rekat 10 N/25mm, dan daya tarik 87 N/25mm.

Jika menginginkan lakban kain (cloth tape) dengan spesifikasi yang pas, maka Anda dapat mengandalkan distributor paling terpercaya. Anda dapat menilik Bangkit Perkasa untuk hal ini!

Fungsi Lakban Kain Hitam

Cloth tape hitam memiliki beragam fungsi yang sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, hingga industri. Berikut merupakan rincian tentang fungsi-fungsi tersebut:

1. Lakban Kain Hitam untuk Jilid Buku

Anda pastinya kerap menemukan lakban kain pada toko-toko yang berjualan alat tulis atau outlet photocopy. Hal ini dikarenakan bahwa cloth tape merupakan salah satu dari sekian perlengkapan yang berguna untuk penjilidan buku, makalah, dan lainnya. 

2. Lakban Kain Hitam untuk Packing

Apakah Anda pernah melakukan pengemasan barang? Atau, mungkin menerima barang paket dari belanja online? Anda pasti menemukan bahwa packing barang tersebut kerap menggunakan lakban kain, bukan?

Tentu! Lakban kain memiliki fungsi sebagai pengaman packing. Jadi, pihak pengemas barang akan melakukan pengemasan menggunakan cloth tape dengan cara melapisinya. 

Pelapisan dapat terdiri dari beberapa material mulai dari bubble wrap, karton, hingga boks kardus. Demikian, tahap terakhir pelapisan biasanya menggunakan lakban kain yang menutupi permukaan packing secara rapat supaya tahan air dan tidak mudah terbuka.

Sejalan dengan fungsi lakban kain sebagai packing, ternyata benda satu ini pun berguna untuk menyegel paket amunisi militer. Dengan begini, maka barang-barang yang ada dalam paket amunisi tersebut bisa tahan air. 

Selain itu, fungsi packing ini pun berlaku tidak hanya untuk paket saja. Namun, surat pun termasuk! Dengan amplop yang dilapisi oleh lakban kain, maka surat yang ada di dalamnya bisa lebih aman. Ia dapat tercegah dari sobek maupun rembesan air.

Terakhir, fungsi cloth tape sebagai packing pun sejalan dengan gunanya untuk menyegel benda-benda kelistrikan. Adapun contohnya seperti membungkus kabel listrik, menyegel dinding, hingga pipa-pipa saluran air.

3. Lakban Kain Hitam untuk Merekatkan Barang

Anda tentunya paham jika fungsi lakban hitam yakni sebagai perekat satu barang dengan lainnya. Selaras dengan hal ini, apakah Anda pernah mengetahui kisah tentang lakban kain yang turut menyelamatkan anggota kru Apollo 13?

Ini bukanlah kisah fiktif! Pada masa silam, Apollo 13 mengalami ledakan pada bagian modul layanan kapal. Sesudah terjadinya hal itu, para kru lantas dipindahkan ke bagian modul yang dirancang sebagai penampung dua individu dalam waktu 36 jam.

Dalam modul tersebut, para kru akhirnya menemukan solusi untuk bertahan hidup lebih lama, yakni dua kali lipat dari perkiraan. Untuk mencegah kekurangan oksigen, mereka membuat modifikasi dari berbagai barang yang ada!

Jadi untuk mempertahankan pernapasan, mereka membuat suatu saringan CO2 (karbon dioksida) yang tercipta dari material-material seadanya, mulai dari kantong plastik, kardus, komponen pakaian ruang angkasa, hingga lakban kain hitam.

Usaha untuk bertahan hidup ini terbukti mampu menyelamatkan nyawa para anggota kru Apollo 13. Ini terbukti pada recording yang disimpan NASA semenjak kala itu. Secara tidak langsung, kain lakban hitam turut menyelamatkan hidup para astronot ini.

Keunggulan Lakban Kain (Cloth Tape) untuk Industri

Setelah menilik fungsinya, maka Anda dapat mengetahui sejumlah keunggulan-keunggulan yang ditawarkan lakban kain atau cloth tape. Apa saja itu? Berikut adalah daftar beserta masing-masing penjelasannya:

1. Daya Tahan

Kain katun tenun merupakan bahan penyusun cloth tape. Material ini menyebabkan lakban kain memiliki kekuatan dan ketahanan yang mumpuni. 

Dengan daya tahan tinggi, maka lakban kain begitu ideal untuk diaplikasikan pada tugas yang berat. Selain itu, ia mampu menahan tekanan hingga ketegangan tinggi tanpa sobek maupun pecah.

2. Keserbagunaan

Menilik fungsi lakban kain yang begitu banyak, ini menandakan bahwa ia unggul dalam keserbagunaan. Jadi, cloth tape mampu diaplikasikan pada beragam keperluan industri.

Adapun contoh-contoh keserbagunaan dalam keperluan industri yakni sebagai penyegel boks, pembundel kabel-kabel, hingga pengaman pipa beserta pekerjaan saluran. 

Selain itu, lakban kain dapat dipergunakan untuk keperluan industri otomotif. Salah satunya yakni sebagai penutup dan pelindung selama proses pengecatan.

3. Ketahanan Air dan Kelembaban

Lakban kain memiliki ketahanan terhadap air maupun kelembaban. Ini menyebabkannya ideal jika diaplikasikan dalam lingkungan yang basah dan lembab. Proteksi ini baik untuk mencegah kerusakan pita serta memastikannya bertahan optimal dalam waktu yang lama.

4. Pengaplikasian

Lakban kain bisa dirobek dengan mudah menggunakan tangan. Jadi Anda tidak memerlukan alat pemotong! 

Keunggulan ini mengindikasikan bahwa cloth tape mudah dalam pengaplikasian serta penyesuaian menurut kebutuhan. Menggunakan lakban kain, maka Anda dapat efisien dalam segi waktu serta lebih aman karena minim cedera akibat alat pemotong.

5. Biaya

Lakban kain adalah opsi paling terjangkau dalam aplikasi industri. Dengan begitu, hal ini menjadikannya sebagai pilihan yang tepat jika Anda ingin berhemat biaya kala berbisnis.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Lakban untuk Packing yang Kuat dan Aman

Lakban Kain Berkualitas? Dapatkan di Bangkit Perkasa!

Untuk saat ini, ada banyak sekali lakban kain yang dapat Anda peroleh dari pasaran. Namun, apakah Anda sudah memastikan mana yang benar-benar berkualitas?

Tidak perlu bimbang, Anda dapat mengandalkan plakban kain Goldtape Core Biru dan Nachi Cloth Tape. Kedua produk ini dapat Anda peroleh dari distributor alat tulis kantor dan lakban terlengkap di Indonesia, Bangkit Perkasa! 

Tidak hanya melayani pengiriman kebutuhan toko alat tulis, perusahaan, hingga industrial ke seluruh penjuru Indonesia, Bangkit Perkasa pun menyediakan lakban kain (cloth tape) untuk kebutuhan toko, perusahaan, maupun industri.

Demikian pembahasan mengenai fungsi lakban kain beserta keunggulan hingga rekomendasinya. Kunjungi laman lakban Bangkit Perkasa untuk melihat beragam produk yang tersedia guna memenuhi kebutuhan Anda! 

Pelajari pula info-info terkini tentang penggunaan lakban serta alat tulis lainnya melalui laman blog! Hubungi Bangkit Perkasa untuk melakukan pemesanan maupun kerja sama lainnya melalui laman kontak kami!

Bagikan Artikel: