Rekomendasi Kegiatan Menarik untuk Anak SMP Anti Ngebosenin

kegiatan anak SMP di Indonesia Bangkit Perkasa Sukses distributor ATK seindonesia

Masa SMP adalah salah satu periode penting dalam perkembangan anak, di mana mereka sedang menjalani masa transisi dari masa anak-anak ke masa remaja. Pada fase ini, kegiatan menarik untuk anak SMP dapat menjadi opsi solusi mengembangkan potensi mereka.

Kegiatan-kegiatan ini tidak hanya akan meningkatkan keterampilan mereka dalam berbagai bidang, tetapi juga membantu dalam mengembangkan kepribadian sekaligus meningkatkan kemampuan sosial mereka dalam berinteraksi bersama sesama teman.

Rekomendasi Kegiatan Menarik untuk Anak SMP

Anak SMP memiliki kemampuan kognitif yang berkembang pesat. Mereka sudah memiliki pemahaman yang lebih kompleks tentang dunia di sekitar mereka dan mulai mencari cara untuk mengekspresikan diri.

Oleh karena itu, aktivitas menarik seperti seni, kerajinan, eksperimen sains, dan lain sebagainya dapat membantu mengeksplorasi minat dan bakat, sekaligus meningkatkan kemampuan kreatif anak sekolah di fase ini. Sebagai referensi, berikut beberapa rekomendasi kegiatan menarik dan kreatif yang bisa dicoba:

1. Membuat Hand Lettering

Hand lettering adalah seni menulis dengan tangan seindah dan sekreatif mungkin. Kegiatan ini tidak hanya membantu anak-anak mengembangkan keterampilan menulis, tetapi juga mengajarkan mereka tentang desain, komposisi, hingga estetika.

Untuk jenjang pendidikan tingkat SMP, kegiatan ini dapat menjadi wadah mereka untuk belajar mengembangkan kreativitas melalui penggunaan berbagai jenis huruf, gaya, dan warna.

2. Membuat Doodle

Jika hand lettering berfokus pada menggambar dan mendesain tulisan, maka doodle adalah jenis gambar sederhana yang dibuat secara bebas. Selain mengasah kreativitas, kegiatan ini juga pasti terasa menyenangkan bagi anak SMP.

Dengan doodle, mereka dapat menggambar apapun yang ada dalam pikirannya. Hal ini dapat membantu meningkatkan keterampilan menggambar, mengembangkan imajinasi, serta meningkatkan daya ingat visual anak.

3. Membuat Grafiti

Grafiti adalah salah satu jenis street art yang kreatif dan ekspresif. Meskipun grafiti sering dianggap sebagai tindakan vandalisme, namun dalam konteks yang tepat grafiti dapat menjadi wadah menuangkan imajinasi dalam bentuk kesenian.

Selain itu, kegiatan ini dapat membantu mereka mengasah keterampilan seni visual, mengembangkan gaya atau art style pribadi, serta membuat anak memahami pentingnya menyampaikan pesan tertentu melalui seni.

4. Membuat Prakarya dari Bahan Bekas

Alternatif kegiatan menarik untuk anak SMP selanjutnya adalah membuat prakarya dari bahan bekas. Aktivitas ini juga dapat mengajarkan anak-anak tentang pentingnya mendaur ulang dan memanfaatkan kembali barang-barang yang sudah tidak terpakai.

Contoh kerajinan tangan yang dapat dibuat yaitu tempat pensil, kotak perhiasan, atau dekorasi rumah menggunakan bahan-bahan bekas. Selain melatih kreativitas, ini juga akan meningkatkan kesadaran anak tentang pentingnya menjaga lingkungan.

5. Mencoba Eksperimen Sains

Eksperimen sains adalah cara yang menyenangkan dan interaktif untuk mengajarkan konsep-konsep ilmiah pada anak sekolah sejak dini. Tidak perlu mencoba hal rumit, sebab Anda bisa mencoba menerapkan eksperimen sederhana.

Contohnya seperti belajar tentang medan magnet, belajar konsep massa jenis melalui eksperimen telur terapung, dan masih banyak lagi. Kegiatan ini akan membantu mengembangkan keterampilan observasi, berpikir logis, dan problem solving.

6. Melukis

Melukis adalah kegiatan seni yang telah ada sejak zaman prasejarah. Pada fase anak SMP, Anda dapat mengajak mereka belajar berbagai teknik melukis, mulai dari melukis dengan cat air, cat minyak, pensil warna, spidol, krayon, dan lain-lain.

Melalui lukisan, anak-anak dapat mengekspresikan ide, perasaan, dan imajinasi mereka dalam bentuk visual. Kegiatan ini juga membantu mereka mengembangkan koordinasi mata dan tangan, ketelitian, dan kreativitas.

Baca Juga: Rekomendasi Kegiatan Sore Hari Anak SD yang Seru

Untuk melakukan berbagai kegiatan menarik untuk anak SMP sesuai rekomendasi di atas, dibutuhkan perlengkapan penunjang lengkap. Sebagai solusi, Anda bisa memperoleh alat tulis, alat gambar, dan alat prakarya lengkap dari Bangkit Perkasa.com dengan cara hubungi kami atau kunjungi halaman produk kami di sini!

Bagikan Artikel:
Artikel Terkait