Ragam Fungsi Lakban yang Perlu Anda Pahami

fungsi lakban bps distributor lakban di indonesia

Fungsi lakban dalam kehidupan sehari-hari seringkali dianggap remeh, padahal benda ini memiliki berbagai manfaat yang mungkin belum kita sadari sepenuhnya.

Lakban biasanya digunakan sebagai perekat kardus atau sebagai alat dalam berbagai seni dan kerajinan. Tetapi, fungsi dari benda yang terbuat dari plastik berperekat ini sebenarnya lebih luas dari itu.

Artikel ini akan mengupas lebih dalam mengenai fungsi penting lakban dalam memenuhi berbagai kebutuhan sehari-hari.

8 Fungsi Lakban untuk Berbagai Kebutuhan

Meski sederhana, lakban memiliki berbagai fungsi yang dapat mempermudah aktivitas sehari-hari kita. Ada apa saja?

1. Retakan pada Bagian Kendaraan

Lakban dapat diandalkan sebagai solusi darurat saat terdapat retakan pada bagian kendaraan.

Anda tidak perlu panik jika menemukan retakan kecil pada kaca atau bodi kendaraan, cukup tempelkan lakban di area tersebut sebagai tindakan sementara sebelum perbaikan permanen dilakukan oleh profesional.

2. Perekat Hemline Pakaian

Robekan di bagian hemline pakaian dapat diatasi sementara dengan lakban. Cukup tempelkan lakban pada bagian dalam pakaian.

Hal ini dilakukan untuk menjaga hemline agar tetap rapi dan tidak terurai lebih jauh. Ini bisa menjadi solusi cepat saat Anda tidak memiliki waktu untuk menjahit.

3. Menutupi Benda yang Bocor

Bocor pada botol, pipa, atau wadah plastik lainnya bisa segera diatasi dengan lakban. Tempelkan lakban pada area yang bocor untuk mencegah air merembes keluar dan menimbulkan kebocoran lebih lanjut.

4. Mencegah Serangga Masuk Rumah

Lakban berguna sebagai alat penutup celah atau lubang kecil di dinding atau jendela yang menjadi pintu masuk serangga. Dengan menutup celah tersebut, Anda dapat mencegah masuknya serangga ke dalam rumah.

5. Mengikat Kabel

Fungsi lakban dapat ditemukan dalam mengatur dan merapikan kabel-kabel di rumah atau di tempat kerja. Kabel charger, kabel komputer, kabel audio, atau bahkan kabel TV, semuanya dapat dirapikan dengan bantuan lakban.

Selain itu, lakban juga dapat melindungi kabel dari kerusakan akibat gesekan atau kontak dengan benda lain. Cukup bungkus kabel dengan lakban untuk memberikan lapisan pelindung ekstra yang bisa mencegah kerusakan dan memperpanjang umur kabel.

6. Pelapis Jendela

Jendela yang retak atau pecah bisa menjadi masalah besar. Sementara menunggu perbaikan atau penggantian kaca, Anda bisa menggunakan lakban sebagai pelapis sementara.

Lakban dapat berperan untuk mencegah pecahan kaca jatuh dan menghindari angin atau hujan masuk.

7. Menghilangkan Residu pada Kaca

Kaca sering kali menjadi tempat menempelnya berbagai jenis residu atau noda yang sulit dibersihkan, seperti bekas stiker atau selotip, sapuan cat, atau bahkan noda minyak.

Untuk menghilangkan residu tersebut, Anda dapat menggunakan lakban. Cara kerjanya cukup mudah, tempelkan lakban pada bagian kaca yang memiliki residu, lalu tarik perlahan.

8. Memudahkan Proses Membersihkan Bulu Hewan Peliharaan

Sering kali menjadi merepotkan saat melihat bulu-bulu hewan peliharaan berserakan di mana-mana. Agar proses membersihkannya lebih mudah, Anda dapat melekatkan pita perekat pada rol cat dengan sisi yang lengket menghadap ke luar.

Setelah itu, Anda bisa menggunakan rol tersebut untuk mengambil bulu-bulu hewan peliharaan yang menempel pada kain pelapis tempat duduk (upholstery), tirai, atau karpet.

Baca Juga: Jenis Lakban yang Umum Digunakan di Indonesia

BPS Distributor Ragam Jenis Lakban untuk Berbagai Fungsi

Penuhi kebutuhan lakban Anda dengan PT BPS, distributor yang menyediakan berbagai jenis lakban dengan kualitas yang terjamin dan harga kompetitif.

Tersedia dalam berbagai ukuran dan jenis, BPS menawarkan produk-produk lakban yang dapat diandalkan untuk berbagai kebutuhan Anda, baik untuk kehidupan sehari-hari atau kebutuhan bisnis Anda.

Segera kunjungi halaman ini untuk melihat berbagai jenis dan fungsi lakban dari BPS. Jangan lupa hubungi tim kami jika Anda memiliki pertanyaan terkait pembelian atau kerja sama.

Bagikan Artikel: