Jenis Jenis Isolasi Listrik untuk Kebutuhan Industri

jenis isolasi listrik bangkit perkasa sukses distributor lakban seindonesia

Isolasi listrik merupakan salah satu alat yang umum dipakai dalam berbagai hal, mulai dari kebutuhan industri hingga rumah tangga. Ada berbagai jenis isolasi listrik, Anda dapat menyesuaikannya dengan tujuan pemakaian.

Bangkit Perkasa merupakan distributor isolasi listrik terlengkap di Indonesia untuk berbagai kebutuhan kantor maupun industri, salah satunya yaitu isolasi listrik. Kami menerima pembelian dalam jumlah besar (bulk buying)

Jenis Isolasi Listrik

Isolasi listrik memiliki fungsi penting dalam berbagai hal yang berhubungan dengan pemasangan atau instalasi sistem kelistrikan. Selain disebut isolasi listrik, nama lain yang biasa dipakai untuk menyebutnya yaitu selotip listrik, lakban listrik, insulation tape, dan electrical tape.

Jika dilihat dari bahan penyusunnya, maka secara umum ada 4 jenis isolasi listrik yang umum dipakai untuk berbagai keperluan, berikut merupakan penjelasan lebih lengkapnya.

1. Vinyl

Jenis isolasi yang paling umum ditemui untuk berbagai penggunaan yaitu isolasi listrik dengan bahan vinyl. Material yang satu ini cukup baik dalam memberikan perlindungan dari kelembaban, memiliki daya tahan yang bagus untuk suhu ekstrem, fleksibel, tahan lama, dan awet.

Berbagai kelebihan tersebut membuatnya sangat cocok dalam menahan arus listrik serta berbagai jaringan kabel dalam instalasi kelistrikan. Umumnya, jenis isolasi listrik pertama ini banyak dipakai untuk menangani berbagai kerusakan kecil di berbagai bagian kabel.

2. Varnished Cambric

Kedua, isolasi dengan bahan bahan varnished cambric, atau sejenis kain khusus yang dibuat dari bahan katun. Proses pembuatannya dilakukan dengan perlakuan yang khusus, serta ditambahkan pelapis berupa pernis dan minyak sehingga dapat menjadi bahan yang tahan listrik.

Proses tersebut telah menjadikan isolasi ini sebagai isolator yang baik dan tidak mengalami kerusakan. Kelebihan selanjutnya yaitu bahan penyusunnya tebal dan tidak mudah tertembus atau rusak, sehingga Anda dapat merasa lebih aman.

Jenis isolasi listrik ini banyak dipakai untuk bagian sudut dari permukaan, bagian permukaan yang terbilang kasar, serta sebagai pelapis sekrup. Jika memakai isolasi bisa, maka berbagai jenis permukaan mungkin saja tidak berlapis dengan baik, misalnya permukaan yang kasar.

3. Mastic

Selanjutnya, ada bahan mastic yang berasal dari tanaman damar wangi. Ketika menggunakan bahan ini, biasanya juga dicampurkan dengan bahan lain seperti karet atau vinyl.

Isolasi jenis ini memiliki daya rekat yang kuat sehingga banyak dipakai untuk berbagai industri profesional. Selain itu, isolasi ini juga bisa digunakan untuk permukaan yang terbilang tidak biasa dan dapat masuk melalui celah sempit.

Kelebihan lainnya yaitu dapat melindungi dari sinar ultraviolet serta kelembaban, sehingga cocok untuk dipakai pada komponen di luar ruangan. Bahan mastic dapat menjadi isolator yang baik untuk komponen karet, pelapis kabel sintetis, serta logam.

4. Karet

Terakhir, ada jenis isolasi listrik yang terbuat dari bahan karet. Untuk bahan ini, sifatnya tidak bisa merekat atau biasa disebut non-adhesive. Ketika akan menggunakannya, maka harus ditarik supaya bisa memanjang, lalu barulah dapat dibungkuskan ke sekeliling kabel atau komponen lainnya.

Namun tenang saja, untuk selanjutnya isolasi ini dapat merekat dengan baik karena didukung oleh sifat elastis dari bahan penyusunnya. Kelebihan lainnya yaitu material ini tahan air, sehingga dapat menjadi isolator yang bagus.

Secara umum, isolasi jenis ini dipakai ketika akan menyambungkan kabel dengan tegangan paling tinggi 69 KV. 

Baca Juga: 4 Rekomendasi Lakban untuk Packing yang Kuat dan Aman

Cara Pasang Isolasi Listrik dengan Aman

Jika Anda akan melakukan pemasangan isolasi listrik, maka berikut adalah cara pasang yang sebaiknya diperhatikan supaya tetap aman.

1. Pastikan Memilih Spesifikasi yang Tepat

Hal pertama yang penting dilakukan yaitu pastikan Anda memilih spesifikasi yang tepat, sehingga fungsinya optimal.

2. Renggangkan atau Tarik untuk Memastikan Efektifitasnya

Isolasi listrik dapat bekerja dengan maksimal ketika mengikuti bentuk permukaan. Anda bisa merenggangkan atau menarik isolasi selagi melekatkannya pada permukaan benda.

3. Lekatkan Isolasi secara Bertumpuk

Untuk mengaplikasikan isolasi listrik, maka cara yang benar yaitu melekatkan dengan bertumpuk. Namun, tidak ditumpukkan semua bagiannya, melainkan hanya sebagian saja yang bertumpuk.

Baiknya, lapisan isolasi Anda rekatkan minimal setengah dari lebar lapisan yang sebelumnya dipasang.

4. Untuk Memberikan Perlindungan terhadap Kelembaban, Pakai Isolasi yang Berbahan Karet

Jika ingin perlindungan lebih ekstra untuk kelembaban, maka sebaiknya memakai isolasi yang berbahan karet. Cirinya yaitu isolasi tidak memiliki sisi untuk perekat, sehingga cara memanfaatkannya yaitu dengan mengandalkan sifat karet yang lentur dan fleksibel.

5. Penting, Ketahui bahwa Isolasi bukan Pengganti Mur Kabel!

Hal penting selanjutnya yaitu perhatikan bahwa isolasi listrik memiliki fungsi yang berbeda dari mur kabel. Itu artinya, jangan menganggap bahwa isolasi merupakan penyambung permanen atau isolator.

Kegunaan Isolasi Listrik

Isolasi listrik memiliki berbagai kegunaan atau fungsi, mulai dari mencegah korsleting hingga sebagai pembeda kabel. Berikut merupakan penjelasan lebih lanjut terkait fungsi dari isolasi listrik.

1. Mencegah Korsleting dalam Sistem Kelistrikan

Dengan memakai isolasi listrik, maka Anda bisa mencegah risiko korsleting di berbagai sistem listrik.

2. Menghambat Munculnya Percikan dari Bunga Api

Jika pemakaian listrik terlalu besar atau ada bagian yang kurang rapat pada sambungan kabel, maka dapat menyebabkan munculnya percikan bunga api. Tegangan listrik pun cenderung menjadi tidak stabil dan dapat membahayakan, misalnya menyebabkan risiko kebakaran.

Oleh karena itu, pemakaian isolasi listrik dapat menjadi salah satu cara untuk mencegah risiko tersebut, pastikan sambungan kabel sudah tertutup dengan rapat.

3. Menjaga supaya Tidak Terkena Sengatan Listrik

Untuk aspek keamanan, maka isolasi listrik dapat menjaga supaya tidak ada orang di sekitar yang terkena sengatan listrik.

4. Menutup Sambungan dari Listrik sehingga Tidak Tersentuh Anak-anak

Berbagai peralatan kelistrikan merupakan hal berbahaya bagi anak-anak, sehingga sebaiknya mereka diajarkan sedini mungkin tentang risiko tersebut. 

Memberikan pelindung berupa isolasi listrik dapat menjadi salah satu solusi untuk mencegah berbagai risiko bahaya untuk anak-anak. 

1. Memberikan Pelindung untuk Colokan Listrik

Anda juga bisa memanfaatkan isolasi listrik sebagai pelindung colokan.

2. Melindungi Rangkaian Kabel dari Air

Fungsi selanjutnya yaitu untuk melindungi rangkaian kabel dari air, misalnya air hujan. Umumnya, isolasi listrik memiliki sifat yang tahan air, sehingga dapat menjadi pelindung yang baik.

3. Untuk Membedakan Kabel

Isolasi listrik memiliki berbagai warna, ini dapat digunakan untuk membantu Anda dalam membedakan kabel listrik.

Ada berbagai jenis fase dan tegangan pada sistem kelistrikan, terlebih untuk berbagai industri besar. Maka dari itu, seringkali perlu dibedakan supaya aman.

Baca Juga: Perbedaan Washi Tape dan Masking Tape serta Pointer Tape

Bangkit Perkasa Distributor Isolasi Listrik Berkualitas

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ada berbagai jenis dan kegunaan isolasi listrik, sehingga Anda bisa memanfaatkannya sesuai dengan kebutuhan. Supaya hasilnya optimal, maka pastikan untuk memilih isolasi listrik dengan kualitas yang terjamin, misalnya dengan membeli melalui Distributor ATK Bangkit Perkasa.

Bangkit Perkasa adalah distributor ATK dan Lakban terlengkap di Indonesia yang melayani pengiriman ke seluruh Indonesia untuk kebutuhan toko alat tulis, perusahaan, maupun industrial. Kami menyediakan isolasi listrik untuk kebutuhan toko, perusahaan maupun industri. Kami menerima pembelian dalam jumlah besar (bulk buying).

Kunjungi laman lakban kami untuk melihat beragam jenis lakban yang tersedia guna memenuhi kebutuhan Anda, termasuk jenis isolasi listrik. Pelajari berbagai informasi terkini terkait penggunaan lakban dan alat tulis lainnya melalui laman blog Bangkit Perkasa. Hubungi kami untuk pemesanan maupun kerja sama lainnya melalui laman kontak

Bagikan Artikel: