10 Cara Packing Paket yang Aman untuk Online Shop

cara packing paket dengan aman Bangkit Perkasa Sukses distributor atk terlengkap seindonesia

Bagi pebisnis online shop keamanan barang selama proses pengiriman hingga sampai ke tangan pelanggan harus menjadi perhatian utama. Maka dari itu, cara packing paket tidak boleh sembarangan. Pilih juga produk pembungkus serta lakban yang tepat dengan kualitas tinggi. 

Anda harus memastikan isi barang yang ada di dalam packaging tidak berceceran keluar, rusak apalagi hilang. Dengan begitu pelanggan akan puas dan kembali membeli produk yang Anda jual. Untuk cara packing-nya, Anda bisa memperhatikan artikel ini hingga akhir. 

Cara Packing Paket yang Kuat dan Aman

Agar bisa mendapatkan reputasi yang baik, Anda harus memahami cara mengemas paket online shop yang akan dikirim dengan baik. Pahami cara-caranya berikut ini:

  • Memperhatikan Jenis Barang yang akan Dikirim

Pertama, Anda harus memahami jenis barang yang akan dikirimkan. Karakteristik setiap barang yang berbeda tentu memerlukan pengemasan yang juga beragam. Anda harus memperhatikan material barang serta ukurannya.

Perhatikan apakah barang termasuk pecah belah, cairan yang mudah hancur dan makanan yang cepat rusak. Carilah kemasan yang pas dengan ukuran produk Anda, baik kecil maupun besar. 

  • Menyediakan Peralatan Packing yang Sesuai

Jika Anda sudah mengetahui karakteristik produk, siapkan peralatan packing yang diperlukan. Anda bisa menyediakan kertas atau karton untuk barang yang ringan dan kecil. Siapkan juga amplop, lembaran kertas sampul, kardus, styrofoam, bubble wrap serta kertas bekas.

Sediakan ruang yang cukup untuk melapisi barang dengan tambahan bantalan seperti kertas serut, styrofoam, atau bubble wrap agar menahan barang dari goncangan selama perjalanan. Lapisi juga dengan bahan anti basah agar terhindar dari hujan saat dikirim. 

  • Menyediakan Lakban Packing yang Kuat

Untuk memastikan pembungkus terlindungi, Anda sebaiknya menggunakan lakban berkualitas tinggi. Melapisi paket online shop dengan lakban akan memastikan barang tidak terpisah dan aman di dalam kardus pembungkus. 

Lakban yang berkualitas tinggi biasanya memiliki daya rekat tinggi sehingga tahan dengan suhu tinggi maupun rendah. Mendapatkan lakban berkualitas juga tidak sulit, Bangkit Perkasa.com menyediakan berbagai lakban yang kuat dan tahan lama.  

  • Membungkus Setiap Barang secara Terpisah

Sebagai upaya menghindarkan barang dari kerusakan, Anda bisa memisahkan tiap produk online shop Anda menjadi beberapa bungkusan. Membaginya menjadi tiap bagian akan memudahkan Anda dalam pengiriman. 

Dengan mengemas tiap item secara terpisah, Anda akan mengurangi risiko pergerakan barang di dalam pembungkus. Selain itu, barang-barang di dalam kemasan tak akan bertabrakan selama proses pengiriman.  

  • Membungkus Produk secara Berlapis

Membungkus barang secara berlapis juga menjadi cara packing paket yang tepat. Apalagi jika Anda membungkus produk berupa cairan, tentu pembungkus harus tersegel dengan sempurna. 

Anda bisa meminimalisir benturan dan kerusakan apabila memasang beberapa lapis pembungkus. Tambahkan pelapis baik di dalam kardus maupun diluar kardus agar semakin aman.

  • Bungkus Paket dengan Rapi dan Rapat 

Paket yang rapi dan rapat tentu lebih disukai oleh pelanggan online shop karena yakin barang di dalamnya dalam keadaan aman. Anda bisa menggunakan pembungkus yang menutupi keseluruhan produk. 

Pilih juga selotip atau lakban yang kuat agar kemasan tidak terbuka dalam perjalanan. Lebih disarankan Anda melapisi paket dengan lakban agar tak mudah sobek. 

  • Menggunakan Packing Kayu untuk Produk Rawan

Cara packing paket selanjutnya adalah menggunakan pembungkus kayu. Packaging kayu sebaiknya digunakan untuk produk yang rawan rusak seperti pecah belah dan barang elektronik agar produk tetap stabil selama perjalanan. 

Anda bisa memanfaatkan kayu bekas atau peti bekas wadah telur. Biasanya jasa ekspedisi juga menawarkan pembungkus kayu untuk barang-barang seperti handphone, laptop, botol kaca serta produk rawan lainnya. 

  • Menempelkan Stiker Khusus yang Relevan

Stiker yang dimaksudkan bukanlah hiasan, melainkan tulisan informasi atau peringatan mengenai isi paket yang dikirim. Hal ini akan membantu jasa ekspedisi dalam memilah jenis setiap paket Anda.

Stiker yang ditempelkan ada 3 jenis yaitu stiker barang pecah belah, stiker jangan ditumpuk serta stiker yang menunjukkan bagian atas barang yang ada di dalam paket. 

  • Menulis Data Penerima dengan Jelas

Setelah mengikuti cara packing paket yang tepat Anda harus menunjukkan nama serta alamat penerima. Anda harus menuliskannya dengan detail. Dengan begitu barang akan sampai di tujuan tepat waktu. Alamat yang jelas juga harus disertai nomor aktif pelanggan atau pembeli. 

  • Mengecek Paket sebelum Pengiriman

Agar tidak ada yang terlewat atau salah, Anda harus mengecek kembali kondisi paket dengan teliti. Pastikan juga catatan-catatan tambahan mengenai proses pengiriman yang diberikan oleh pelanggan sudah dicantumkan. 

Bangkit Perkasa Pusat Lakban Berkualitas untuk Packing

Dengan mengikuti cara packing paket yang tepat, produk yang Anda kirim akan aman dan selamat sampai tujuan. Hasilnya, Anda akan mendapatkan feedback yang baik dari pelanggan karena menerima barang dalam keadaan baik. 

Packing yang baik juga didukung dengan pembungkus dan pelapis yang berkualitas. Apalagi lakban yang biasanya juga dijadikan pelapis tambahan. Untuk mendapatkan lakban yang tepat sesuai kebutuhan Anda, Bangkit Perkasa.com siap menyediakan. 

Baca Juga: 4 Rekomendasi Lakban untuk Packing yang Kuat dan Aman

Anda bisa mengunjungi laman produk adhesive tape kami atau menghubungi kami melalui laman ini untuk konsultasi produk yang tepat, kerjasama atau pembelian. Kami menerima pembelian produk dalam jumlah besar.

Bagikan Artikel: