Jenis Lakban yang Umum Digunakan di Indonesia

jenis lakban bps distributor lakban terlengkap di indonesia

Berbagai jenis lakban merupakan alat kantor yang umum namun tak tergantikan. Ini adalah salah satu alat yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari, terutama dalam konteks kerja kantor dan industri pengemasan.

Dari pengepakan barang hingga pengamanan alat listrik, lakban memegang peran yang penting. Untuk memahami topik ini lebih jauh, simak beragam jenis dari lakban yang umum digunakan.

8 Jenis Lakban yang Umum Digunakan

Berikut ini adalah delapan macam lakban yang paling umum digunakan di Indonesia. Masing-masing memiliki karakteristik unik dan kegunaan tertentu.

1. Masking Tape

Masking tape merupakan lakban yang biasa digunakan dalam pekerjaan pengecatan. Memiliki sifat yang mudah dilepas dan tidak meninggalkan residu perekat, masking tape digunakan untuk menutupi area yang tidak ingin dicat.

Ini memungkinkan penciptaan garis dan bentuk yang tajam dalam proyek pengecatan, menjadikannya pilihan populer di antara para profesional dan DIYers.

2. OPP Tape

OPP tape atau lakban OPP, populer dalam industri pengemasan. OPP tape memiliki perekat yang kuat dan tahan air, menjadikannya pilihan ideal untuk pengepakan box atau karton.

Lakban ini juga memiliki ketahanan yang baik terhadap panas, cahaya UV, dan berbagai pelarut kimia, menjadikannya pilihan yang andal untuk pengemasan jangka panjang.

3. Stationary Tape

Lakban ini, juga dikenal sebagai lakban kantor, biasanya digunakan untuk keperluan umum seperti menggabungkan dua halaman atau menutupi robekan pada kertas.

Meskipun perekatnya tidak sekuat beberapa macam lakban lainnya, stationary tape adalah pilihan yang bagus untuk pekerjaan sehari-hari yang tidak memerlukan perekat yang sangat kuat.

4. Cloth Tape

Dikenal juga sebagai duct tape, jenis lakban ini memiliki lapisan kain yang memberikan kekuatan ekstra. Duct tape tahan terhadap air dan sangat kuat, menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk perbaikan sementara dan pekerjaan dengan material berat.

Jika Anda perlu memperbaiki pipa bocor atau menambal tenda, cloth tape adalah pilihan yang tepat.

5. Lakban Listrik

Seperti namanya, lakban listrik digunakan untuk melindungi dan mengisolasi kabel listrik dan komponen elektrik lainnya.

Lakban ini biasanya terbuat dari vinil atau karet, keduanya memiliki sifat isolasi listrik yang baik. Penggunaan lakban listrik dapat mencegah korsleting dan kebakaran.

6. Double Tape

Lakban ini memiliki perekat di kedua sisi, membuatnya ideal untuk situasi di mana Anda perlu menempelkan dua permukaan bersama-sama.

Double tape umum digunakan dalam kerajinan tangan, dekorasi, dan pemasangan poster atau benda dekoratif lainnya di dinding.

7. Lakban Aluminium Foil

Lakban aluminium foil biasanya digunakan dalam industri HVAC (Heating, Ventilation, and Air Conditioning) untuk isolasi dan perlindungan terhadap kebocoran udara dan kelembaban.

Aluminium foil tape tahan terhadap panas dan api, serta memiliki reflektivitas yang tinggi, menjadikannya ideal untuk pekerjaan isolasi.

8. Lakban Cetak

Lakban ini unik karena dapat dicetak dengan logo atau informasi khusus perusahaan. Lakban cetak umumnya digunakan untuk keperluan branding dan keamanan pengiriman.

Dengan mencetak logo atau informasi perusahaan pada lakban, perusahaan dapat meningkatkan visibilitas mereka sambil memastikan bahwa paket mereka tetap aman selama pengiriman.

Selain itu, lakban cetak dapat berfungsi sebagai alat pencegahan pencurian, karena mencoba membuka paket yang disegel dengan lakban ini akan secara jelas merusak segel dan memberi tahu penerima bahwa paket telah dibuka.

Baca Juga: Perbedaan Lakban, Selotip dan Isolasi

BPS Distributor Lakban Terlengkap Se-Indonesia

Untuk memenuhi kebutuhan lakban Anda, apakah itu untuk keperluan kantor atau industri, BPS Distributor menawarkan berbagai macam lakban terlengkap se-Indonesia.

Dengan kualitas terbaik dan harga yang kompetitif, BPS Distributor pastinya dapat menjadi solusi terbaik untuk memenuhi semua kebutuhan lakban Anda. Kunjungi halaman ini jika Anda ingin melihat berbagai jenis lakban dari BPS.

Untuk pertanyaan mengenai pembelian atau kerja sama, segera hubungi tim BPS pada halaman ini.

Bagikan Artikel: