7 Ragam Kegunaan Buku Tulis yang Wajib Anda Ketahui

kegunaan buku tulis bps distributor alat tulis terlengkap seindonesia

Sebagian orang hanya menganggap bahwa kegunaan buku tulis hanya untuk mencatat pelajaran sekolah atau hal-hal sejenisnya. Padahal, terdapat berbagai kegunaan lain dari buku tulis. Kertas dan buku tulis juga telah lama menemani sejarah peradaban manusia.

Kegunaan Buku Tulis untuk Sekolah atau Kuliah

Apa saja kegunaan dari buku tulis? Ini adalah 7 ragam kegunaan yang perlu Anda ketahui, supaya dapat memanfaatkannya dengan maksimal.

1. Mencatat Pelajaran Sekolah/Kuliah

Ini adalah fungsi yang paling banyak diketahui, yaitu untuk mencatat pelajaran sekolah atau kuliah. Buku tulis telah lama menjadi alat wajib bagi pelajar atau mahasiswa.

Ukurannya yang beragam juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan. Seringkali, ini juga disesuaikan dengan mata pelajarannya. Buku tulis tebal akan cocok untuk mata pelajaran yang membutuhkan catatan lebih banyak.

2. Menulis Jurnal atau Catatan Harian

Kegunaan buku tulis selanjutnya yakni untuk menulis jurnal atau catatan harian. Dengan catatan harian, berbagai hal penting dapat tersimpan setiap harinya. Jurnal atau catatan harian dapat membantu Anda untuk mengingat kembali apa saja yang sudah dilakukan pada hari sebelumnya.

Selain untuk keperluan kerja atau sekolah, catatan harian dapat menjadi tempat mencurahkan berbagai perasaan. Selain itu, catatan harian juga dapat menjadi media untuk menenangkan diri.

3. Mencatat Rencana atau Ide-Ide

Seperti fungsinya sebagai alat mencatat, maka buku tulis dapat dimanfaatkan untuk mencatat berbagai rencana serta ide-ide yang muncul. Anda dapat memanfaatkan buku tulis untuk berbagai keperluan, misalnya keperluan kerja,

Ukuran buku tulis yang terbilang praktis, membuatnya mudah untuk dibawa dan digunakan di berbagai tempat. Terkadang, rencana atau ide dapat muncul secara tiba-tiba. Mencatatnya langsung di buku tulis dapat menjadi pilihan tepat.

4. Menggambar atau Mewarnai

Selain untuk menulis, buku buku tulis juga dapat dipakai untuk menggambar dan mewarnai. Anda dapat menggambar atau mewarnai pada saat senggang atau ketika menunggu sesuatu.

Selain itu, dapat juga digunakan secara terstruktur, misalnya untuk membuat berbagai sketsa. Salah satunya yakni sketsa baju untuk bahan jahit.

5. Membuat Notulensi

Untuk berbagai kegiatan, notulensi menjadi hal penting, supaya semua pembahasan dapat tersimpan dengan baik. Buku tulis dapat menemani Anda dalam membuat notulensi.

Karena terbilang cukup praktis, maka buku tulis dapat dibawa dan digunakan untuk berbagai kegiatan. Notulensi pun dapat dibuat dengan nyaman.

6. Mendorong Produktivitas

Kegunaan buku tulis lainnya yakni untuk mendorong produktivitas. Buku tulis dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan kerja, misalnya mencatat pengeluaran dan pemasukan.

Catatan yang rapi akan membuat kegiatan dan pekerjaan menjadi semakin terstruktur, sehingga Anda dapat menjadi lebih produktif. Memilih jenis buku tulis yang sesuai juga penting untuk dapat memaksimalkan fungsinya.

7. Alat Dokumentasi dan Bukti Sejarah

Dokumentasi tidak hanya berupa foto, video, dan rekaman suara; melainkan juga dapat berbentuk tulisan tangan. Oleh sebab itu, buku tulis dapat menjadi alat dokumentasi. Catatan yang tersimpan dapat menjadi bukti sejarah dan sumber informasi.

Selain dari isi tulisan dan jenis tulisan tangan yang terlihat, buku tulis juga dapat menyimpan sidik jari penulisnya. Hal itu selanjutnya dapat dideteksi jika diperlukan, sehingga informasi pribadi penulisnya dapat diketahui.

Baca Juga: Macam-macam Ukuran Kertas HVS yang Umum Digunakan

Itulah berbagai kegunaan dari buku tulis. Ternyata, buku tulis tidak hanya dapat menjadi alat mencatat, namun memiliki berbagai fungsi lain untuk kehidupan dan perkembangan peradaban manusia.

Karena memiliki fungsi yang beragam, maka Anda dapat membelinya sesuai kebutuhan. Terdapat berbagai tempat untuk membelinya, misalnya melalui PT Bangkit Perkasa (BPS) yang merupakan distributor untuk alat tulis kantor.

Anda bisa menikmati berbagai kegunaan buku tulis bersama BPS. Kunjungi laman produk BPS untuk melihat berbagai produknya. Anda juga dapat menghubungi kami jika ingin melakukan pembelian atau kerja sama. Pelajari juga berbagai informasi menarik seputar dunia alat tulis melalui blog BPS.

Bagikan Artikel:
Artikel Terkait