Serba-Serbi Usaha Fotocopy dan ATK

usaha fotocopy beli perlengkapan ATK di Bangkit Perkasa Sukses distributor ATK nasional

Usaha fotocopy dan ATK ada di mana-mana, karena memang sebanyak itu orang yang membutuhkannya. Di setiap sudut kota, dekat sekolah, universitas, atau kawasan perkantoran, Anda pasti bisa menemukan usaha ini. 

Mengapa begitu populer? Karena setiap hari, masih banyak yang membutuhkan fotocopy dokumen fisik dan perlengkapan kantor, baik untuk keperluan akademis, profesional, maupun administratif.

Menariknya, usaha ini juga bisa meluas untuk memberikan layanan yang lebih variatif dan komplit. Oleh sebab itu, usaha ini berpotensi untuk menjadi sumber pendapatan yang stabil.

6 Kelebihan Usaha Fotocopy dan ATK

Ada enam alasan mengapa bisnis ini bisa menjadi pilihan yang menarik bagi Anda.

1. Pangsa Pasar Luas

Dari pelajar, mahasiswa, hingga profesional, semua membutuhkan layanan ini. Misalnya di lingkungan kampus, mahasiswa sering memerlukan fotocopy materi kuliah, artikel, skripsi, atau dokumen penting lainnya. 

Di lingkungan perkantoran, kebutuhan akan fotocopy dokumen resmi dan ATK adalah hal yang rutin. Selain itu, masyarakat umum juga membutuhkan layanan ini untuk fotocopy akta kelahiran atau dokumen pemerintahan. 

Agar hasil fotocopy dokumen berkualitas, Anda bisa menggunakan kertas fotocopy dari Bangkit Perkasa.

2. Keuntungan Stabil

Usaha fotocopy dan ATK bisa menghasilkan pendapatan konsisten karena permintaan yang terus ada setiap hari dan selalu tinggi. Dengan memilih lokasi yang strategis, Anda bisa menjangkau berbagai segmen pasar yang membutuhkan layanan secara berkala.

Namun, harga barang dan layanan harus kompetitif. Kualitas layanan Anda juga perlu dipertahankan untuk selalu menjawab kebutuhan pelanggan. 

3. Dapat Dikelola dari Rumah

Kelebihan menarik dari usaha ini adalah kemungkinan mengelolanya dari rumah untuk menghemat biaya sewa tempat. Dari rumah, Anda bisa menargetkan pasar lokal seperti tetangga atau komunitas sekitar. 

Selain itu, dengan adanya teknologi internet, promosi usaha bisa dilakukan secara online untuk memperluas jangkauan pasar.

4. Investasi Awal Berkelanjutan

Mesin fotocopy, meskipun harganya cukup tinggi, memiliki umur pakai yang lama dan bisa menjadi aset jangka panjang. Mesin yang berkualitas bisa bertahan hingga 10 tahun dengan perawatan yang tepat. 

Selain itu, perlengkapan ATK yang dijual juga tidak memerlukan penggantian stok terlalu sering kecuali sudah habis, sehingga Anda bisa mengontrol pengeluaran untuk stok.

5. Pilihan Mesin Rekondisi

Untuk mengurangi biaya awal, Anda bisa mempertimbangkan membeli mesin fotocopy rekondisi. Mesin rekondisi biasanya dijual dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan mesin baru, namun masih memiliki kualitas yang baik. 

Namun, penting untuk memilih mesin rekondisi dari penjual terpercaya dan memastikan bahwa mesin tersebut masih dalam kondisi baik serta mendapatkan garansi.

6. Persaingan Terbatas

Dengan memilih lokasi yang strategis dan belum banyak terjamah pesaing, Anda bisa memaksimalkan potensi usaha ini.

Contohnya, di area perumahan atau kawasan yang belum terlalu banyak memiliki usaha serupa, Anda bisa menjadi pilihan utama bagi masyarakat sekitar. 

Ini memberikan keuntungan dalam hal loyalitas pelanggan dan kesempatan untuk membangun hubungan baik dengan mereka. 

4 Kekurangan Usaha Fotocopy dan ATK

Meskipun usaha ini memiliki banyak kelebihan, masih ada beberapa tantangan yang perlu dipertimbangkan.

1. Modal Awal Besar

Biaya untuk mesin fotocopy baru tergantung pada spesifikasi dan kapasitasnya, Anda harus merogoh kocek mulai dari beberapa juta hingga puluhan juta rupiah. 

Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan biaya untuk perlengkapan awal seperti kertas, tinta, dan ATK lainnya.

2. Kebutuhan Ruang

Tidak seperti bisnis online, Anda membutuhkan tempat untuk menempatkan mesin fotocopy dan menyimpan stok ATK. Ukuran ruang yang dibutuhkan tergantung pada skala usaha fotocopy dan ATK Anda. 

Untuk usaha kecil, mungkin cukup dengan ruang sekitar 10-15 meter persegi. Terlebih lagi, ada juga perlu mengeluarkan biaya sewa atau pembelian tempat jika tidak ingin membuka usaha dari rumah.

3. Perawatan Mesin

Mesin fotocopy memerlukan perawatan berkala untuk menjaga performanya, termasuk pembersihan rutin, penggantian suku cadang yang aus, dan servis berkala. Jika tidak dirawat dengan baik, mesin bisa cepat rusak dan mengganggu operasional usaha. 

4. Risiko Kerusakan

Mesin fotocopy bisa rentan terhadap kerusakan. Hal ini umumnya disebabkan oleh penggunaan yang berlebihan, perawatan yang kurang, atau bahkan kesalahan penggunaan oleh pelanggan. 

Kerusakan bisa berupa masalah kecil seperti macet kertas, hingga kerusakan besar yang memerlukan perbaikan mahal atau penggantian suku cadang. 

Cara Menghitung Keuntungan Usaha Fotocopy dan

Untuk menghitung keuntungan usaha fotocopy dan ATK, Anda perlu mempertimbangkan beberapa faktor penting. 

Misalkan, usaha fotocopy menghasilkan pendapatan kotor sekitar Rp10.000.000 per bulan. Kira-kira seperti ini perhitungannya:

Biaya Operasional Bulanan:

  • Gaji Karyawan: Rp800.000.
  • Tagihan Listrik: Rp4.000.000.
  • Biaya Tak Terduga: Rp400.000.
  • Total Biaya Operasional: Jumlahkan semua biaya operasional, yaitu Rp800.000 + Rp4.000.000 + Rp400.000 = Rp5.200.000.
  • Keuntungan Bersih: Kurangi total biaya operasional dari pendapatan kotor. Jadi, Rp10.000.000 – Rp5.200.000 = Rp4.800.000.

4 Jenis Usaha Pendamping yang Sesuai

Membuka usaha fotocopy bisa lebih menguntungkan dengan menambahkan beberapa jenis usaha pendamping, seperti:

1. Jasa Penjilidan

Usaha ini sangat cocok jika lokasi Anda dekat dengan area pendidikan atau perkantoran. Mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi atau praktikum sering membutuhkan jasa penjilidan untuk mengumpulkan laporan mereka. 

Dengan menyediakan jasa penjilidan, baik itu softcover maupun hardcover, Anda memberikan kemudahan bagi pelanggan yang sudah menggunakan jasa fotocopy untuk langsung menjilid dokumen di tempat yang sama.

2. Jasa Laminating dan Pressmika

Untuk jasa ini, Anda hanya perlu menambahkan mesin laminating dan pressmika. Bahan yang dibutuhkan untuk pressmika adalah plastik mika ukuran F4.

Plastik F4 dengan ketebalan 100 micron cocok untuk laminating dokumen penting seperti sertifikat. Anda juga bisa menyediakan laminating KTP atau ID Card.

3. Jasa Cetak Foto

Tidak semua pengusaha fotocopy menawarkan jasa ini, sehingga ini bisa menjadi peluang untuk Anda. 

Anda bisa menyediakan berbagai jenis cetak foto, mulai dari foto formal hingga foto polaroid yang populer di kalangan pelajar dan mahasiswa.

4. Jasa Cetak dan Desain Undangan

Usaha ini cocok jika toko Anda berada di daerah dengan banyak aktivitas sosial seperti pernikahan, ulang tahun, atau acara-acara khusus lainnya. Anda bisa menawarkan jasa desain dan cetak undangan dengan berbagai pilihan desain atau custom. 

Namun, Anda perlu memiliki printer berkualitas tinggi dan software desain, serta menyiapkan berbagai pilihan bahan, seperti kertas doff, glossy, atau kertas daur ulang untuk pilihan yang lebih ramah lingkungan.

Baca Juga: 18 Perlengkapan Fotocopy, Bikin Cuan Tak Berseri!

Lengkapi Kebutuhan ATK untuk Usaha Fotocopy Anda Bersama Bangkit Perkasa 

Demikian serba-serbi dari usaha fotocopy dan ATK. Untuk memastikan kelancaran operasional usaha Anda, penting untuk memiliki peralatan dan perlengkapan yang berkualitas. 

Distributor ATK dan lakban Bangkit Perkasa menyediakan berbagai kebutuhan ATK esensial untuk bisnis Anda. Mulai dari kertas fotocopy berbagai ukuran, alat tulis kantor, hingga alat-alat kantor lainnya!

Kami juga menawarkan harga yang kompetitif dan layanan pelanggan yang siap membantu Anda dalam memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan usaha. Hubungi tim kami untuk informasi lebih lanjut atau konsultasi.

Kunjungi laman produk Bangkit Perkasa untuk melihat ragam produk yang tersedia, dan pelajari informasi terkini seputar kebutuhan alat tulis dan lakban melalui laman blog Bangkit Perkasa.

Bagikan Artikel: